Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari JodohRamadahan adalah bulan penuh berkah bagi kita semua. Tak terkecuali buat para jomblo senior yang sudah bolak-balik ditanya ortu atau pun sanak saudara tentang kapan akan mengakhiri masa lajangnya. Yes, buat kalian para jomblowan dan jomblowati, Ramadhan bisa menjadi momen terbaik untuk meraih jodoh yang selama ini diimpikan, alasannya:

1. Ramadhan adalah Bulan Tidak Tertolaknya Doa Kita
Manfaatkanlah Ramadhan sebagai kesempatan terbaik buat mengadu dan melantunkan doa kepada Allah SWT mengenai jodoh yang selama ini kamu nantikan. Bukankah kamu sedang menunaikan ibadah puasa? Di dalam sebuah hadis ditegaskan bahwa orang yang berpuasa sampai ia berbuka termasuk dalam kelompok yang tidak akan ditolak permohonan doanya.

Tiga kelompok yang tidak akan ditolak do’anya: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang teraniaya. Allah menyibak awan dan membuka pintu-pintu langit seraya berfirman: “Demi kemulian-Ku dan keagungan-Ku, pasti Aku tolong kamu, walau setelah beberapa waktu.” (Ahmad dan At Tirmidzi).

2. Ramadhan Memfasilitasi Kita Bertemu Jodoh yang Salih/Salihah
Ramadhan adalah puncak makmurnya tempat-tempat ibadah umat Islam. Masjid dan musala penuh dengan orang-orang yang menjalankan kegiatan ibadah; mulai dari tadarus al-quran, salat tarawih, pengkajian ilmu agama, serta kegiatan-kegiatan lainnya. Di tempat inilah, insya Allah, kamu akan menemukan orang-orang salih atau salihah. Dan di tempat-tempat ini pula kamu memiliki peluang untuk menemukan tambatan hati hingga membawamu ke jenjang pernikahan yang selama ini diidamkan.

Upaya mendekati jodoh di masjid sangat sejalan dengan pendapat Dr. Hj. Hasniah Hasan, M. Si.. Menurut Kepala Bagian Pembinaan Keluarga dan Kewanitaan Masjid Al Akbar Surabaya ini dalam mencari suami/istri salih/shalihah sebaiknya kita bergabung dalam sebuah lembaga/lingkungan yang taat beribadah, misalnya, perkumpulan remaja masjid, organisasi kerohanian Islam, ormas Islam, atau forum kajian Islam.

Lebih lanjut Hasniah Hasan menjelaskan bahwa aktif dalam program keagamaan yang dikelola oleh remaja putra putri akan memberikan peluang kepada kita untuk bisa memperhatikan secara langsung sikap, tutur kata, pengetahuan agama dan pengamalannya dari para peserta yang terlibat di dalamnya.

Kegiatan keagamaan, insya Allah, akan mengantarkan kita bertemu dan berkomunikasi dengan remaja muslim/muslimah yang salih/salihah. Kita pun berkesempatan untuk berkomunikasi serta membuka hati secara khusus kepada peserta yang telah menggetarkan hati kita.

Namun demikian, saya ingatkan agar kesempatan ini tidak dijadikan sarana untuk mendekati pergaulan bebas. Ingatlah bahwa setan masih berkeliaran di mana-mana. Jangan sampai niat sucimu ternoda oleh perbuatan yang mendekati zina. Jika ada kecocokan, jangan menunggu terlalu lama. Lebih baik segera temui walinya. Ajukan lamaran. Lalu, lanjutkan dengan pernikahan. Dengan cara demikian kamu akan menikmati indahnya cinta yang halalan toyyiban.

One Comment

  1. yeni casanova says:

    Saya ingn cari suami bule yg muslim….taat pada agama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*