unsur intrinsik dalam novel habibie dan ainun

7 Resep Keutuhan Cinta Habibie-Ainun

7 Resep Keutuhan Cinta Habibie-Ainun

Setelah sekian lama menyimak kisah perjalanan B.J. Habibie dan Ainun, saya berkesimpulan bahwa terdapat 7 perekat keduanya sehingga cinta mereka benar-benar fenomenal. Ketujuh perekat tersebut adalah:

Bersyukurlah, Ada Setan dalam Kehidupan Kita!

Bersyukurlah, Ada Setan dalam Kehidupan Kita!

Setiap kisah dan sejarah selalu mengandung unsur hitam putih: ada tokoh protagonis ada pula tokoh antagonis. Rasulullah SAW hidup dalam rintangan tokoh Abu Jahal dan Abu Lahab. Nabi Yusuf AS dijahati oleh saudara-saudara kandungnya. Nabi Musa AS harus berhadapan dengan kekejaman Firaun beserta balatentaranya.

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Februari silam saya membaca berita tentang rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan menerapkan mekanisme penggajian model baru untuk para pegawai negeri sipilnya. Dalam mekanisme terbaru tersebut, gaji para PNS dibayarkan langsung melalui rekening istrinya masing-masing.

Kisah Cinta Ardina Rasti-Eza Gionino, Jerat Asmara?

Kisah Cinta Ardina Rasti-Eza Gionino, Jerat Asmara?

“Jangan biarkan dirimu terperangkap dalam jerat asmara.” Kalimat itu pernah didengungkan istri saya kepada anak perempuan kami satu-satunya. “Seperti apakah langkah konkret menghindar dari jerat asmara itu?” Tiba-tiba saja terbersit dalam pikiran saya pertanyaan seperti itu. Dan alhamdulillah, sepertinya istri saya faham sekali dengan pertanyaan yang masih nyangkut di kepala […]

Man Jadda Wajada

Man Jadda Wajada

Sudahkah membaca novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara? Dan kalau mau lebih lengkap lagi tontonlah filmnya. Siapa pun yang membaca novel tersebut ataupun yang telah melihat filmnya tentu akan berpendapat sama dengan saya bahwa kesungguh-sungguhan akan membuahkan hasil yang sangat mencengangkan.

diarihati.com

Mencari Jodoh di Pesantren

Alhamdulillah, setelah menamatkan novel Negeri 5 Menara dan menonton filmnya, dua anak saya dengan senang hati bergabung menjadi santri di pondok modern Gontor. Hampir seminggu sekali saya menengok mereka berdua. Kesempatan ini telah membuka cakrawala pengetahuan saya tentang kehidupan di dalam pesantren.

Durjana Penghuni Dunia Maya, Hati-hati!

Durjana Penghuni Dunia Maya, Hati-hati!

Ini sebenarnya kisah lama. Tapi, tak ada salahnya diungkap kembali sebagai sarana pengingat kepada kita semua agar lebih waspada terhadap tindak kejahatan melalui dunia maya. Tersebutlah dalam kisah pada tahun 2011, seorang janda pengusaha yang kaya raya. Bertahun-tahun RN (sang janda itu) mendambakan pendamping hidup.

Ribetnya Bahasa Cewek

Ribetnya Bahasa Cewek

Di antara sekian banyak bahasa yang tersebar di dunia ini, bagi saya, yang paling sulit difahami hanyalah bahasa perempuan. Saking sulitnya, beberapa di antara rangkaian kalimat yang dahulu pernah dilontarkan beberapa perempuan, baru bisa terungkap maknanya dengan lengkap setelah saya berumah tangga. Bahkan, masih banyak lagi kalimat yang masih menggantung […]

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Anda yang telah tamat membaca Rantau 1 Muara, Novel ke-3 dari trilogi Negeri 5 Menara, tentunya bisa menangkap rasa bimbang yang melanda tokoh utama dalam cerita tersebut. Ketika istri sang tokoh rindu sanak saudara di tanah air dan berkeinginan segera meninggalkan Washington DC, ada keraguan yang menyelimuti hatinya. Maklum saja, […]

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Kata Mario Teguh, yang menjauhkan jodoh seseorang itu bukan karena buruk rupanya melainkan buruk prilakunya. Memang demikian kenyataannya. Saya sendiri sebagai seorang yang buruk rupa pada kenyataannya bisa menemukan jodoh. Jodoh saya ini banyak dipuji sebagai seorang perempuan cantik dan menarik. Bukan saya saja lho yang mengakui kualitas unggulnya, yang […]

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

“Hidup bukan rentetan kenikmatan belaka. Kadang kita butuh kegagalan untuk memahami betapa nikmatnya keberhasilan.”