Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

david_v_goliath

”We choose to go to the moon…we choose to go to the moon not because it is easy, because it’s hard..” (John F. Kennedy)

Ingin mendapatkan sebuah karya besar? Maka cobalah memulai sebuah usaha yang oleh sebagian besar orang dikatakan sebagai pekerjaan, orang tak waras atau ide gila! Kurang lebih seperti itulah pesan yang saya dapat saat membaca kolom Rhenald Kasali yang diberinya judul Berani Berpikir Besar.

Prestasi terbesar yang diraih oleh para penemu legendaris berasal dari megaproyek mereka dalam menaklukkan pekerjaan gila itu. Kita masih ingat bagaimana Wright bersaudara dicemooh banyak orang dikarenakan mereka melakukan percobaan pembuatan pesawat terbang.

“Mana mungkin manusia bisa terbang sebab hanya burunglah yang memiliki sayap,” demikian sebagaian pendapat dari segelintir manusia yang menentang upaya Wright bersaudara pada waktu itu.

Di Lombok Timur juga ada “orang gila” yang membedah sebuah bukit hanya bermodalkan sebuah linggis sepanjang 2 meter. Selama setahun, dengan dibantu oleh seorang tetangganya, Haji Slamet Suryawan Sahak, melakukan pekerjaan gila itu. Bedah bukit tersebut dilakukan demi mengairi areal persawahan kering kerontang seluas 500 hektar milik warga Desa Ijo Balit, Kecamatan Labuan Haji, Lombok Timur.

Sebenarnya dalam urusan menggapai jodoh pun, kita harus setangguh para pejuang atau penemu legendaris itu. Jangan setengah-setengah. Jangan teracuni oleh omongan orang-orang meng-undersetimate-mu; merendahkanmu.

Jika di kampungmu ada cewek kece, solihah lagi. Nah, itu kesempatan untuk memulai megaproyek itu. Jangan patah semangat dan jangan menyerah. Teruslah berjuang dengan segala cara yang halal. Semakin banyak yang mendekati dirinya, maka semakin terbukalah peluangmu untuk terkategorikan sebagai manusia pilihan dan manusia gila.

Semakin dicemooh, mestinya semakin besarlah semangatmu untuk membuktikan kehebatanmu. Semakin terasa sulit dan mustahil, harusnya semakin tinggilah semangatmu.

Percayalah, ketika keberhasilan itu telah kamu raih, sejarah akan mencatatmu dengan tinta emas sebagai seorang pejuang tangguh. Anak cucumu kelak akan sangat bangga terhadapmu. Mereka tidak akan merasa menyesal menjadi anak keturunanmu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*