Alergi Terhadap Suku Tertentu, Jangan!

Alergi Terhadap Suku Tertentu, Jangan!Keponakan istri saya sedang kesengsrem oleh seorang cowok. Ia ganteng dan tampak sangat terpelajar. Tetapi, begitu mendengar kabar bahwa cowok keren itu berasal dari suku tertentu, minat keponakan saya tampaknya mulai luntur.

Mungkin pembaca postingan ini pun ada yang bersikap sama dengan keponakan istri saya. Merasa alergi dengan suku tertentu. Sikap itu muncul mungkin diakibatkan oleh pengalaman yang tidak menyenangkan saat berinteraksi dengan suku tertentu tersebut. Bisa juga hal itu terjadi karena melihat sanak saudara yang kebetulan menikah dengan suku tertentu itu tampak tidak bahagia. Munculnya rasa tidak senang terhadap suku tertentu juga bisa berawal dari mendengarkan cerita- atau gosip dari tetangga dan kerabat dekat.

Jika kita adalah bagian dari orang-orang yang merasa alergi terhadap suku tertentu, sesungguhnya rugi besar. Kita telah kehilangan satu peluang untuk bisa berjodoh dengan seseorang.

Menggeneralisasi suku tertentu dikarenakan ulah satu dua orang oknum, sesungguhnya telah menutup mata batin kita terhadap setiap kebaikan yang dilakukan oleh suku tertentu tersebut.

Menetapkan kriteria dalam menentukan pilihan terhadap calon pendamping hidup sesungguhnya merupakan sebuah keniscayaan. Akan tetapi, jika kita menjadikan suku atau etnis sebagai patokan sangat tidak dianjurkan.

Sesungguhnya baik buruknya prilaku seseorang itu tidak ditentukan oleh suku atau etnis, ras, atau warna kulit yang melekat pada dirinya. Oleh karena itu jangan menghalangi diri dengan stigma-stigma buruk terhadap siapa pun.

Jika kita saat ini melihat saudara kita yang menikah dengan suku tertentu tidak mengalami kebahagiaan, cobalah untuk meneropong lebih jauh lagi. Nun jauh di luar sana masih banyak orang yang berpasangan dengan suku tertentu itu yang mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

Mulai hari ini, mari kita singkirkan halangan-halangan tersebut dari batin kita. Jangan sampai Tuhan mengalihkan kebahagiaan dari diri kita kepada yang lain hanya gara-gara kita telah membentengi diri dengan anggapan yang tidak benar mengenai suku tertentu. Singirkan semua kendala itu dari batin kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*