5 Tips Menjaga Keharmonisan dalam Berumah Tangga

5 Tips HarmonisSetelah membaca kisah kemesraan dalam rumah tangga Karam-Katarai Chand, ada baiknya kamu mencamkan nasihat dari pasangan suami istri teladan ini. Menurut mereka, pada intinya keharmonisan dan kemesraan akan hadir dalam kehidupan berumah tangga kita jika kita memelihara sikap positif sebagai berikut.

1. Saling Setia

Ketika kamu menikah, tumbuhkan sikap komitmen untuk saling setia serta mencurahkan segenap hidupmu hanya untuk pasangan hidupmu seorang. Berhentilah berpikir bahwa rumput di halaman tetangga jauh lebih hijau dibandingkan dengan rumput di halaman rumahmu.

2. Saling Peduli

Jika kamu menghendaki rumah tanggamu bisa bertahan hingga kakek-nenek, kamu harus bisa menjamin bahwa di antara kamu dan pasangan telah tumbuh dan berkembang sikap saling menjaga serta saling memperhatikan, atau dengan kata lain, saling peduli. Ketika menyajikan makanan, pastikan bahwa makanan yang dimasak itu benar-benar makanan sehat dan halal yang berguna dalam menunjang aktivitas pasanganmu sehari-hari. Gandenglah dan peganglah tangannya erat-erat ketika menyeberang jalan. Siapkan bahu dan dadamu sebagai tempat dia menangis menumpahkan duka derita dan segenap kesedihannya.

3. Saling Toleransi

Pasanganmu memiliki kebiasaan buruk yang sangat mengganggu bagimu. Kebiasaan itu bisa berupa: ngorok alias mendengkur, buang angin sembarangan, meninggalkan handuk basah di atas kasur, mendengarkan musik dengan volume keras sekali. Saling bertoleransilah dalam menghadapi situsi yang tidak nyaman ini. Sadari bahwa tak ada gading yang tak retak; tak ada manusia sempurna. Memang, kebisaan buruk tersebut sangat-sangat mengganggu. Tapi, jika kamu berharap rumah tanggamu bisa berjalan lebih dari 90 tahun, maka belajarlah mencintai kebiasaan buruknya itu.

4. Saling Mendengar

Hal lain yang juga tak kalah penting dalam kehidupan berumah tangga adalah sikap saling mendengar. Kita mesti mendengar permasalahan yang sedang dihadapi oleh pasangan dan berupaya membantu mencari jalan keluarnya. Upaya ini sangat berpengaruh terhadap hadirnya rasa bahagia dalam kehidupan berumah tangga. Di samping itu, sikap saling mendengar membuat pasangan lebih dekat dan lebih mesra dengan kita. Sebab, kita telah menjadi orang pertama yang mengetahui permasalah yang tengah dihadapinya.

5. Menjalankan Nilai-nilai Religius dan Norma-norma Sosial

Yakinkan bahwa nilai-nilai agama serta norma-norma sosial yang dipelajari selama ini telah dijalankan dengan baik. Yakinkan bahwa rumah tangga kita telah dihiasi dengan sikap saling menghargai, saling peduli, serta saling menyayangi. Perlakukanlah pasanganmu dengan baik sebagaimana kamu berharap pasanganmu memperlakukanmu dengan baik pula.

Itulah kelima tips dari pasangan suami istri Karam-Katarai Chand. Bagi yang telah berumah tangga semoga kehidupan yang selama ini telah menyimpang arah dapat kembali menuju arah keharmonisan yang diimpikan. Dan bagi yang masih melajang, paling tidak, kalian telah memiliki bekal berharga demi kelangsungan rumah tangga yang bakal dibangun agar sakinah, mawwadah, warahmah.

Sumber: Mail Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>