Jangan Tergiur Foto Kelewat Cakep di Sosmed

Tips Berkenalan di Sosial MediaAdalah Wang, duda paruh baya yang tergila-gila pada kenalan barunya di dunia maya. Pertemanan mereka diawali ketika keduanya melakukan chatting dengan perantaraan jejaring sosial media (sosmed).

Wang memperkenalkan dirinya di dunia maya dengan nama akun “sangat memahami orang lain”, sementara kenalan barunya memberi nama akunnya “bunga kesepian”.

Ketika telah saling kesengsrem, keduanya pun kemudian janjian untuk ketemuan di sebuah hotel. Apa yang terjadi setelah itu? O, Wang dan kenalan barunya sama-sama kagetnya. Ternyata kenalan baru Wang itu adalah Lili. Siapakah Lili? Tak lain dan tak bukan, Lili adalah menantunya sendiri. Celakanya, pertemuan mereka ternyata dipergoki oleh Da Jun, suami Lili alias anak kandung Wang.

Sempat terjadi tindak penganiayaan yang dilakukan oleh Da Jun kepada bapaknya. Untungnya pihak hotel segera memanggil keamanan sehingga pertikaian antara bapak dan anak ini dapat dilerai.

Hikmah yang dapat kita ambil dari kasus ini adalah mengenai sikap berhati-hati jika menggunakan sarana sosmed dalam menjalin perkenalan. Beberapa hal yang harus menjadi fokus perhatian jika berkeinginan untuk menindaklanjuti perkenalan yang terjalin melalui dunia maya, antara lain.

Pertama, waspadai para peselingkuh. Tidak sedikit para pemilik pasangan sah yang coba-coba bermain api. Mereka tidak bersikap jujur terhadap dirinya sendiri dan tidak menghargai perasaan pasanganya masing-masing. Sosial media memang rentan digunakan sebagai sarana berselingkuh.

Kedua, waspadai akun yang memakai nama samaran. Kalaupun nama akunnya masih menggunakan nama samaran, coba  ber-private message (PM) kepadanya agar mau membuka jati dirinya yang sebenarnya. Insya Allah, jika pemilik akun itu memang orang jujur, berstatus single, dan berkeinginan kuat untuk berkenalan denganmu, ia akan menyampaikan jati diri yang sebenarnya. Sebaliknya, kamu pun harus bersikap fair. Bagaimana orang dapat bersikap jujur padamu jika dirimu sendiri tidak bersikap jujur.

Terakhir, berhati-hati jika berkenalan dengan seseorang yang memasang foto kelewat cakep. Jangan terlalu jatuh cinta dengan penampilan pada fotonya. Konon, Wang pada akunnya memasang foto teman militernya semasa muda yang paling gagah dan cakep, sedangkan Lili menampilkan foto artis paling seksi senegeri China.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*