Lambang Cinta dari Berbagai Penjuru Dunia

LoveCinta adalah emosi kuat yang merasuki sukma setiap insan di alam mayapada ini. Cinta adalah bahasa universal yang siapa pun bisa mengungkapkannya. Di sepanjang sejarah peradaban manusia, cinta juga telah diabadikan dalam berbagai lambang atau simbol. Pesan cinta disampaikan melalui berbagai bentuk dan cara, baik yang bersumber dari asosiasi kuno, takhayul, kesuburan, maupun berasal dari gairah cinta itu sendiri.

Melalui tulisannya: Symbols of Love Around the World Jennifer Maughan mencoba menguraikan simbol-simbol cinta ini dari bebagai budaya yang ada di dunia. Simak saja uraiannya di bawah ini.

Red Heart
Simbol cinta berwujud jantung atau hati berwarana merah ini selama berabad-abad digunakan di seluruh dunia. Red heart adalah wujud keyakinan bahwa jantung atau hati adalah pusat pikiran serta emosi tempat cinta bernaung. sepasang merpatisepasang angsaLambang jantung atau hati dapat terlihat pada benda-benda alam yang kemudian diasosiasikan sebagai lambang cinta, seperti benih tanaman silphium berbentuk hati (herbal kontrasepsi), punggung dan sayap burung merpati (berhubungan dengan Aphrodite, dewi cinta Yunani) dan leher sepasang angsa yang sedang memadu asmara.

Buah Apel
APPLEBuah renyah ini menjadi simbol cinta sejak zaman Yunani kuno. Apel juga melambangkan gairah dan kesuburan. Dahulu kala apel populer dijadikan hadiah pernikahan. Mitologi Yunani menceritakan bagaimana dewa Yunani Dionisius menawarkan apel ke Aphrodite agar dapat meraih kasih sayangnya. Bangsa Celtic percaya bahwa apel mewakili cinta abadi karena buah tersebut bisa bertahan lama setelah dipetik. Di Cina, apel dikaitkan dengan kasih sayang dan pemujaan terhadap cinta yang mendalam.

Daun Maple
mapple leafMeskipun kurang dikenal, daun maple telah lama menjadi simbol cinta di seluruh Asia, terutama di Jepang dan Cina. Di Amerika Utara, daun maple digunakan untuk menghiasi tempat tidur untuk mendorong tidur yang lelap serta kenikmatan intim.

Simpul atau Rajutan Cinta
knotKita bisa menemui budaya di berbagai belahan dunia yang menggunakan simpul atau rajutan rumit dan unik sebagai simbol cinta. Simpul cinta Celtic yang umum digunakan di seluruh Eropa dan Kepulauan Inggris melambangkan sepasang sejoli terikat dalam jalinan cinta tiada akhir. Simpul atau ikatan memang tidak memiliki awal atau akhir. Di daratan arab, para remaja putri juga menggunakannya untuk mengirim pesan cinta rahasia bagi pemuda pujaan hatinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*