Tips Mencegah Tindak Kejahatan Seksual

Tips Mencegah Ulah Penjahat KelaminKorban kejahatan seksual yang bermula dari perkenalan melalui sosial media cukup marak akhir-akhir ini. Saya yakin, kamu tidak berharap menjadi salah satu korbannya. Untuk itu, sekalipun hatimu sedang berbunga-bunga karena baru saja berkenalan lewat facebook dengan seorang cowok keren, akal sehatmu harus tetap jalan. Kamu harus tetap mewaspadai segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Seringkali nalar sehat para cewek tidak dapat bekerja secara normal manakala berkenalan dengan cowok. Apalagi jika cowok tersebut berpenampilan good looking serta tutur katanya halus lembut bak seorang malaikat. Bagi seorang cewek yang telah lama hidup menjomblo, situasi tersebut bisa membuatnya klepek-klepek.

Di sinetron-sinetron atau film-film, kita lihat para penjahat berpenampilan buruk rupa serta berperilaku amat sangar. Padahal sebagaimana kita ketahui, pada era kejahatan cyber ini tidak sedikit bajingan yang bertampang keren serta halus budi bahasanya. Jangan sekali-kali mudah tergoda oleh bujuk rayu seseorang bertampang cool seperti itu.

Jika tidak berharap menjadi korban kekejian para penjahat kelamin itu, ada baiknya kamu perhatikan beberapa saran di bawah ini.

1. Jangan Mudah Memberitahukan Nomor Hapemu

Ketika berkenalan lewat facebook, twitter, atau sosial media lainnya, jangan mudah mengobral nomor hapemu. Berikan saja alamat emailmu. Sebab, email  akan jauh lebih mudah kamu blok atau kamu hapus jika kamu memang menghendaki.

2. Hindari Pertemuan di Tempat Sepi

Jika dia berharap bisa kopi darat denganmu di sebuah tempat yang sepi atau di lokasi yang belum pernah kamu kunjungi sama sekali, tolak saja keinginannya itu. Lebih baik pertemuan tersebut dilaksanakan di rumahmu saja. Itu jauh lebih aman karena ada kedua orang tuamu yang bisa mengawasinya.

3. Ajaklah Orang Terdekatmu

Bila terpaksa harus bertemu di tempat yang diinginkannya, beritahukan kepada orang tuamu, saudaramu, atau orang-orang dekatmu lainnya kemana kamu pergi atau di mana kamu akan berada. Ajaklah orang terdekatmu untuk mendampingi atau mengawasi kalian berdua dari jauh.

4. Pilihlah Tempat Terbuka

Ubahlah rencana yang tadinya bertemu di tempat yang asing bagimu ke tempat yang benar-benar familiar bagimu. Atur pertemuan tersebut sesuai kehendakmu. Pilihlah tempat terbuka yang banyak dikunjungi orang. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu datang rame-rame dengan teman-temanmu lainnya.

5. Waspada terhadap Ancaman

Waspadai juga ancaman yang bisa menimpamu. Ancaman itu bisa berbentuk kekerasan secara fisik, verbal, seksual, bisa juga dalam bentuk todongan senjata. Jika kamu merasakan gejala akan hadirnya ancaman tersebut, bersegeralah untuk meninggalkannya dan mencari pertolongan polisi, sekuriti, atau yang lainnya.

6. Ketahuilah Jalan Keluar Terbaik

Kamu harus mengetahui jalan keluar terbaik jika harus meninggalkannya. Jika dia berdiri tepat di depan pintu seakan mencegah kamu bisa keluar, jangan berpikir dua kali, segera tinggalakan dia. Berpura-puralah kamu akan pergi ke toilet. Lakukan semua itu dengan tenang dan tetap waspada.

7. Segera Telepon Polisi

Ketika kamu tinggalkan, ternyata dia mengikutimu. Jangan ragu-ragu, segera kontaklah NOMOR TELEPON DARURAT POLISI: 110. Mintalah bantuan Polisi dengan cara:

a. Hubungi nomor telepon darurat Polisi, apabila sulit terhubung segera menghubungi nomor telepon alternatif lainnya
b. Sampaikan identitasmu (nama dan nomor handphone). Upaya ini akan memudahkan Petugas menghubungimu kembali apabila pembicaraan telepon terputus disebabkan oleh gangguan sinyal atau pulsa tidak cukup..
c. Tetap tenang dan tidak gugup dalam memberikan informasi.
d. Memberikan keterangan yang jelas kepada Petugas mengenai lokasi kejadian.
e. Catatlah nama petugas yang menerima teleponmu itu.

Kalian yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa memanfaatkan layanan ini.

Last but not least, jangan melambung terlalu tinggi saat seorang pangeran keren datang mengajakmu kenalan. Waspadalah, para penjahat kelamin berkeliaran di mana-mana. Keep alert dan tetap nyalakan nalar sehatmu.

Semoga informasi ini sangat bermanfaat bagimu.

3 Comments

  1. iyyaa ..

    hati” karna cwek sekarang ini bnxak yg terbujuk oleh cwok.nxa 😀

  2. hati” ajha lok prgi amha cwok.nxa ….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*