Tak Ada Doa yang Tak Terkabulkan

Tak ada doa yang tak terkabulkanIni adalah jaminan dari Allah SWT. Hal ini saya dengar dari KH Hasyim Muzadi ketika Beliau menjadi narasumber pada acara Damai Indonesiaku TV One. Kata alumni Gontor ini, Allah senantiasa mengabulkan setiap permintaan hamba-Nya dalam beragam bentuk. Mungkin doa kita untuk sementara waktu ditunda. Hal itu terjadi mengingat waktunya yang belum pas. Jika tiba waktunya maka Allah akan mengabulkan permintaan kita dari sudut yang tidak kita sangka sebelumnya.

Bisa juga doa kita dikabulkan dalam bentuk lain yang manfaatnya jauh melebihi dari terkabulkannya doa pertama kita. Di sisi lain, Allah yang Maha Mengetahui juga melihat bahwa jika doa terkabulkan malah berdampak tidak baik bagi kehidupan kita. Ibarat seorang anak kecil yang meminta sebilah pisau kepada ibunya, tentu saja tidak akan dikabulkan keinginan sang anak tersebut. Itu merupakan bentuk cinta kasih sayang sang bunda. Sebab, jika menuruti keinginan sang anak, sama saja artinya dengan membiarkan sang anak jatuh ke dalam marabahaya.

Doa juga bisa merupakan bentuk ujian yang diberikan Allah SWT kepada kita. Ya, Allah ingin mengetahui sampai sejauh mana batas kesabaran dan ketawakalan kita terhadap-Nya. Apakah dengan tidak terkabulkannya doa, kita masih beriman kepada-Nya?

Kurang lebih seperti itulah kesimpulan yang saya terima dari ceramah yang disampaikan oleh mantan Ketua PBNU ini. Dikaitkan dengan jodoh, sesungguhnya isi ceramah KH Hasyim Muzadi masih sangat mewakili. Saya memahami bahwa kamu nyaris setiap dalam kesempatan senantiasa berdoa demi kehadiran jodohmu. Namun hingga hari ini tanda-tandanya masih belum tampak di pelupuk mata. Itulah bentuk ujian yang sedang Allah turunkan kepadamu.

Jika rasa putus asa mulai melanda, sebaiknya kamu membaca ulang isi ceramah KH Hasyim Muzadi yang saya tampilkan tadi di atas. Sekali lagi saya katakan, bahwa tak ada doa yang tak pernah terkabulkan. Segalanya kini dikembalikan lagi padamu. Maukah kamu tetap konsisten dengan kesabaran dan ketawakalanmu? Jika ya, maka insya Allah semua akan indah pada akhirnya.

Tetap berikhtiar dan jangan bosan untuk senantiasa berdoa dan terus berdoa. Ingat sekali lagi: Tak Ada Doa yang Tak Terkabulkan.

6 Comments

  1. Beby Iffha Beby Meong says:

    semoga bermanfaat untuk kita semua amin….

  2. syukran kathir

  3. terima kasih pencerahannya.. yang susah itu sabar dan tawakalnya..

  4. thaqo al-qharni says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    tiada kata yg mampu saya ucap, akn ttpi saya bisa merasakan ap yg d sampaikan di atas. Terima kasih atas pencerahanya, saya merasa tenang, sabar, serta senyum mengembang karna ALLAH TA’ALA.
    Wassalamu’alikum Wr. Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>