Taklukkan Rendah Dirimu Sekarang Juga!

inferiority complexKamu mungkin sudah membaca bagaimana derita Salamun yang terpenjara rasa cintanya akibat dijangkiti rasa rendah diri. Jangan biarkan rasa rendah diri menguasai kehidupanmu. Kamu harus bisa menaklukkannya. Kalau terus dipelihara, lama kelamaan hidupmu hancur dikarenakannya.

Perasaan rendah diri mulai timbul ketika kamu mulai merasa bahwa dirimu tidak cukup hebat, tidak memadai bahkan tidak berharga sama sekali bila dibandingkan dengan orang lain. Rendah diri sering berjalan seiring dengan depresi. Seringkali orang yang memiliki perasaan rendah diri merasa begitu tertekan.

Menurut Ian Murnaghan, individu yang diliputi rasa rendah diri cenderung mengalami pikiran negatif tentang diri mereka sendiri. Mantra mereka mungkin hanya satu: ‘Saya tidak cukup baik.’ Ketika hal positif terjadi, mereka masih sering mengkritik diri mereka sendiri. Mereka merasa seharusnya ‘Dapat melakukan dengan lebih baik lagi. ‘

Sebaliknya, Individu yang memiliki harga diri yang kuat, cenderung menilai diri mereka sendiri lebih akurat. Mereka memiliki kesadaran yang lebih besar dari pada kemampuan mereka sendiri. Mereka masih dapat memaafkan atas kesalahan yang diperbuatnya.

Seseorang dengan harga diri yang sehat senantiasa menyadari akan kelebihan sekaligus kekurangannya sebagai hal yang realistis. Mereka menerima dua kenyataan yang tersedia dalam dirinya itu dengan tegas dan tanpa syarat.

Rasa rendah diri bisa menghambat hadirnya jodoh yang selama ini kamu idam-idamkan. Kamu harus bisa bangkit dan melawan rasa rendah dirimu itu. Lebih baik memiliki rasa pede yang tinggi daripada diliputi rasa rendah diri. Orang yang percaya betul akan kelebihan dan kekuatannya, akan diliputi aura positif dalam setiap kesempatan. Dan auranya itu bisa menular kepada yang lain.

Harap dicatat, bahwa sebagian besar kolegamu akan merasa betah berdekatan dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri cukup proporsional. Oleh karena itu, lawanlah rasa rendah dirimu sekarang juga.

Jangan khawatir, rasa rendah dirimu masih bisa diatasi. Kamu dapat berupaya untuk menaklukkan rasa rendah dirimu dengan mendorong harga diri yang sehat. Upayakan agar kamu senantiasa menghargai prestasi dirimu sendiri.

Beberapa hal yang dapat kamu coba antara lain:

>Fokus pada kekuatan dan kualitas positif,
>Ingatkanlah dirimu bahwa kamu layak menerima pujian,
>Ambil bagian dalam kegiatan yang menyenangkan,
>Mintalah kawan-kawanmu untuk menyisihkan sedikit perhatian ketika kamu membutuhkannya,
>Jagalah kesehatan pikiran dan tubuhmu dengan diet sehat dan olahraga,
>Sering-seringlah memaafkan dirimu sendiri ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan,
>Jangan terus menerus mengkritik diri sendiri,
>Jangan menempatkan harapan yang tidak realistis pada diri sendiri,
>Jangan melihatnya sebagai bencana ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataannya,
>Jangan biarkan pengalaman negatif menimpa semua hal positif yang selama ini sudah kamu capai.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*