Ujianlah yang Menjadikan Kita Lebih Mulia

Mount Sinabung Erupts Again In IndonesiaTerdapat 130 gunung berapi dalam kategori aktif di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Surono, Kepala Pusat Badan Geologi Kementrian ESDM,  ini merupakan anugerah tersendiri bagi bangsa kita. Bayangkan, sendainya tidak ada gunung api tersebut, Indonesia hanya dikenal sebagai negeri dengan daratan berupa karang mati. Tak akan ada kesuburan di sepanjang permukaan bumi Indonesia.

Adapun gunung-gunung api itu memberikan kesuburan dengan caranya sendiri. Dikeluarkannya isi perutnya saat erupsi berlangsung. Material berupa pasir, batu, kerikil, dan debu itulah yang kemudian memperkaya bumi Indonesia.

Jadi, sesungguhnya, tak ada bencana dalam proses erupsi gunung berapi. Prosesnya memang menyakitkan. Tapi, setelahnya kenikmatanlah yang dirasakan segenap masyarakat yang tinggal di pemukiman sekitar gunung berapi berada. Sama halnya dengan proses melahirkan: menyakitkan tapi berujung kebahagiaan.

Dalam kehidupan nyata, segala ujian, cobaan, dan tantangan hidup, tentu akan sangat menyakitkan dan sungguh merepotkan. sekalipun demikian, harap dicatat, ujian-ujian itulah sesungguhnya yang membesarkan kita.

Tak ada kebahagiaan tanpa diawali dengan kesulitan. Semua kesuksesan memang senantiasa disertai ketidakmudahan. Segalanya diserahkan kepada kita. Apakah ketidakenakan itu semata-mata sebagai ketidakenakan? Ataukah justru sebaliknya: sebagai wahana dalam meraih kecermelangan masa depan kita.

So, yakini bahwa ketidaknyamanan dan kesulitan hidup yang sedang dijalani pada hari ini hanyalah menjadi ụjian semata. Semua itu Tuhan turunkan demi kemuliaan kita. Setelah ujian itu kita lewati, maka kebahagiaanlah yang akan kita nikmati. Percayalah!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*