tips mendapat jodoh

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

”We choose to go to the moon…we choose to go to the moon not because it is easy, because it’s hard..” (John F. Kennedy)

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Rabu (19/3), saat menerima Anugerah PWI Jatim 2014 di Hotel Shangrila Surabaya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyampaikan keprihatinannya tentang miskinnya bangsa kita dalam menghargai orang lain.

Konsisten

Konsisten

Tak ada perbuatan sangat terpuji, kecuali perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten. Bersedekah lima ribu rupiah yang dilakukan secara konsisten, misalnya, jauh lebih baik daripada bersedekah lima juta tapi hanya sekali saja dalam seumur hidup.

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Seseorang yang bermimpi mencapai kesuksesan tetapi tidak mendekati jalan kesuksesan itu, menurut Penyair Bahar Basith dalam syairnya, ibarat mengayuh perahu di tempat kering.

Ujian di Masjid Nabawi

Ujian di Masjid Nabawi

Selasa dinihari, 15 April 2014, Masjid Nabawi Madinah al-Munawarah mulai terlihat sibuk dengan jamaah yang sedang melaksanakan shalat malam. Di shaf tak begitu jauh dari Raudhah (tempat mustajab untuk berdoa), saya dan bapak saya menghikmati suasana tersebut sambil tadarus al-Quran.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Meneropong Jodoh dengan Mata Hati

Meneropong Jodoh dengan Mata Hati

Subuh kemarin, ustad yang biasa mengisi ceramah di surau kami menjelaskan tentang pandangan hati kita yang kian buruk akhir-akhir ini. Katanya kita sudah tidak bisa lagi leluasa meneropong setiap peristiwa dengan mata hati kita. Penyebabnya, lensa mata hati itu telah tertutup rapat oleh bayang-bayang duniawi semata. Dalam meneropong jodoh pun […]

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Adakah hubungan yang terjalin di antara tukang tahu dengan jodoh? Jelas tak ada. Meskipun demikan, ketika tiba di daerah Balongbendo dalam perjalanan pulang dari Pondok Modern Gontor menuju ke Surabaya, saya menemukan sedikit hubungan itu.

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Ini Lho yang Disebut Orang Kaya Sejati Itu

Ini Lho yang Disebut Orang Kaya Sejati Itu

Kalian mendambakan menikah dengan seseorang yang kaya raya? Sesungguhnya gampang sekali untuk mewujudkannya. Di permukaan bumi ini banyak berkeliaran orang-orang yang kaya raya. Pikirmu, ”Ini beneran tah?” Sebanyak itukah jumlah orang kaya di sekitar kita? Ya, ada ribuan bahkan jutaan orang-orang kaya raya yang dapat kita temui setiap hari. Kawan, […]

Kawan Sepergaulan Kita dan Pengaruhnya

Kawan Sepergaulan Kita dan Pengaruhnya

Sering tidak kita sadari, sesungguhnya teman sepergaulan kita turut memberikan citra tentang siapa kita sebenarnya. Mungkin karena pertimbangan itulah Sunan Bonang dalam tembang Tombo Ati mengingatkan: “Wong kang sholeh kumpulono.” Jika kita sering berkumpul dengan orang-orang saleh, paling tidak kita akan kecipratan citra kesalehan mereka. Rasulullah bahkan dengan jelas menyampaikan […]

Tepo Seliro

Tepo Seliro

Tahun lalu ipar saya diajak tetangganya untuk berkunjung ke saudaranya di luar kota. Karena acaranya sangat mendadak, ipar saya tidak sempat makan siang terlebih dahulu sebelum berangkat menempuh perjalanan panjang tersebut.

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Kata Jacob Oetama, setiap setiap orang yang kita temui memiliki peran dalam upaya mepercerah (enlightment) dan memperkaya (enrichment) kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali membentengi diri saat kita berkesempatan berbincang-bincang dengan orang-orang di sekeliling kita. Dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Renungkan. Lalu, yakini bahwa semua saran, petuah, dan […]

Memilih Jodoh ala Lebai Malang

Memilih Jodoh ala Lebai Malang

Pernah mendengar cerita Lebai Malang? Wah, sayang sekali kalau belum pernah mendengar dongeng dari Ranah Minang itu. Baiklah, kalau belum pernah mendengarnya, akan saya ceritakan ringkasannya.

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Ustad yang biasa mengisi pengajian di surau kami bercerita bahwa dari kesulitan yang kita hadapi sebenarnya akan mengalir sebuah kemudahan. Barangkali kesulitan itulah yang bisa disamakan dengan harga yang harus kita bayar untuk kemudahan yang kita nikmati.

Biarkan Para Calon Mertua Menilai Kita

Biarkan Para Calon Mertua Menilai Kita

Saya sedang belajar kesungguhan dan keikhlasan kepada seorang kawan. Dia seorang kepala museum. Saat ini dia tengah mendapat promosi. Pangkatnya akan segera naik mendahului teman seangkatannya, bahkan menyalip beberapa seniornya.

Rohah

Rohah

“Setiap hari saya hanya bisa berpapasan dan ber- say hello saja dengan suami saya. Saat saya bangun dia dalam kondisi tidur. Sebaliknya, saat saya tertidur, dia sedang bekerja keras di depan laptopnya.” Itulah keluhan yang saya terima dari seorang kawan yang sukses meraih impiannya menjadi seorang istri pengusaha kaya raya.

Jodoh Kita Sesungguhnya Sedang Berhadapan dengan Kita

Jodoh Kita Sesungguhnya Sedang Berhadapan dengan Kita

“Siapakah orang terdekat kita? Dia adalah orang yang sering berhadap-hadapan dengan kita. Orang terdekat kita adalah orang yang bisa kita tatap dengan sepenuh pandangan mata kita.”