Di Bawah Bayang-bayang Sang Mantan

a woman in crySering kali kamu tenggelam pada mimpi-mimpi masa lalumu. Kamu bayangkan betapa indahnya hidup ini jika masih bersama dengan sang mantan, atau membayangkan seandainya suamimu sesempurna dirinya.

Memang tak mudah menghapus semua kenangan indah bersamanya. Memori yang terekam tentang segala kebaikan dirinya memang sering membuat kamu berpikir untuk kembali ke masa lalumu.

Tapi efek apa yang bakal terjadi jika kamu tetap bertahan untuk mengenang masa lalumu? Padahal kamu tidak bisa memungkiri sedang berhadapan dengan kenyataan bahwa ada seorang pria yang penuh perhatian kepadamu. Bagaimana cara menghindari godaan untuk selalu pergi ke masa lalu dan mulai berfokus pada pada kenyataan yang tengah dihadapi hari ini?

Melepas Masa Lalu
“Hal tersulit yang harus dihadapi adalah bagaimana bisa menerima segala kenyataan yang terjadi pada hari ini. Kita sering bertahan pada masa lalu. Saat berduka atau telah kehilangan seseorang pada masa lalu itu, kita merasa sangat sulit untuk melepaskan semua itu dan terjerat pada nostalgia berkepanjangan. Sementara kenyataan hari ini hampir luput, bahkan tak terpedulikan,” ujar Corinne Sweet, seorang penulis dan konselor.

Mereka Ulang Sejarah
Akibatnya, kata Corinne, itu semua terlalu menggoda bagi kita untuk meletakkan sang mantan pada porsi berlebihan.

“Anda tenggelam memikirkan sang mantan dan menjadikannya laksana dewa yang tinggal di sebuah negeri fantasi. Tentu saja, tidak ada manusia yang sempurna namun dalam keadaan ini Anda menggosok semua ketidaksempurnaan sang mantan. Lupakan semua itu dan kembalilah pada kehidupan nyata pada hari ini”, lanjutnya.

Bom Waktu
Tentu saja, efek dari perilaku ini sangat berpengaruh besar pada hubungan yang sedang kamu jalin hari ini. Bila dibiarkan berlarut-larut, tak begitu lama ledakan akibat prilakumu itu akan terjadi.

“Ketika kamu kecanduan pada sang mantan, tidak mungkin hubungan yang sedang kamu jalin saat ini akan berkembang,” kata Corinne. “Ini berarti hubungan baru Anda tidak dapat berjalan lepas. Manalah mungkin pasanganmu merasa tentram jika ia mendengarmu terus-menerus berbicara tentang betapa besarnya cintamu kepada sang mantan.”

Begitu Sulitkah Kamu Melupakan Dirinya?
“Ketika Anda terjebak dalam pergolakan cinta masa lalu, akan sulit untuk menemukan tanda-tanda peringatan,” kata Corinne, “tetapi ada gejala yang harus diperhatikan. Jika kamu merasa sulit untuk berhenti memikirkan sang mantan, jika kamu terus-menerus membandingkan pasanganmu dengan dirinya dan merasa tidak dapat membuka diri untuk hubungan baru maka bisa jadi kamu sedang terobsesi, “kata Corinne.

Sulit menerima kenyataan bahwa kamu sekarang tidak lagi dengan dirinya. Kamu masih ber-SMS-an atau ber-BBM-an dengan dirinya. Sangatlah penting untuk mengubah semua kebiasaan itu.

Lantas bagaimankah caranya untuk menendang jauh semua kebiasaan itu dan meninggalkan masa lalumu di belakang? Corinne menawarkan solusi sebagai berikut:

Tulislah Sepucuk Surat untuk Dirimu Sendiri
Duduklah di depan komputer atau mulailah menulis di diary rahasiamu tentang segala kenangan selama kamu menjalin hubungan dengan sang mantan. Ungkapkan semua yang membuatmu sulit untuk melepasnya. Bagaimana perasaanmu pada saat itu dan apa yang kamu rasakan saat ini.

Janganlah kamu kirimkan semua yang kamu tulis itu kepada sang mantan. Ini hanya untukmu semata. Jika pasanganmu saat ini bisa bertindak sebagai sahabat baikmu, bisa saja kamu berbagi dengan dirinya. Tapi bisa juga tidak. Hanya kamu yang bisa memutuskan mana yang terbaik.

Biarkan Semua itu Tetap menjadi Kenangan
Semua kenangan indah bersama sang mantan di masa lalu akan sulit untuk dihapus dari memorimu. Kamu tidak perlu berkonsentrasi pada upaya menghapus semua kenangan indah itu. Biarkan saja mengalir dengan sendirinya.

Pastikan suamimu dan anak-anak tidak ada. Ambil korek api kemudian nyalakanlah lilin. Putarlah album Celin Dione. Biarkan emosimu larut, meratap, lalu menanangis sejadi-jadinya. Ketika itu semua selesai mulailah menapkkan kaki pada kenyataan hari ini.

Sadarilah Bahwa Itu Semua Telah Berakhir
Tak perlu kamu robek semua fotomu bersama sang mantan. Jangan pula berpura-pura bahwa itu semua tidak pernah terjadi dalam kehidupanmu. Satukan saja semua foto itu dalam satu kotak kemudian letakkan di sebuah tempat. Katakan kepada dirimu bahwa selama setahun kamu tidak akan melihat semua benda kenangan itu. Setelah itu investasikan seluruh waktumu untuk menatap masa depan yang lebih cerah bersama keluargamu.

3 Comments

  1. Sungguh luar biasa n aq mw m’bagikan ini buat teman2 aq

  2. Pingback: URL

  3. Sucen Fourhadni says:

    Suakiit mmg.. saat harus mlupakan seseorang yg qta sayang. Apalgi perpisahan kmi krn kslh pahaman. Banyak andai andai dan andai tdk mmbantu.. justru mnabur garam diluka terbuka. Biarlah.. Allah tdk akan slh memilihkan jodoh untukqta. Jg tdk prnah trtukar. Jika inginMu ia ttp singgah di dlm hatiku…Tetaplah duduk manis didlm sana. jgn lakukan satu gerakkanpun apalgi menari.Masa lalu.. aq mohon segeralah berlalu. Aq sgt ingin bahagia.meski tanpanya.. thanx postingan ini sgt mnenangkanq. Semangaat ^_^

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*