primbon membangun rumah tahun 2013

Membangun Istana untuk Sang Jodoh

Membangun Istana untuk Sang Jodoh

Seorang kawan yang ditakdirkan hingga usianya telah mencapai kepala 4 belum bertemu dambaan hati, datang bertandang ke kantor saya. Disampaikannya bahwa ia berniat untuk mencicil rumah. Waduh, sebuah langkah yang maju saya kira. Ini adalah bentuk rasa optimisme dan sebuah bentuk kepercayaan penuh kepada Tuhan bahwa suatu saat Tuhan akan […]

House for Sale

House for Sale

Tak seperti biasanya, acara bercengkrama keluarga kami diwarnai isak tangis istri saya. Pendamping hidup saya itu bercerita tentang kesepakatan yang telah ditetapkan di antara dirinya dengan saudara-saudaranya mengenai rumah warisan orang tuanya. Ya, rumah itu kemungkinan akan segera dijual dan berpindah tangan kepada seseorang yang bukan kerabatnya.

Segera Tinggalkan Rumah Ortu Setelah Menikah!

Segera Tinggalkan Rumah Ortu Setelah Menikah!

Bagai disambar petir di siang bolong, saya kaget mendengar berita yang disampaikan oleh istri saya. Sungguh tidak percaya, pernikahan keponakan kami harus berakhir dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Padahal, kalau mengingat berlangsungnya resepsi pernikahannya, sungguh jauh dari perkiraan bakal berakhir dalam tempo sesingkat itu.

Cinta yang Berdiri di Atas Pondasi Keikhlasan

Cinta yang Berdiri di Atas Pondasi Keikhlasan

Medio Desember 2004, ketika gempa berkekuatan 9,5 SR yang disertai gelombang pasang tsunami meluluhlantakkan sebagian besar Bumi Serambi Mekah, tak ada bangunan kokoh yang bisa bertahan. Seluruhnya porak poranda; rata dengan tanah. Namun, di antara reruntuhan itu terdapat beberapa bangunan masjid yang yang tak goyah oleh hempasan bencana dahsyat tersebut.

Ruarrrr Biasa, 87 Tahun Rumah Tangga Mereka Tetap Bahagia!

Ruarrrr Biasa, 87 Tahun Rumah Tangga Mereka Tetap Bahagia!

“Ruaarrr biasa!” Ucapan spontan itu meluncur begitu saja dari mulut saya ketika membaca berita tentang pasangan suami istri Karam (107) dan Katarai Chand (100) yang telah 87 tahun membina rumah tangganya dengan bahagia.

Jangan Berhenti Ber-Resolusi

Jangan Berhenti Ber-Resolusi

Tahun 2011 lalu mungkin kamu menyampaikan resolusi agar jodohmu hadir pada tahun 2012 ini. Namun, hingga tahun 2012 ini menjelang berakhir, keinginanmu itu belum juga terwujud. Anggap saja ini semua sebagai proses seleksi yang sedang Tuhan lakukan agar jodohmu benar-benar bisa seiring sejalan denganmu.

Dua Jenis Perlakuan Berbeda

Dua Jenis Perlakuan Berbeda

Di Photos That Shook The World kembali saya menemukan foto yang sangat menyentuh sisi prikemanusiaan siapa pun. Foto tersebut menceritakan bagaimana kita memperlakukan dua jenis hewan berbeda. Sapi sebagai hewan ternak dikarenakan identik dengan rendang, sate, gulai, atau steak sehingga dalam memperlakukannya sangat minim keterlibatan perasaan. Seperti dapat dilihat pada […]

Siapakah Sahabat Sejatimu?

Siapakah Sahabat Sejatimu?

Siapakah atau apakah yang dimaksud dengan sahabat sejati? Dia adalah seseorang yang masih tetap bertahan mendampingi kita saat kita sedang terpuruk dan merasa tak berdaya dengan ujian hidup. Alhamdulillah, dari sekian sahabat yang saya miliki saat ini sebagian dapat dikategorikan sebagai sahabat sejati. Kepedulian mereka terhadap saya jauh melampaui dugaan […]

Bang Toyib di Sekitar Kita

Bang Toyib di Sekitar Kita

Bang toyib Bang toyib Kenapa tak pulang pulang anakmu anakmu panggil panggil namamu

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Tuhan mempertemukanmu dengan jodohmu, saat jenjang pernikahan telah ditempuh, terjadilah peristiwa yang sangat melukai parasaan pasanganmu. Karena khilaf dan alasan tetek bengek lainnya, kamu berselingkuh.  Dan rasa percaya terhadapmu pun tiba-tiba hilang dalam dirinya.

