Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

Kegagalan Cinta, Ternyata Ada Manfaatnya Lho!“Hidup bukan rentetan kenikmatan belaka. Kadang kita butuh kegagalan untuk memahami betapa nikmatnya keberhasilan.”

Kutipan di atas saya peroleh dari novel berjudul Surat Dahlan karangan Khirsna Pabichara. Terus terang, saya mengakui kebenaran kutipan di atas karena secara pribadi pernah, bahkan, sering mengalaminya.

Kegagalan berkali-kali singgah dalam hidup saya. Sebagian dari kegagalan tersebut masuk kategori “nyaris berhasil”, sebuah pilihan yang lebih menyakitkan daripada “nyaris gagal”. Tapi itu semua, ternyata mengandung hikmah luar biasa. Coba bayangkan, seandainya hidup saya senantiasa sukses selalu, begitu gagal sedikit saja tentu akan merasakan dunia ini seakan runtuh. Dan berkat kegagalan tersebut, keberhasilan yang saya peroleh pada hari berikutnya nikmatnya terasa luar biasa.

Pernah sekali saya nyaris menikah. Mahar sudah disiapkan. Orang tua sudah datang melamar. Kerabat sudah siap mengantar. Hari “H” pernikahan telah dihitung mundur. Namun apa daya semua itu harus tertunda karena pihak perempuan memutuskan pembatalan sebelah pihak.

Allah SWT telah menjanjikan bahwa di balik kesulitan terdapat kemudahan. Betul saja. Setelah itu seakan tercurah begitu saja kemudahan yang saya peroleh. Saya meminang seorang gadis tanpa kesulitan yang berarti. Tiga bulan kemudian rizki Tuhan hadir dalam pelukan saya dalam wujud seorang istri yang salihah. Alhamdulillah, anak-anak saya yang dilahirkan dari rahimnya adalah sosok pribadi yang cantik dan ganteng bukan dari segi lahiriyah saja namun juga, insya Allah, rupawan dari sisi akhlaknya.

Sekarang saya sering berpikir tentang bagaimana jadinya jika jadi menikah dengan perempuan yang dahulu telah memutuskan sebilah pihak itu. Haqul yaqin, kenikmatan yang diperoleh tidak akan seluar biasa seperti yang saya rasakan hari ini.

2 Comments

  1. benar sayapun pernah merasakannya dan masih trauma sampai saat ini kegagalan akan cinta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*