tanda tanda dia jodoh dari allah swt

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

Konsisten

Konsisten

Tak ada perbuatan sangat terpuji, kecuali perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten. Bersedekah lima ribu rupiah yang dilakukan secara konsisten, misalnya, jauh lebih baik daripada bersedekah lima juta tapi hanya sekali saja dalam seumur hidup.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Ujian di Masjid Nabawi

Ujian di Masjid Nabawi

Selasa dinihari, 15 April 2014, Masjid Nabawi Madinah al-Munawarah mulai terlihat sibuk dengan jamaah yang sedang melaksanakan shalat malam. Di shaf tak begitu jauh dari Raudhah (tempat mustajab untuk berdoa), saya dan bapak saya menghikmati suasana tersebut sambil tadarus al-Quran.

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Keinginan untuk memberangkatkan orang tua melaksanakan ibadah umroh, bahkan ibadah haji, sesungguhnya telah lama bersemi di hati. Tapi, keberanian itu nyaris tak pernah ada. Pokoknya, saya gak PD-lah! Permasalahan utamanya: Dari mana saya harus menyediakan dana yang tak kurang dari US$2000 itu? Jika harus mulai menabung, rasanya gak mungkin. Untuk […]

Tepo Seliro

Tepo Seliro

Tahun lalu ipar saya diajak tetangganya untuk berkunjung ke saudaranya di luar kota. Karena acaranya sangat mendadak, ipar saya tidak sempat makan siang terlebih dahulu sebelum berangkat menempuh perjalanan panjang tersebut.

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Adakah hubungan yang terjalin di antara tukang tahu dengan jodoh? Jelas tak ada. Meskipun demikan, ketika tiba di daerah Balongbendo dalam perjalanan pulang dari Pondok Modern Gontor menuju ke Surabaya, saya menemukan sedikit hubungan itu.

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Jauh Panggang dari Api

Jauh Panggang dari Api

Berpindah ke lain hati dengan tujuan demi gengsi, harga diri, dan masa depan sedang dilakukan teman saya. Tadinya dia berpacaran dengan cowok dari kelas akar rumput. Kantongnya kering. Duitnya cekak. Jarang nraktir lagi. Kalaupun ngajak makan paling banter di warung tenda kaki lima. Nah, berikutnya dia tertarik bujuk rayu cowok […]

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Ahad pagi 15 Desember 2013 udara cerah memenuhi halaman Gedung Robitoh Pondok Modern Gontor Ponorogo yang luas itu. Dalam balutan cahaya ramah sang mentari, saya menyaksikan sendiri bagaimana K.H. Syukri Zarkasyi melakukan latihan terapi. Dengan tekun Beliau melakukan setiap instruksi yang disampaikan oleh dua orang ustad yang mendampinginya. Sesekali Beliau […]

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Setiap orang hidup dengan masa lalunya masing-masing. Ada yang cerah,  tapi tak sedikit pula yang buram. Tak perlu risau jika kita meninggalkan masa lalu yang kelam. Insya Allah, orang tidak begitu peduli dengan masa lalu tersebut selama kita menunjukkan itikad baik: bertobat dan terus berupaya memperbaiki diri.

Seberapa Besar Rasa Percaya Kita kepada-Nya?

Seberapa Besar Rasa Percaya Kita kepada-Nya?

Saya hendak mengajukan sebuah pertanyaan, tapi tolong jawablah dengan jujur, ya. Seberapa besar rasa percaya kita kepada Tuhan? Benarkah kita telah menyerahkan hidup dan mati kita kepada-Nya secara utuh? Yakinkah bahwa rasa percaya kita kepada-Nya tidak pernah luntur?

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Ba’da shalat subuh Sabtu pagi itu ustad yang biasa memimpin kajian tafsir di surau kami membahasa Surat Al-Fil. Dikisahkan dalam firman Allah tersebut tentang rasa iri Raja Abrahah terhadap keberadaan Ka’bah. Penguasa Yaman itu merasa heran sebab warganya memilih berangkat berbondong-bondong ke Hijaz untuk berkunjung ke Baitullah. Pikirnya, seandainya di […]

Memilih Jodoh ala Lebai Malang

Memilih Jodoh ala Lebai Malang

Pernah mendengar cerita Lebai Malang? Wah, sayang sekali kalau belum pernah mendengar dongeng dari Ranah Minang itu. Baiklah, kalau belum pernah mendengarnya, akan saya ceritakan ringkasannya.

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

Katanya, Inilah Tanda-tanda Jodoh Idaman Kita

Katanya, Inilah Tanda-tanda Jodoh Idaman Kita

Bahasan kali ini adalah mengenai tanda-tanda jodoh idaman kita. Memangnya ada ya, tanda-tanda yang bisa menunjukkan bahwa seseorang itu adalah jodoh idaman kita? Jangan salah, topik ini bahkan pernah dibahas secara ilmiah loh! Ayo kita intip apa saja poin penting dalam tanda-tanda jodoh idaman ini.

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Elek Gak Opo-opo; Sing Penting Gati!

Elek Gak Opo-opo; Sing Penting Gati!

Oh Tuhan, 25 tahun yang lalu saya tahu pasti kalau dia menjadi bintang di kampus kami. Puluhan lelaki memujanya sebagai seorang bidadari baru turun dari kahyangan. Ada yang mengabadikan kecantikannya lewat bait-bait puisi. Ada yang menggoreskan kemolekannya di atas kanvas. Tak sedikit yang hanya mampu sebatas menelan ludah untuk sekedar […]

6 Tanda Jatuh Cinta

6 Tanda Jatuh Cinta

Apakah dirimu sedang jatuh cinta? Perhatikan saja tanda-tandanya. Jika perasaanmu itu sesuai dengan satu di antara 6 tanda berikut ini, berarti tidak perlu diragukan lagi, kamu sedang benar-benar jatuh cinta.

Cowokmu, Anak Mama-kah Dia?

Cowokmu, Anak Mama-kah Dia?

Ada sejumlah pria yang dikategorikan sebagai seorang anak mama. Cowok-cowok ini terjerat dalam hubungan emosinal dengan ibunya melebihi batas kewajaran.