Beginilah Caranya Melepaskan Dendam

Beginilah Caranya Melepaskan DendamApa yang akan kita lakukan jika mendapati seseorang yang telah membunuh anggota keluarga kita sedang mengalami kesulitan? Sudikah kita menolongnya?

Pertanyaan tersebut menjadi soal ujian hidup bagi suku Kan di Afrika. Tentang keberadaan suku tersebut, saya sendiri belum pernah menelusurinya. Terus terang, saya mendapatkan informasi mengenai mereka hanya melalui dialog Nicole Kidman dan Sean Penn dalam film The Interpreter.

Konon katanya, seorang pembunuh di kalangan Suku Kan akan diikat tangan dan kakinya. Lalu dibawa beramai-ramai ke tengah sungai dengan menggunakan perahu. Setibanya di tengah sungai, si pelaku pembunuhan akan ditenggelamkan. Kecil kemungkinan dia akan selamat. Bagaimana bisa menyelamatkan diri, wong tangan dan kakinya diikat rapat.

Anggota keluarga korban pembunuhan kemudian dipersilakan untuk menentukan pilihan: Menyelamatkan si pembunuh atau sebaliknya membiarkannya mati tenggelam. Berdasarkan pengalaman selama ini, mayoritas keluarga korban akan menyelamatkan si pembunuh. Gak masuk akal ya? Mengapa bisa begitu? Jawaban bijaknya bisa diikuti di bawah ini.

Kata mereka, menyelamatkan si pembunuhan adalah kunci terampuh untuk lepas dari duka cita yang berkepanjangan. Dengan memaafkan si pelaku, duka cita yang sangat menyiksa itu pelan namun pasti akan menghilang dengan sendirinya. Jika sebaliknya yang kita lakukan, maka seumur hidup kita akan dihantui perasaan sedih, rasa kehilangan, serta dendam yang tak akan ada habisnya. Kita pun menjadi sulit untuk move on.

Tentunya, ada pelajaran berharga yang dapat kita dapatkan dari kisah di atas. Bagaimanapun memelihara rasa dendam itu tidak akan berfaedah sama sekali. Rasa dendam itu menggerogoti fisik dan mental kita. Capek, sedih, dan tersiksa. Itulah yang bakal kita rasakan sepanjang umur.

Mulai saat ini mari kita belajar melepas dendam kepada semua orang yang telah begitu buruknya memperlakukan kita dan anggota keluarga kita. Kita tengok dia ketika dirinya jatuh sakit. Kita bantu dirinya manakala menemui kesulitan dalam hidupnya. Kita solati dan antar ke pemakaman ketika dia menghadap Yang Mahakuasa. Kita doakan agar Allah SWT mengampuni segala kekhilafannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*