In The Name of Harmony

In The Name of HarmonyKata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Mengingat betapa pentingnya arti harmonisasi dengan alam dan lingkungan, Pak Boss saya ini ketika bertugas di kapal perangnya senantiasa menghormati laut tempat kapal tersebut berlayar. Di laut tak pernah sakali pun dia membuang sampah, lebih-lebih membuang oli atau minyak bekas sembarangan.

Laut benar-benar diperhatikannya karena dia menyadari di situlah sumber hidup dan penghidupan berada. Ada ikan yang menjadi sumber pencaharian para nelayan. Ada jutaan meter kubik mineral yang siap dieksplorasi demi kesejahteraan bangsa.

Di dasar laut juga ada penghuni yang tak kasatmata. Kata Boss saya, laut adalah pemakaman bagi para pelaut yang diterpa bencana.  Mereka adalah pengelana yang kapalnya karam ditelan arus dan dihantam ombak. Laut juga menjadi makam bagi para prajurit yang bertempur hingga titik darah penghabisan demi kemerdekaan dan kedaulatan negeri yang dicintainya.

Dalam renungan hariannya, Boss saya ini selalu bertanya dan terus bertanya tentang kebaikan yang telah dilakukannya terhadap laut dan lingkungan di sekitarnya. Ia meyakini betul bahwa baik dan buruknya kehidupan yang dialaminya tak lepas dari baik buruk perlakuannya terhadap alam dan lingkungan. Makanya, ketika bencana datang menimpa dirinya dan anak buahnya ia akan kembali melakukan introspeksi terhadap kesalahan yang dilakukan oleh dirinya dan anak buahnya terhadap laut yang menjadi medan pengabdiannya.

Untuk urusan jodoh pun ada baiknya kita juga meneladani sikap dan prilaku boss saya. Jika hingga hari ini jodoh yang ditunggu-tunggu tak jua nongol, boleh jadi ketidakhadiran jodoh itu karena kita tidak living in harmony dengan lingkungan kita. Lingkungan tersebut bisa tetangga, kerabat, sahabat, saudara. Bahkan, dengan para mantan pacar kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*