Tips Memilih Jodoh

jodoh idamanMasih kebingungan memilih jodoh idaman? Apa saja sebenarnya yang perlu diperhatikan saat memilih jodoh idamanmu? Jika kamu masih kebingungan, mungkin artikel ini dapat membantumu.

Langkah awal dalam memilih jodoh idamanmu mencakup tiga aspek. Pertama, hendaklah kamu meminta kepada Tuhan yang Maha Esa. Bila beragama Islam, bisa dengan cara shalat istikharah agar Allah memilihkan yang terbaik untuk kamu. Yang kedua adalah meminta nasihat dan petunjuk dari orang yang kamu hormati dan memang pengalamannya dalam menilai seseorang dikenal sangat baik, misalnya pada kyai atau ulama. Ketiga, berdoalah. Ini penting karena doa adalah sarana terbaik untuk memohon sesuatu dari yang maha pencipta.

Setelah ketiga hal di atas, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.
• Memahami diri sendiri. Dengan memahami diri sendiri, kamu akan bisa mencari pasangan idaman yang kepribadiannya sesuai dengan kepribadianmu. Dengan begitu, hubungan akan lebih lancar dan komunikasi akan lebih mudah.

• Penampilan bukan hal utama. Terlihat cantik atau ganteng bukan hal terpenting dalam hubungan. Seberapa baik dan cocok kamu dengan orang tersebut sangat penting untuk diperhatikan untuk sebuah hubungan jangka panjang. Jangan lupakan hal tersebut saat memilih jodoh idamanmu.

• Perhatikan sisi positif. Selalu perhatikan sisi positif pasangan dibanding sisi negatifnya. Pilihlah seseorang yang juga mampu melihat sisi positif kamu dibanding sisi negatifmu. Semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Jodoh idaman terbaik adalah orang yang mau dan mampu menerima segala kekurangan sama halnya dengan menerima kelebihan.

• Mampu menghadapi konflik dengan baik. Setiap pasangan pasti pernah berkonflik. Tidak peduli seberapa sering kamu berkonflik dengan pasanganmu, tapi pastikan kalian mampu menyelesaikannya dengan baik. Pilihlah seseorang yang mampu bersama-sama denganmu menyelesaikan konflik yang dihadapi secara bijaksana. Jangan terjebak dalam pola di mana salah seorang harus mengalah sedangkan salah seorang terus menuntut.

• Jangan berasumsi negatif terlebih dahulu terhadap apa pun. Berusahalah untuk tidak membuat asumsi tentang sesuatu yang belum jelas faktanya. Saat memilih pasangan yang tepat sebagai jodoh idaman kamu, bukalah pikiranmu agar tidak terjebak dalam asumsi negatif terlebih dahulu.

• Utamakan kejujuran. Kejujuran adalah dasar dari semua hubungan. Pilihlah pasangan yang jujur sepenuhnya terhadapmu. Dan sebaliknya, jangan pula menyembunyikan suatu hal kepada pasangan yang kamu idamkan menjadi jodohmu. Segala hubungan akan berjalan dengan baik jika didasari dengan kejujuran.

• Terbuka. Agar memperoleh jodoh idaman yang tepat, kamu harus terbuka terhadap segala kemungkinan. Jodoh dapat kamu temukan di mana saja, mulai dari tempat tradisional seperti di bangku kuliah, tempat kerja, dan sebagainya, hingga jejaring sosial dunia maya. Jangan takut untuk mencoba hal baru. Yang terpenting adalah kamu bahagia saat menjalani hubungan dengan pasangan idaman kamu.

Demikian kiranya ulasan mengenai memilih jodoh idaman. Semua tergantung padamu, tinggal pilih mana yang akan menjadi jodoh idaman kamu. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>