5 Langkah Akhiri Masa Jomblo

5 Langkah Mengakhiri Masa MenjombloBagi sebagian orang menjomblo adalah masa-masa yang menyenangkan. Bagaimana tidak, kita bisa pergi ke mana pun kita suka. Tak ada beban berat yang kita pikul di pundak. Jika kamu merasakan kenyamanan seperti itu, ya silakan saja. Asal jangan sampai kebablasan. Tahu-tahu usia sudah bertambah jauh di atas rata-rata. Teman sebaya sudah menggendong anak; kita belum berbuat apa-apa.

Jika sudah mulai terpikirkan untuk mengakhiri masa-masa lajangmu, maka segeralah berupaya menemukan calon pasanganmu. Untuk bisa mendapatkan hasil optimal, saya tawarkan 5 langkah berikut.

1. Menjadikan Nikah sebagai Target Utama
Segera wujudkan niatmu berumah tangga. Jangan menunda-nunda. Insya Allah, manfaatnya sangat besar; bahkan jauh melebihi perkiraanmu. Makanya kamu harus berniat dengan tulus dan menjadikannya sebagai target utama pada tahun ini. Jika ibadah nikmat ini tidak menjadi target utama, maka daya juangmu guna mewujudkan keinginan tersebut dijamin bakal melempem.

2. Menelusuri Penyebab Kegagalan
Jika selama ini kamu gagal mewujudkan keinginan berumah tanggamu, maka langkah selanjutnya adalah berintrospeksi untuk mengetahui penyebab kegagalan tersebut. Barangkali penyebabnya adalah rasa kurang percaya diri. Ingat, jika kita dihinggapi rasa kurang percaya diri, ekspresi kesungguhan kasih sayang tidak akan tertangkap dengan baik oleh seseorang yang menjadi target cinta kita.

3. Enjoy Saja
Nikmati saja perjuanganmu untuk medapatkan jodohmu itu. Tidak serba kemrungsung, kesusu, dan grasa-grusu. Enjoy saja. Lakukan upaya menggapai jodohmu dengan serius namun santai. Jangan terbebani oleh omongan orang, orang tua, atau cibiran tetangga kiri kananmu.

4. Jangan Berharap Mendapatkan Seseorang yang Sempurna
Percayalah pada kata-kata saya ini: “Tak akan ditemukan sosok sempurna di kolong langit ini!” Jika selama ini kamu mencari seseorang yang benar-benar perfect, kamu akan kecewa. Manusia ditakdirkan lahir dengan ketidaksempurnaannya. Justru karena itulah akan tercipta ukhuwah. Tujuannya adalah untuk saling mengisi ketidaksempurnaan itu.

5. Jangan Malu Berpromosi
Tak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain mempromosikan dirimu. Siapa tahu temanmu, tetanggamu, pakdemu, pamanmu, atau atasanmu memiliki segudang info tentang seseorang yang layak berjodoh dengan dirimu. Minta bantuanlah kepada mereka. Di samping itu, ikuti pula kegiatan-kegiatan semacam pengajian, pertemuan warga se-RT, halal bihalal, serta kegiatan-kegiatan sosial yang memungkinkanmu bisa bertemu serta berkenalan dengan banyak orang. Siapa tahu Tuhan menganugerahkan jodoh terbaikmu dengan perantaraan kegiatan gathering tersebut.

Saya rasa cukup itu saja tips dari saya. Semoga keinginanmu untuk segera mengakhiri masa-masa jomblomu dapat segera terwujud. Amien!

One Comment

  1. Semoga bermanfaat bagi pembaca & penulisnya…
    Thank you

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*