Mengatasi Masalah dengan Menggali Masalah, Jangan Dong!

Mengatasi Masalah dengan Menggali Masalah, Jangan Dong!Masalah selalu melekat dalam kehidupan kita. Masalah beredar dalam setiap tarikan nafas kita mulai dari stadium ringan hingga stadium akut. Jangan hidup jika tidak berani berhadapan dengan aneka problema atau masalah sebab masalah akan selalu hadir menyertai kehidupan kita.

Sebenarnya jika kita mau bersabar, masalah itu akan teratasi dengan baik. Tuhan menurunkan masalah lengkap dengan solusi atau way out untuk mengatasinya. Percayalah, tak ada satu masalah pun yang tak dapat ditangani. Kita diberi masalah karena Tuhan percaya bahwa kita sanggup mengatasi masalah tersebut.

Makin tinggi tingkat derajat seseorang, maka makin tinggi pulalah masalah yang harus dihadapi. Masalah yang dihadapi oleh seorang ketua RT tentu tingkatannya jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan persoalan yang dihadapi oleh presiden kita. Oleh karena itu, jika kita saat ini sedang menghadapi problema yang lebih berat dibandingkan dengan teman kita, itu berarti derajat kita lebih tinggi dibandingkan dengan teman kita tersebut. Dan Tuhan mengetahui pasti bahwa kita akan mampu mengatasi persoalan berat tersebut.

Persoalan, cobaan, ataupun ujian hanya sekedar sarana untuk meningkatkan kemampuan kita. Makin banyak ujian yang dihadapi, maka semakin banyak pula kesempatan bagi kita untuk meningkatkan keterampilan dalam mengatasi problema kehidupan. Sayangnya, sangat sedikit di antara kita yang menyadari mengenai hal ini. Mereka pada akhirnya terjerat dalam keputusasaan.

Mereka tidak memecahkan persoalan itu dengan cara-cara yang elegan melainkan dengan cara-cara instan. Harapannya, cara yang diajalaninya itu akan jauh lebih cepat mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi. Tak sedikit dari saudara-saudara kita yang melarikan masalah dengan cara menenggak minuman keras, bahkan dengan cara mengonsumsi narkoba.

Kawan, jika menggunakan cara tersebut, sesungguhnya kita sedang menggali masalah baru. Belum lepas dari jeratan masalah lama kita telah menciptakan problema baru. Akibatnya, masalah jadi makin kompleks dan semakin sulit untuk diatasi.

Bersabarlah dan bertawakallah dalam menghadapi setiap masalah. Hati boleh panas tetapi kepala harus tetap dingin. Runutlah permasalahan tersebut dari awal mula hingga akhir. Jika kita tidak kuasa dengan beratnya masalah tersebut, cobalah untuk melibatkan orang-orang terdekat kita. Insya Allah, akan ditemukan jalan keluarnya.

Urusan ditolak asamara saya rasa masih bisa ditemukan solusinya. Masih ada cara lain yang jauh lebih masuk akal. Jangan alihkan persoalan asmaramu pada tindakan menggali masalah baru. Sebab, masalah baru yang kamu ciptakan itu daya cengkramnya akan sangat mematikan

4 Comments

  1. Ayu mega widiawati says:

    Meskipun kepala panas,vhi haty musty tetap dingin?

  2. Ayu mega widiawati says:

    Semuanya benat Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampian umat nya..

  3. msih dalam proses belajar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*