5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan BurukKenangan pahit saat ini mungkin tengah menghantui dirimu. Peristiwa menyakitkan akibat diselingkuhi, dizalimi, atau dinistakan oleh pasanganmu dulu membuatmu berkeputusan untuk hengkang meninggalkan dirinya. Luka hatimu masih basah. Hingga hari ini dirimu begitu sulit untuk melupakan kenangan pahit tersebut.

Walau bagaimanapun, kamu harus segera move on. Tak mungkin terus berkutat dalam situasi horor tersebut. Trauma sih boleh saja, tapi jangan keterusan. Jangan biarkan indahnya hidup terlewatkan begitu saja. Berikut saya beberkan 5 cara membebaskan diri dari trauma kenangan pahit.

1. Susunlah Daftar Orang yang Care Padamu
Saya yakin bahwa di samping daftar orang yang telah menyakiti hatimu, kamu masih memiliki daftar orang yang care padamu. Tulislah daftar orang yang selama ini selalu mempedulikanmu. Begitu kamu tuliskan daftar nama orang budiman itu, maka peristiwa indah bersamanya akan turut hadir dalam kenanganmu. Hal inilah yang akan memicu rasa syukurmu kepada Tuhan. Bahwa di samping ujian berat, Tuhan masih memberimu peristiwa-peristiwa indah yang hingga saat ini masih membekas dalam kenanganmu.

2. Wisata Kuliner
Saya yakin di kotamu masih ada tempat-tempat yang menghidangkan kuliner enak tapi masih belum sempat kamu kunjungi. Dari pada mikirin orang-orang yang telah menyakiti hatimu lebih baik menyantap makanan enak saja. Dapatkan rekomendasi mengenai tempat yang sajian makanannya sangat dipoejiken dari teman-teman dekatmu. Alangkah semaraknya jika bisa makan rame-rame dengan teman-temanmu. Situasi ini akan menciptakan suasana “heboh” antara kamu dengan teman-temanmu saat menyantap makanan favorit masing-masing. Sensasinya, insya Allah, akan mampu mereduksi dampak kenangan pahitmu. Tapi ingat ya, jangan sampai kebablasan. Kenangan pahit menghilang tapi badanmu terus melebar. Jangan sampai deh.

3. Memelihara Ikan
Beli ikan hias sekaligus dengan akuariumnya. Tak perlu akuarium yang besar. Yang seukuran topless saja sudah cukup. Ikannya juga tak perlu beli banyak. Satu saja sudah cukup. Tempatkan akuarium mini itu dekat meja kerjamu. Bisa juga ditempatkan di kamarmu. Insya Allah, gerakan ikan yang anggun akan mampu mengeliminasi rasa galaumu.

Kalau memang tidak suka ikan, kamu bisa menggantikannya dengan hewan peliharaan lainnya. Bisa hamster, kucing, bahkan ular unyu-unyu sekalipun.

4. Nonton Video
Youtube telah menyediakan layanan video gratisan yang bisa kita tonton kapan saja. Kamu bisa menikmati video clip, stand up comedy, atau adegan-adegan konyol yang tersaji di layanan video gratisan ini. Dijamin ngakak, lalu semua trauma itu akan sedikit demi sedikit menyingkir dari kenanganmu.

5. Menghadiri Pengajian
Nah, tips yang satu ini benar-benar dirasakan paling ampuh. Mendengarkan ceramah ustadz; mengkaji ilmu agama. Kegiatan-kegiatan tersebut akan lebih mendekatkan diri pada kesadaran tentang kecilnya dilema yang kita hadapi dibandingkan dilema yang dihadapi orang-orang di sekitar kita. Tausiah-tausiah di majlis taklim akan menggugah kesadaran kita mengenai cinta kita kepada Sang Khalik yang mestinya lebih besar daripada cinta kita kepada manusia. Di tempat mulia ini kita akan mendapatkan bekal tentang bagaimana melenyapkan rasa benci serta dendam terhadap orang-orang yang telah mewarisi kita kenangan pahit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*