Kriteria Jodoh Idaman

Jodoh yang diidamkan

deltafm.net

Siapapun pasti ingin mendapatkan pendamping hidup yang akan membawa keluarganya menjadi ‘rumahku surgaku’. Pasti kamu juga demikian bukan? Mendapatkan jodoh idaman ternyata tidak bisa asal-asalan. Setidaknya kamu perlu tahu, kriteria jodoh idaman seperti apa yang mampu mewujudkan bahtera rumah tangga yang harmonis.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan jodoh idaman, inilah sejumlah kriteria yang harus dipenuhi:

Pertama, baik dalam keimanannya. Ibarat bangunan, iman adalah pondasinya. Jika pondasi tersebut kuat maka kuat pula bangunannya. Bangunan tersebut tidak akan mudah roboh oleh terpaan badai dan hujan. Sebaliknya jika pondasi tersebut rapuh, maka bangunan tadi akan mudah goyah dan bahkan hanjur saat badai datang menerjang. Begitu pula dalam kehidupan. Seseorang dengan keimanan yang kuat akan mampu menghadapi beratnya ujian hidup. Ia pun menjadi sosok yang tangguh dalam menghadapi tantangan, tidak mudah menyerah di saat gagal, dan senantiasa menyerahkan urusan hidupnya pada Sang Pencipta. Keimanan adalah rahasia kekuatan terdahsyat yang ada pada diri manusia manusia.

Kedua, bertanggung jawab. Pendamping hidup yang bertanggung jawab memiliki kepedulian terhadap kondisi keluarganya. Ia akan berusaha keras agar rumah tangganya bisa berjalan harmonis dan langgeng.

Ketiga, penyayang. Rumah tangga yang dirawat dengan kasih sayang ibarat tanaman yang selalu disirami dan diberi pupuk. Ia akan tumbuh subur dan memberikan hasil berlimpah. Begitu pula dalam kehidupan rumah tangga. Kasih sayang bisa menghapuskan dendam, kemarahan, dan prasangka buruk. Kasih sayang akan mengokohkan bahtera rumah tangga dalam mengarungi luasnya samudera kehidupan yang penuh badai.

Keempat, berilmu. Pendamping hidup yang memiliki ilmu pengetahuan ibarat lentera dalam kegelapan. Ia mampu membimbing pasangannya menuju cahaya kebaikan.

Kelima, penyabar. Dengan sabar, siapapun bisa berpikir lebih rasional. Sebaliknya jika amarah mengusai jiwa seseorang, maka ia tidak akan mampu berpikir jernih ketika hendak mengambil keputusan. Bagi orang yang penyabar, ia mampu mengendalikan kemarahannya dengan baik. Ia tidak mudah terbawa emosi dan bisa berpikir rasional.

Keenam, setia. Kesetiaan bisa diartikan kesiapan untuk mengarungi bahtera rumah tangga bersama-sama, baik dalam keadaan suka maupun duka. Dengan kesetiaan, masing-masing bisa saling menghargai kelebihan dan kekurangaan yang ada pada dirinya.

Setelah kamu mengetahui sejumlah kriteria jodoh idaman tersebut, bisa jadi kamu berpikir ‘tak ada yang sempurna dalam hidup ini’. Ya, betul sekali. Memang tidak ada pendamping hidup yang sempurna. Namun setidaknya kamu bisa mengupayakan mewujudkan kriteria tersebut pada dirimu terlebih dulu. Baru kemudian kamu bisa berharap mendapatkan jodoh idaman yang seperti itu. Jika kamu mampu mewujudkan kriteria jodoh idaman dalam dirimu, niscaya Tuhan juga akan bermurah hati. Dia pasti akan memberikan jodoh yang terbaik bagimu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*