Kekuatan Memaafkan

Kekuatan MemaafkanKamu sudah dibohongi, ditipu, ditinggalkan sendiri, diselingkuhi, dilanggar hak, dan lain-lain. Suatu ketika orang yang berbuat aniaya itu datang padamu dan menyampaikan permohonan maaf. Akankah kamu memaafkannya?

Kok enak, pikirmu. Hutang sakit hati harus dibayar dengan sakit hati. Hutang sedih harus dibayar dengan sedih. Pokoknya kalau mengikuti kata hati, kamu inginnya membalas dendam atas segala penghinaan dan rasa sakit hati yang telah kamu alami.

Adakah faedah yang terkandung dengan melakukan balas dendam itu? Jawabannya: Tidak ada sama sekali. Justru sebaliknya, rasa dendam akan menyebabkan luka hatimu makin mendalam saja. Kamu akan selalu dihantui oleh perasaan tersiksa. Kamu akan mengingat terus menerus segala dosa yang pernah diperbuatnya. Semakin teringat akan segala kesalahan yang dilakukannya, maka semakin mendalamlah kesedihanmu.

Lantas jawabannya apa untuk menghilangkan semua kesedihan itu. Memaafkan! Ya, hanya itu yang dapat kamu lakukan demi kebaikanmu sendiri. Agama Islam mengkategorikan perbuatan memaafkan sebagai amalan mulia di sisi Allah SWT.

Memaafkan kesalahan orang lain, bagi sebagian manusia sering dianggap sebagai sikap lemah dan tindakan hina dina. Padahal justru sebaliknya. Sesungguhnya perbuatan membalas tidak memiliki keutamaan apa-apa. Tapi, ketika kita rida memaafkannya, padahal mampu untuk membalasnya, maka kita dinilai Allah sebagai umat-Nya yang mulia.

Ingatlah, kekuatan memaafkan juga dapat mengatasi problem kesehatanmu. Memaafkan atas kesalahan seseorang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantungmu. Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa sikap memaafkan sangat berhubungan dengan detak jantung dan tekanan darah yang normal serta dapat menghilangkan stres. Hal ini dapat membawa manfaat kesehatan jangka panjang bagi jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

Betapa menderitanya kamu seandainya rasa dendam itu kamu pertahankan agar tetap bersemayam dalam hati. Berat, berat benar beban yang akan kamu derita. Untuk itu, lepaskan beban dalam lubuk hatimu dengan cara memaafkan dia yang pernah membuatmu menderita berkepanjangan. Maafkan dia sekarang juga.

Semoga sifat pemaafmu menghantarkanmu ke jalan terdekat dalam meraih jodohmu. Amien!

One Comment

  1. Amin……

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*