Mengelola Rasa Cemburu

jelousyMinggu-minggu ini di samping heboh dengan tayangan sidang kasus penyelewengan dana pembangunan Wisma Atlet di Stadion Jaka Baring Palembang, stasiun-stasiun televisi nasional juga ramai menayangkan kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pelaku adalah seorang pria yang mengalami disorientasi seksual. Ia melakukan tindakan keji tersebut karena dibakar api cemburu.

Memahami Kecemburuan

Kecemburuan adalah emosi reaksioner. Kecemburuan adalah respon emosional yang sangat wajar dan normal. Masalah muncul ketika rasa cemburu begitu membabi buta dan tidak terkendali hingga menyebabkan perilaku keluar kontrol.

Kecemburuan Irasional

Kecemburuan Irasional adalah jenis cemburu yang disebabkan oleh peristiwa yang membayangi atau ditafsirkan lain. Tidak ada kecemburuan irasional yang sehat. Kecemburuan irasional didasarkan pada paranoia dan rasa tidak aman menghadapi kenyataan hidup. Para penderita kecemburuan irasional sangat dipengaruhi oleh perasaan mereka. Mereka senantiasa merasa bahwa ada yang salah meskipun tidak ada tanda-tanda nyata bahwa perasaan tersebut memiliki manfaat.

Penderita cemburu irasional sering tenggelam dalam depresi karena paranoia semata. Mereka meyakini bahwa rasa cemburunya sangat beralasan, sekalipun tidak ada bukti-bukti yang mendukung keyakinan mereka. Sangat sulit untuk menuadarkan mereka.

Kecemburuan irasional hanya bisa diobati dengan terapi. Jika kamu sering merasa cemburu tanpa alasan, ada baiknya untuk melakukan terafi dengan bantuan seorang profesional.

Kecemburuan yang Merusak

Kecemburuan yang merusak didasarkan pada alasan yang masuk akal dan dapat didukung dengan bukti-bukti eksternal.

Individu yang dibebani rasa cemburu yang merusak biasanya menyerang orang-orang yang menjadi penyebab kecemburuannya. Kecemburuan ini berlatarbelakang dendam. Mekanisme penyelesaiannya tidak akan mencapai solusi yang diharapkan sebab fokusnya adalah mencari cara menyakiti kembali atau balas dendam.

Cara terbaik untuk mengelola kecemburuan yang merusak adalah dengan mendapatkan konseling. Dalam konseling kamu akan dapat berbicara melalui pihak ketiga yang netral. Kamu dapat melampiaskan kekecwaan dan rasa geram di lingkungan yang aman. Dalam konseling ini kamu akan belajar teknik bagaimana mengelola kemarahan untuk membantu mengendalikan keinginan membalas dendam.

Kecemburuan Proaktif

kecemburuan Proaktif adalah kecemburuan yang didasarkan pada ancaman nyata. Kecemburuan proaktif jarang bermanifestasi dalam bentuk kekerasan atau tindakan lain yang merugikan diri. Kemarahan masih menjadi bagian dari jenis kecemburuan tersebut, tetapi tidak pernah mengendalikan tindakan.

Pada kecemburuan proaktif, rasa cemburu membawa seseorang pada tindakan yang produktif, seperti mengakhiri hubungan yang buruk atau keluar dari sebuah persahabatan yang tidak sehat. Perhatian utama dari jenis cemburu ini adalah menahan diri untuk tidak melakukan balas dendam.

Mengontrol Kecemburuan

Kecemburuan adalah bentuk kemarahan yang disebabkan oleh rasa takut kehilangan. Mengontrol kecemburuan sangat mirip mengendalikan amarah. Ketika kamu merasa semakin cemburu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri. Ambil napas dalam-dalam. Cobalah untuk bersantai dan kemudian memperhatikan situasi lingkungan.

Lakukan pendekatan terhadap situasi yang sedang dihadapi dengan tenang namun tegas. Hindari menyalahkan orang lain dan memintanya mempertanggungjawabkan perilakunya yang telah membuatmu cemburu. Carilah solusi nyata bukan hanya melampiaskan perasaan kamu yang terluka. Cobalah untuk tetap fokus pada masalah yang sebenarnya.

Belajar Dari Kecemburuan

Dengarkan apa yang orang lain katakan tentang situasi yang memicu respon rasa cemburu kamu. Perspektif mereka mungkin sangat berbeda dari kamu. Ada kemungkinan bahwa kamu tidak memiliki cerita lengkap tentang apa yang sedang terjadi. Ada situasi yang sebenarnya tidak salah tetapi telah kamu persepsikan sebagai sesuatu yang jahat. Ketahuilah segala sesuatu secara mendetail sebelum kamu dibakar api cemburu.

Rasa cemburu adalah emosi yang bisa keluar kontrol jika kamu membiarkannya. Rasa cemburu yang sehat dapat membantu kamu mengidentifikasi dan menangani beberapa pelajaran hidup yang lebih menyenangkan.

One Comment

  1. Cara gampang menanggulangi cemburu, salah satunya adalah dengan mencari pengganti, atau stok temen cowok/cewek yang banyak.

    Blog walk from dunia-lelaki(dot)com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*