Man Jadda Wajada

Man Jadda Wa JadaSudahkah membaca novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara? Dan kalau mau lebih lengkap lagi tontonlah filmnya. Siapa pun yang membaca novel tersebut ataupun yang telah melihat filmnya tentu akan berpendapat sama dengan saya bahwa kesungguh-sungguhan akan membuahkan hasil yang sangat mencengangkan.

Pada novel ataupun film yang bercerita tentang perjuangan enam santri Ponpes Madani itu digambarkan bagaimana kekuatan sebuah ‘mantera’ Man Jadda Wajada. Bila diartikan secara katawi ‘mantera’ ini bermakna Siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses dalam menggapai segala cita-citanya.

Dalam urusan jodoh pun saya rasa demikian. Hanya orang-orang yang bersungguh-sungguhlah yang akan mencapai jodohnya. Tetesan air yang lembut akan mampu melubangi sebongkah batu yang amat keras. Kuncinya adalah ketekunan dan sikap konsisten atau istiqamah.

Tak ada hubungan terlalu erat antara paras elok seseorang dengan pencapaian jodohnya. Saya berani mengatakan seperti itu karena telah banyak menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana seseorang yang memiliki kelemahan secara fisik tapi beroleh jodoh yang cantik.

Coba bacalah kembali kisah Nick Vujicic yang secara fisik bisa dikatakan lemah namun dia tidak menyerah dengan kelemahannya itu. Kekuatannya untuk bangkit dari rasa rendah diri telah menginspirasi jutaan manusia di seluruh pelosok dunia. Kelemahannya justru berbalik arah menjadi sebuah kekuatan yang mahadahsyat. Ia pantang rendah diri. Berbekal kesungguhan dan rasa percaya diri dilamarlah kekasihnya, Kanae. Hingga hari ini, kekasih pujaannya itu menjadi pendamping setianya.

Kamu mungkin hanya sebilah pedang yang tumpul dan berkarat. Dilihat sepintas lalu kamu tak ada artinya apa-apa. Tapi ingatlah, jika pedang yang tumpul tadi berkali-kali menebas, batang kayu yang keras sekalipun akan putus dibuatnya. Itulah makna sebenarnya dari mantera Man Jadda Wajada.

Saya sarankan bersegeralah untuk membaca novel tersebut. Entah dengan cara membelinya, mengangsurnya, atau meminjamnya. Pokoknya, carilah dengan segala cara yang halal agar kamu bisa membacanya. Agar lebih lengkap lagi, tonton juga filmnya. Semoga upaya ini bisa memantik inspirasimu, menyalakan api semangatmu dalam menggapi jodoh yang sudah tampak di pelupuk mata.

Ya, ribuan orang telah merasakan kekuatan dahsyat mantera Man Jadda Wajada. Sekarang tinggal giliranmu untuk membuktikannya.

One Comment

  1. Onang Anisyah Arief says:

    Terima kasih, artikelnya bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*