Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Tukang Tahu dan JodohAdakah hubungan yang terjalin di antara tukang tahu dengan jodoh? Jelas tak ada. Meskipun demikan, ketika tiba di daerah Balongbendo dalam perjalanan pulang dari Pondok Modern Gontor menuju ke Surabaya, saya menemukan sedikit hubungan itu.

Singkat cerita, ketika lampu lalu lintas berwarna merah sedang menyala, saya dalam kondisi lapar. Dari kejauhan saya lihat tukang tahu (pedagang asongan) menawarkan dagangannya itu dari jendela ke jendela mobil yang berderet cukup panjang.

Saya berharap tukang tahu itu bisa segera tiba mendekati mobil saya. Dengan demikian, saya bisa membeli dua hingga lima bungkus tahu sumedang yang dijajakannya.

Apa lacur, setelah menawarkan pada penumpang yang berada pada mobil urutan ketiga, si pedagang langsung menepi. Saya sudah berteriak-teriak sambil mengibas-ngibaskan uang Rp20.000, tapi pedagang itu tak mendengar teriakan saya. Posisi mobil yang saya kendarai memang cukup jauh dari dirinya.

Pedagang tahu itu mungkin berputus asa. Walaupun dirinya telah menawarkan tahu itu hingga di mobil urutan ketiga namun tak ada yang bersedia membeli barang dagangannya tersebut. Maka hilanglah pada hari itu sebuah kesempatan bagi si pedagang tahu mendapatkan tambahan rezeki untuk anak dan istrinya.

Saya dan Anda telah mempersalahkan si tukang tahu yang tak tahu di untung itu. Tapi, sebenarnya kita pun sering berulah seperti halnya dia. Kita tidak sabar saat berikhtiar. Baik ketika sedang mencari rezeki maupun saat sedang menjemput hadirnya jodoh.

Sesungguhnya kalau kita mau bersabar, peluang untuk berhasil dalam menggapai kemenangan itu selalu terbuka dalam berbagai kesempatan. Namun itu tadi, karena miskinnya ketekunan serta kurangnya kesabaran pada akhirnya kita merasakan kesia-siaan atas segala jerih payah kita selama ini.

Ingatlah, peluang itu selalu ada dan sesungguhnya telah tersedia. Ketidaksabaran kitalah yang menyebabkan keberhasilan itu luput dari genggaman kita.

Tuhan telah menyiapkan jodoh dan rezeki untuk kita. Tugas kita hanyalah  tekun dan bersabar dalam menjemput keduanya.

2 Comments

  1. baru tau saya, nice info.
    Anda jones? Ayo gabung bareng jomblo yang ngenes ngenes dan curhat bareng orang di sekitar anda.
    Tempat cari jodoh yang tepat dan gratis.

  2. Ayu Putri Wandansari says:

    Betul sekali postingannya. Dalam setiap hal yang kita inginkan dan harapkan harus bersabar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*