Sadarilah Bahwa Mereka Juga Manusia Biasa

Sadarilah Bahwa Pasangan Kita Juga ManusiaDunia maya dihebohkan oleh aksi berfoto sendiri (selfie) yang dilakukan oleh Presiden Barack Obama bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt.

Ya, saat duduk di antara hadirin pada upacara penghormatan terakhir bagi mendiang Nelson Mandela di Afrika Selatan, Selasa (10/12/2013), mereka bertiga menjalin keakraban dengan aksi selfie tersebut.

Berbagai kritik terlontar hingga memenuhi jejaring sosial media. Sebagian besar pengkritik sangat menyayangkan atas aksi mereka bertiga. Katanya, tidak pantas bagi siapa pun dalam suasan duka melakukan tindakan seperti itu.

Secara pribadi saya menilai “kesalahan” yang dilakukan Presiden Barack Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt itu wajar-wajar saja. Mereka adalah manusia biasa yang bisa alpa. Bukan pada tempatnyalah jika kita menghakimi ketiganya secara berlebihan.

Penghakiman yang sama juga sering kita lakukan terhadap orang-orang dekat  di sekitar kita. Kita sering menuntut banyak agar mereka dapat menempatkan dirinya. Kita selalu menuntut agar mereka senantiasa dalam penampilan paling sempurna.

Sekali lagi saya sampaikan bahwa mereka adalah manusia biasa seperti halnya diri kita. Oleh karena itu, tidak pada tempatnyalah jika menuntut banyak dari dirinya. Dalam kondisi tertentu dia memerlukan situasi yang manusiawi: bercanda dengan teman-temannya, mengungkapkan kegembiraannya. Status sosial yang melekat pada diri orang-orang dekat kita bukan menjadi jaminan bahwa mereka akan bebas dari berbagai kesalahan.

Kita pun sering melakukan kesalahan yang sama seperti mereka. Bisa jadi,  tingkat kesalahan yang pernah kita lakukan jauh melebihi kekhilafan yang pernah dilakukan oleh mereka. Maka dari itu, janganlah bersikap sok suci, sok pinter, dan sok sok lainnya. Lebih baik kita saling memahami saja. Lebih elok jika kita menjadi seorang pemaaf saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*