Pilih Jadi Jomblo Abadi Aja; Hus, Jangan!

jodohmu yang sedang menantiUngkapan di atas seringkali menjadi pelarian bagi sebagian insan yang sudah berputus asa dalam mencari jodoh. Mereka sudah merasa patah arang karena sudah berbagai upaya dilakukan tapi belum juga mendapatkan pasangan yang diidam-idamkan. Sebagai bentuk pembenaran, akhirnya berketetapan hati untuk menjadi pengasuh keponakan sekaligus membiayai sekolah mereka hingga akhir. Bahkan, ada yang kemudian berniat hidup selibat dan bersumpah tidak akan kawin sampai kapan pun, Masya Allah.

Membiayai sekolah keponakan, merawat anak yatim piatu, dan menyantuni kaum dhuafa, adalah pekerjaan amat mulia. Saya sangat setuju dengan semua amalan tersebut. Akan tetapi, bila itu hanya menjadi pengalihan putus asa, tentu nilainya akan lain dengan niat yang benar-benar tulus mulia tanpa tendensi yang berbau pelarian semata. Apalagi bila berniat tidak akan menikah seumur hidup. Bagi kamu para penganut agama Islam tentu sudah mafhum bahwa menikah termasuk sunah Nabi. Kata Beliau, “Barang siapa yang membenci sunahku maka ia bukan golonganku.”

Saya turut prihatin dengan kondisimu saat ini tetapi sama sekali tidak mendukung niatanmu untuk menjadi jomblo abadi. Kewajiban kita hanya berupaya tanpa kenal putus asa. Persoalan berhasil dan tidaknya, mari kita serahkan sepenuhnya kepada sang Khaliq. Tapi, Tuhan juga akan selalu beserta dengan orang-orang yang terus berjuang tanpa lelah. Dan keberhasilan yang dicapai bukan semata-mata sebagai suatu anugerah yang datang begitu saja, melainkan sebagai upah atas segala jerih payah yang telah dilakukan.

Apa pun yang terjadi, jangan sekali-kali menghentikan perjuanganmu. Maju terus hingga titik darah penghabisan. Kamu akan seperti apa yang kamu pikirkan selama ini. Bila keberhasilan dan kesuksesan meraih jodoh yang selalu menggantung dalam pikiranmu, maka itulah yang menjadi masa depanmu. Bila sebaliknya, maka hal itu pulalah yang akan menyertai langkahmu hingga kelak di masa mendatang.

Masih banyak jalan untuk mencapai jodohmu. Jangan berputus asa. Terus semangat dan jangan berpikir untuk menyerah. Tuhan akan selalu bersama orang-orang yang penuh semangat. Keep fighting! Selamat berjuang, Kawan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*