Di mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

EtikaSaya terkesan terhadap para pengusaha Amerika yang begitu tekun mempelajari adat istiadat bangsa Arab. Tujuan utamanya adalah agar mereka bisa sukses dalam berbisnis dengan para pengusaha di jazirah yang mayoritas penduduknya muslim tersebut. Tentu saja sepanjang bertransaksi, para pengusaha negara adidaya tersebut sangat memperhatikan bagaimana etika berbisnis islami diterapkan. Mereka pun belajar tentang kapan jamuan bisnis bisa dilaksanakan dengan lancar tanpa mengganggu jadwal salat lima waktu para pengusaha Arab tersebut.

Dalam urusan mencari jodoh pun saya rasa demikian. Kita harus memahami betul tentang adat istiadat yang mendasari kehidupan calon pasangan kita. Dengan demikian, kita tidak akan tersesat ke dalam situasi yang dinamakan tak tahu adat. Kalau sekedar pelanggaran etika ringan, sanksinya pun tentu ringan. Jika yang kita langgar itu telah melampaui batas kepatutan adat, tentu saja sanksi yang kita terima pun akan setimpal dengan batas pelanggaran berat yang telah kita perbuat.

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika kita bertandang ke kampung orang dengan tujuan melakukan pendekatan terhadap seseorang yang selama ini telah menjadi bagian dari isi hatimu. Sebaiknya kamu perhatikan betul tentang jam kedatanganmu bertamu, begitu pula tentang jam kembalinya. Pantangan masyarakat setempat tentunya juga menjadi pantangan bagi keluarga si dia. Oleh karena itu, cermati betul segala pernak-pernik yang menjadi pantangan masyarakat setempat tersebut.

Di Nanggroe Aceh Darussalam sejak Maret 2011 telah diterapkan Hukum Syariat Islam yang mendasari etika bertingkah laku bagi segenap warga pemangkunya. Seandainya kamu berencana berkunjung ke sana dalam rangka mem-pedekate seorang cewek di sana, semoga ini menjadi perhatian utamamu. Jangan sampai lengah dengan melanggar ketentuan hukum syariah jika kamu tidak ingin berurusan dengan para Polisi Wilayatul Hisbah setempat.

Selangkah kamu bisa menguasai kebiasaan masyarakat setempat, berarti beberapa langkah ke depan menjadi lancar dan lempang. Kuasai betul apa yang menjadi pantangan, demikian pula yang menjadi keharusan. Jika pesaingmu lumayan banyak, tingkat penguasaan terhadap adat istiadat yang menjadi anutan keluarga si dia bisa menjadi senjata ampuh untuk meluluhkan hatinya juga hati kedua orang tuanya. Inilah yang menjadi salah satu rahasia dalam memenangi pertempuranmu. Selamat berjuang, Tuhan besertamu!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*