Haruskah Memberitahukan Email Pribadi Saat Kencan Online?

online datingAda kalanya jodoh memang bisa didapat melalui jasa layanan internet. Sudah banyak yang telah membuktikannya. Mereka beroleh jodoh secara online dan masih lengket dalam pernikahan mereka hingga hari ini.

Ada sedikit kekhawatiran khususnya di kalangan kaum cewek. Setelah bertemu di biro jodoh online apakah berisiko besar jika memberitahukan email pribadi? Sebenarnya banyak manfaat yang bisa diambil jika telah kontak lewat email pribadi. Bukankah selanjutnya bisa berkomunikasi lebih intensif lagi dengan perantaraan nomor hape masing-masing?

Untuk sementara, menggunakan email pribadi tetap aman selama hatimu masih tune in dan percaya sepenuh hati akan kejujuran lawan kencanmu.

Bagaimana jika ternyata kamu temukan ketidakcocokan dan ketidakjujuran pada dirinya, lalu kamu ingin berhenti berkomunikasi dengannya, tetapi dia terus menghubungimu? Ya, bisa pusing tujuh keliling jadinya.

Untuk urusan yang satu ini, Brad, seorang pakar kencan online asal Amerika Serikat merekomendasikan sebagai berikut:

Pertama, Bukalah Gmail atau Yahoo! Lalu buatlah akun email baru. Gunakan nama asli pertama kamu untuk akun ini tanpa mencantumkan nama belakang kamu.

Kedua, Setiap kali seseorang meminta untuk melanjutkan kencan via email pribadi tapi kamu masih tidak yakin tentang dirinya, berilah dia email yang baru kamu buat itu.

Bukankah iniĀ  termasuk penipuan?
Tentu tidak. Mengapa? Kamu khan tidak membuat email palsu. Ini adalah email asli milik kamu seratus persen. Hanya saja tidak masuk sebagai email pribadi. Kamu akan lebih leluasa berkomunikasi dengan siapa pun tanpa harus mengorbankan email pribadi yang tentunya sangat berharga bagimu.

Dengan cara begini, kamu tidak akan merasa khawatir biro jodoh online yang kamu masuki tidak bisa melindungi privasimu. Sebagai sarana kencan online, risikonya terlalu besar seandainya kamu pakai email pribadi yang telah bertahun-tahun kamu gunakan. Bisa saja ada seorang scammer yang berpura-pura sedang mencari jodoh. Seringkali scammer akan mendaftar untuk layanan kencan, meyakinkan pria atau wanita untuk pindah ke percakapan via email pribadi dan ujung-ujungnya adalah mengutil kartu kreditmu atau membobol rekening tabunganmu.

Sebenarnya sangat mudah untuk memeranginya. Jika teman kencanmu itu mulai mengalihkan pembicaraan ke urusan uang, maka bisa dipastikan bahwa dia adalah seorang scammer, Seorang penipu. Selanjutnya, jangan layani dia lagi.

Banyak orang hebat di situs kencan tapi kita tak pernah tahu kecuali kita memberi mereka kesempatan untuk berkenalan lebih terbuka lagi. Memberikan kesempatan terlalu terbuka sering mengandung beberapa risiko.

Saya kira jika kita lebih berhati-hati, sebagian besar risiko ini dapat diminimalisasi. Jangan sekali-kali menggunakan email pribadimu untuk sebuah kencan online. Gunakan email yang berbeda agar kamu tidak terpuruk dalam jurang penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>