Ketika Jatuh Cinta, Sesungguhnya Kita Telah Kehilangan 2 Sahabat

falling in love

Foto: love-is-a-promise.webnode.com

Profesor Robin Dunbar, dari Oxford University menyatakan bahwa nilai sebuah cinta sebanding dengan dua sahabat karib. Artinya, jika seseorang sedang jatuh cinta maka ia akan kehilangan dua teman sekaligus dalam lingkaran kehidupannya.

“ Dua teman dekat adalah harga rata-rata yang akan Anda bayar untuk sebuah cinta,” ujar psikolog kenamaan asal negeri para musisi The Beatles tersebut.

Dari dua sahabat yang menjadi korban jatuh cinta tersebut, salah satunya ditumbalkan untuk memperlancar jalan mendapatkan pasangan baru, sementara yang satunya lagi menghilang karena dicuekin terlalu lama.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa persahabatan dapat layu dengan sendirinya jika tidak ada upaya silaturahmi untuk merawatnya.

Dunbar menyebutkan bahwa setiap orang memiliki “lapisan” yang sangat intim dalam suatu persahabatan karib. Lapisan ini sering dikorbankan manakala seseorang sedang jatuh cinta. Mereka kadang melupakan banyak persahabatan yang sudah terjalin sedemikian lama hanya karena sedang dimabuk asmara.

Dia menduga salah satu alasan orang kehilangan teman ketika jatuh cinta hanyalah dikarenakan jumlah waktu yang banyak tersita untuk sang kekasih barunya.

“Keintiman hubungan dan keterlibatan emosi Anda dengan sang kekasih, berkorelasi sangat erat dengan frekuensi interaksi Anda,” lanjut Profesor Dunbar. “Saat Anda sedang jatuh cinta, yang terjadi adalah Anda begitu sepenuhnya memfokuskan diri pada pasangan romantis Anda. Akhirnya, Anda abai terhadap sahabat yang selama ini dekat dengan Anda sehingga beberapa dari relasi yang telah terjalin baik mulai memburuk.”

Lebih dari 100 pria dan wanita berusia 18-60 mengambil bagian dalam studi tentang korelasi hubungan romantis dan persahabatan tersebut. Meskipun wanita cenderung lebih aktif secara sosial daripada pria, keduanya cenderung kehilangan jumlah teman yang sama ketika menemukan pasangan baru. Padahal lirik lagu Soleram telah mengingatkan:

“Kalau Tuan dapat kawan baru, sayang
Kawan lama dilupakan jangan.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*