Sesungguhnya Memberi Itu adalah Menerima

Sesungguhnya Memberi Itu adalah MenerimaSaya adalah pengagum berat Yuswohady, seorang pemerhati dunia marketing. Postingan-postingannya di blog kesayangannya sangat menggigit dan gampang dimengerti. Hampir setiap saat saya selalu mengecek apakah tulisan terbarunya sudah muncul ataukah belum. Begitu postingan anyarnya nongol, biasanya saya tidak menunda waktu lagi; langsung melahapnya hingga tandas.

Minggu lalu saya tertarik oleh postingannya yang membahasa tentang The Power of Giving. Tulisan itu mengacu pada aktivitas sedekah rombongan yang dilakukan pengusaha sukses Saptuari Sugiharto dan  Karman, pemilik bisnis Sidjibatik asal Bantul Yogyakarta. Tulisan ini pun terilhami oleh gerakan sedekah yang dilakukan oleh CEO JNE, Johari Zein.

Hal yang paling legit dari tulisannya itu terletak pada paragraf akhir. Yuswohady berkesimpulan bahwa memberi itu sesungguhnya adalah menerima. Jadi, banyaknya berkah yang kita terima itu sesungguhnya berpangkal dari aktivitas memberi yang sering kita lakukan.

Jangan pernah berpikir untuk menerima jika kita tidak pernah memberi. Kesimpulan itu bukan semata-mata berlaku untuk urusan materi saja. Untuk jodoh pun demikian. Aktivitas memberi dapat berkorelasi dengan entengnya jodoh kita. Seberapa banyak kita memberi? Seberapa sering kita bersedekah kepada sesama? Seberapa sering kita menyapa seseorang dengan senyuman?

Jadi, jika merasa ada yang tak beres dengan persoalan jodoh kita, maka segeralah berintrospeksi diri guna mengetahui aktivitas memberi yang selama ini mungkin sudah kita lupakan. Minimal, kita mengoreksi ekspresi wajah di cermin. Masihkah kita bisa memberi senyuman manis pada sesama? Bukankah tersenyum pun merupakan bagian dari sedekah?! Jika luput dari aktivitas memberi, jangan terlalu banyak berharap rezeki akan masuk dengan leluasa ke dalam kehidupan kita. Harap diingat juga lho, jodoh pun termasuk rezeki.

So, mulai hari ini mari kita tingkatkan energi memberi. Sebab, ternyata memberi itu  adalah juga menerima.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*