Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

TrustSetelah Tuhan mempertemukanmu dengan jodohmu, saat jenjang pernikahan telah ditempuh, terjadilah peristiwa yang sangat melukai parasaan pasanganmu. Karena khilaf dan alasan tetek bengek lainnya, kamu berselingkuh.  Dan rasa percaya terhadapmu pun tiba-tiba hilang dalam dirinya.

Tak ada seorang pun yang memungkiri bahwa kepercayaan adalah bahan baku dalam semua hubungan kita, baik itu dengan orang tua, pasangan, maupun anak-anak kita. Kepercayaanlah yang membuat kuat hubungan kita. Tanpa kepercayaan dan komitmen, hubungan tidak pernah bisa menjadi sukses.

Harap disadari bahwa membangun kepercayaan dalam suatu hubungan dengan pasangan kita, tidak bisa bim salabim, abarakadabra lalu jadi dalam semalam. Untuk terciptanya sebuah kepercayaan, kita harus bekerja keras. Tanpa mengenal lelah, kepercayaan terus-menerus dibangun setiap hari.

Kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun bisa saja rubuh dalam sedetik, lalu hancur untuk selamanya dikarenakan satu kebohongan atau sebuah pengkhianatan yang baru saja kita perbuat. Setelah itu akankah seseorang akan kembali menaruh kepercayaan kepada kita?

Berkomunikasilah dengannya Lalu Minta Maaflah
Setelah menyadari bahwa dia adalah segalanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kembali komunikasi dengannya. Dekati dia dan akuilah bahwa kamu memang selama ini membina hubungan mesra dengan yang lain. Jangan kamu limpahkan segala kesalahan ini kepada yang lain. Bertanggung jawablah sepenuhnya. Setelah itu minta maaflah dengan sungguh-sungguh.

Tentu saja, dia akan sangat terluka pada saat itu. Jadi, jangan berharap dia akan lekas percaya. Dia bahkan mungkin akan marah besar dan bereaksi sangat agresif. Kamu harus tetap tenang dan mendengarkan dengan sabar apa pun yang dia katakan. Jangan memberikan alasan atau membuat cerita tentang mengapa kamu berselingkuh. Dengarkan saja segala perkataannya dan akuilah sepenuhnya segala kesalahanmu

Kembalikan Kehidupan Kalian Berdua
Setelah pasanganmu selesai mengungkapkan segala luka hatinya dan tampak siap melakukan percakapan normal denganmu, silakan diskusikan hubungan kalian berdua secara panjang lebar.

Jika kamu berselingkuh karena hubungan kalian berdua sedang mengalami beberapa masalah, beritahukan hal tersebut kepadanya. Jika hambarnya cinta dan kurangnya perhatian si dia yang menjadi penyebab perselingkuhanmu, diskusikanlah dengannya tentang bagaimana kalian berdua dapat membawa bumbu-bumbu kehidupan kembali ke hubungan kalian berdua.

Tips terbaik tentang bagaimana membangun kepercayaan kembali dalam sebuah hubungan adalah dengan melakukan konseling pernikahan. Seorang konselor akan menjadi orang terbaik untuk menyarankan cara membawa cinta, komitmen, romantisme dan hal menyenangkan kembali masuk ke dalam hubungan kalian berdua. Konselor akan membantu memecahkan masalah yang selama ini kalian hadapi.

Menjadi Lebih Terbuka
Mulai sekarang janganlah menyimpan rahasia kepada pasangan. Bahkan sampai ke hal mendetail yang menjadi isi HP-mu. Jangan malu untuk memperkenalkan pasanganmu kepada kolega dan teman-temanmu. Beritahu dia dan katakan alasan yang pasti ketika kamu akan terlambat pulang dari pekerjaan. Dengan demikian, lambat laun kepercayaannya akan kembali pulih padamu.

Menjaga Sikap Saling Menghormati dan Saling Percaya
Kepercayaan adalah dasar dari setiap hubungan yang sehat. Saling menghormati diperlukan untuk mempertahankannya. Jadi, perlakukanlah pasanganmu dengan penuh hormat. Dengarkanlah ketika dia perlu mengatakan sesuatu. Berempatilah dan tunjukkan sikap peka terhadap perasaannya. Bantulah dirinya kapan pun dia membutuhkan bantuanmu. Jika kamu dapat diandalkan dan selalu ada untuk dirinya, kepercayaannya terhadapmu pun perlahan-lahan akan tumbuh kembali.

Bagi kalian yang sedang mencari cara bagaimana membangun kembali kepercayaan yang telah hilang, coba lakukan cara-cara di atas. Namun demikian, kamu saat ini sedang berhubungan dengan urusan patah hati, rasa tersia-sia dengan segenap perasaan dan luapan emosi dalam dirinya. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Jika kamu mencintai dirinya, tempuhlah berbagai upaya sampai kamu mendapatkannya kembali. Bukan hanya mendapatkan fisiknya semata tapi juga segenap perasaannya!

4 Comments

  1. Itu semua benar, yang sulit ketika pasangan kita adalah seorang yang susah diajak komunikasi, dan memutuskan secara sepihak, akan kembali membaik setelah dia perlahan percaya lagi, tapi ketika suatu saat ada masalah, dia akan mengungkitnya kembali, lalu pergi. Apa yang sebaiknya kita lakukan……

    • Buktikan saja bahwa Anda telah berubah. Anda bukan lagi seseorang yang kerap menyakiti hati pasangan Anda. Kalau pun dia mengungkit masa lalu Anda, sampaikan bhawa hal itu sangat menyakiti hati Anda. Tapi saya kira, marahnya dia hanya bersifat sementara. Setelah itu, karena Anda telah berubah, dia akan kembali pada sikap percayanya kepada Anda. Sekali-kali mintalah dia untuk membaca artikel ini: http://wp.me/p1TVrg-1ex

  2. Yudhi artawan says:

    Gan gimana caranya biar dia mau balikan lagi karena gua putus karena dia bilang gue cuek abyes and gimana caranya ngomong ke dia supaya dia mau di ajak balikan and bwat nunjukin kalau gua mau berubah untuk dia
    tolong masukannya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*