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Keinginan untuk memberangkatkan orang tua melaksanakan ibadah umroh, bahkan ibadah haji, sesungguhnya telah lama bersemi di hati. Tapi, keberanian itu nyaris tak pernah ada. Pokoknya, saya gak PD-lah! Permasalahan utamanya: Dari mana saya harus menyediakan dana yang tak kurang dari US$2000 itu? Jika harus mulai menabung, rasanya gak mungkin. Untuk […]

Karakter Shio Ular

Karakter Shio Ular

Pada dasarnya orang-orang yang dilahirkan di bawah naungan shio ular hampir sama karakternya dengan orang-orang yang dilahirkan di bawah naungan shio kelinci. Dia cenderung tenang; sangat jauh dari sikap serampangan dalam memecahkan suatu masalah. Setiap persoalan dihadapinya dengan kepala dingin lalu dijalaninya dengan perlahan namun pasti.

Kekerasan Berselubung Cinta

Kekerasan Berselubung Cinta

Amuk massa di mana-mana. Mulai dari persoalan kekecewaan atas hasil pemilukada, sengketa tanah, sampai urusan saling ejek antarpemuda kampung, hampir selalu berakhir pada amuk massa.

Fenomena Jatuh Cinta ala Dunia Maya

Fenomena Jatuh Cinta ala Dunia Maya

Seorang teman mengungkapkan kegalauan hatinya. Beberapa waktu lalu ia berkenalan dengan seseorang di facebook. Setelah sekian lama berteman, mereka pun kemudian saling menyapa dan mengungkapkan perasaannya masing-masing via inbox. Gayung pun bersambut, maka jadilah mereka berdua berpacaran.

Kado Istimewa Buat si Dia

Kado Istimewa Buat si Dia

Coba hitung, berapa kali selama ini kamu memberikan kado untuk si dia? Ah, jangan-jangan belum pernah sama sekali. Bisa jadi kamu masuk ke dalam clan  keked mengkene (pedit, pelit, tjap djahe, dst.).

Kisah Ibu Muda yang Menghabisi Ke-4 Buah Hatinya

Kisah Ibu Muda yang Menghabisi Ke-4 Buah Hatinya

Maaf sedikit lebay, kali ini saya menulis postingan sambil membendung air mata agar tak sempat mengalir di pipi. Ingatan saya menerawang pada kejadian mengenaskan empat tahun lalu. Waktu itu Junania Mercy 37 tahun, seorang ibu muda asal Malang, Jawa Timur, tega meracuni keempat anaknya.

Kesetaraan Ciptakan Komunikasi Penuh Kehangatan

Kesetaraan Ciptakan Komunikasi Penuh Kehangatan

Pengalaman paling membanggakan sekaligus mengharukan bagi seorang prajurit adalah bisa duduk setara dengan Panglima tertingginnya. Ya, pengalaman itulah yang saya rasakan Jumat 3 Mei lalu. Kami para prajurit dari matra darat, laut, dan udara yang bergabung dalam Latihan Gabungan TNI 2013 bisa duduk sejajar dengan Panglima tertinggi kami yaitu Presiden […]

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Sumpah! Kata meritokrasi ini sama sekali tidak berkaitan dengan labil ekonomi ataupun statutisasi kemakmuran yang nyaris mengkudeta hati Vicky Praseyo. Kata “aneh” itu saya peroleh saat membaca berita tentang kehidupan Lee Kuan Yew yang beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-90.  Pendiri Singapura ini lahir  16 September 2013.

Cintalah yang Membuat Kita Kreatif

Cintalah yang Membuat Kita Kreatif

Anak ragil kami baru saja dikhitan. Dalam seminggu ini aktivitasnya rada menurun. Maklum, setiap kali berdiri dan melangkahkan kaki, kain sarung yang dikenakannya akan bersentuhan dengan alat vitalnya. Tentu saja hal ini menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Mewariskan Kesusahan, Janganlah!

Mewariskan Kesusahan, Janganlah!

Apakah kamu hari ini sedang bokek? Lebih dari seminggu uang kiriman orang tua tak kunjung datang? Padahal harus segera melunasi uang kost serta harus segera melunasi SPP yang yang masih menunggak. Apakah kamu masih menyandang status mahasiswa yang hidup tersaruk-saruk di perantauan? Makan sekenanya hingga terancam penyakit tipus?