Jomblo Juga Anugerah Terindah, Cyn!

Jomblo Juga Anugerah Terindah, Cyn!Kata guru ngaji saya setiap  manusia di muka bumi ini diberi kelebihan oleh Allah SWT. Orang kaya memiliki kelebihan harta sementara orang miskin diberi kelebihan waktu. Kedua-duanya bisa mengunakan kelebihannya tersebut untuk kemaslahatan dirinya baik di dunia dan di akhirat.

Waktu ibadah bagi orang kaya amat terbatas. Ia begitu sibuk mengurusi kekayaannya. Mungkin ia tidak sempat melakukan salat sunah karena sibuk mengurusi kekayaannya.Tapi, dengan kekayaan yang dimilikinya itu ia bisa beramal jariyah, berinfak, bersedekah, membayar zakat, membantu kaum fakir dan miskin, menyantuni anak-anak yatim. Pokoknya ia memiliki kesempatan yang luas untuk berharap rida Allah dari amal yang dilakukan melalui kelebihan hartanya.

Bila orang kaya sulit mengatur waktu karena terkendala oleh kesibukan mengurus hartanya, maka orang miskin justru sebaliknya. Kekayaan orang miskin terletak pada keleluasaan waktu yang dimilikinya. Berlimpahnya waktu bisa dimanfaatkan untuk menjalankan ritual dan ibadah yang tak bisa dilakukan oleh orang kaya. Sehingga, di yaumil akhir nanti ia memilki bekal berlimpah yang akan meringankan langkahnya menuju kebahagiaan abadi.

Orang-orang yang telah berumah tangga melakukan amal salihnya dengan cara mendidik dan membesarkan anak-anaknya. Kesabaran dan ketelatenan saat mendidik dan membesarkan anak-anaknya menjadi kiprah amat bernilai tinggi di hadapan Allah SWT. Bahkan, jika dari hasil kesabaran dan ketelatenannya itu terlahir anak-anak salih, maka langkahnya akan sangat ringan saat menghadap ke haribaan-Nya sebab kepergiannya disertai dengan doa dari anak-naknya yang salih dan salihah itu.

Bagaimana dengan nasib para jomblo? Orang-orang jomblo memiliki kekayaan dari sisi peluang dan waktu. Ia bisa leluasa melakukan ibadah karena tidak diribeti oleh urusan pacar, kekasih, gebetan, atau apa pun itu namanya. Sesungguhnya peluang tersebut bisa dimanfaatkan untuk belajar dan terus belajar. Mendalami ilmu agama, misalnya. Sehingga, kelak bila sang jodoh hadir dalam kehidupannya, ia telah memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk berperan sebagai seorang suami atau seorang ayah teladan; menjadi seorang istri atau menjadi seorang ibu yang disayangi anak dan suaminya.

Bagi para cowok, menjomblo juga bisa menjadi peluang terbuka untuk mencari duit. Sehingga, ketika sang jodoh telah berada dalam genggaman, ia tak akan dibiarkan berlama-lama tidur sendirian. Kita bisa langsung meminta kepada orangtuanya, meminangnya, lalu menikahinya. Ingat! Sifat pria sejati bukan terletak pada merk rokok yang diisapnya melainkan pada keberanian mengajak ceweknya untuk menikah.

Ternyata, jika kita pandai memanfaatkan waktu, menjomblo pun bisa menjadi anugerah terindah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*