pertanyaan pertanyaan untuk mengetahui kepribadian seseorang

Kepribadian Berdasarkan Huruf Pertama pada Nama

Kepribadian Berdasarkan Huruf Pertama pada Nama

Ilmu menguatak-atik huruf, menurut Hoeda Manis, sejatinya sudah ada sejak zaman Pythagoras masih hidup. Filsuf inilah yang memperkenalkannya untuk pertama kali.  Adakah hubungannya antara huruf pertama pada nama seseorang dengan karakter yang bersangkutan? Jawabannya sangat variatif tentunya. Bagi kalian yang percaya maupun tidak percaya akan hal ini, anggaplah ini semua […]

Foto: www.baliweddingpackages.com

Jawaban Bermakna Doa untuk Pertanyaan tentang Jodoh

Menjelang usia 30 tahun dan masih sendiri. Apakah kamu termasuk salah satu di antara orang-orang dalam golongan usia ini? Jika ya, kamu pasti sangat sering mendapatkan pertanyaan sejenis ini, “Kapan nih, mau mengakhiri masa lajang?”

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Rabu (19/3), saat menerima Anugerah PWI Jatim 2014 di Hotel Shangrila Surabaya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyampaikan keprihatinannya tentang miskinnya bangsa kita dalam menghargai orang lain.

Di Antara Pilihan Cinta dan Benci

Di Antara Pilihan Cinta dan Benci

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al Baqarah 2:216)

Ingat Kekurangan; Lupakan Kelebihan

Ingat Kekurangan; Lupakan Kelebihan

Dalam menjalani hidup dan kehidupan ini kata Gus Mus, yang dikutip dari Ibrahim bin Juneid, kita mesti menggunakan dua buah cermin: satu cermin untuk melihat kekurangan kita; satu lagi untuk melihat kelebihan orang lain.

Ah, Jangan Kau Sepelekan Dia!

Ah, Jangan Kau Sepelekan Dia!

Tak ada jaminan bahwa cewek cantik lebih enteng jodohnya dibandingkan dengan cewek yang segala sesuatunya serba pas-pasan. Bagi kamu yang dikarunia Tuhan tubuh semampai, wajah elok, dan daya pikat yang luar biasa, janganlah sombong dan mengerdikan arti kehadiran temanmu yang fisiknya diliputi kekurangan. Sebaliknya, bagi kalian yang memang segala sesuatunya […]

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Kepribadian Berdasarkan Tanggal Kelahiran

Kepribadian Berdasarkan Tanggal Kelahiran

Katanya tanggal kelahiran turut menentukan watak seseorang. Boleh percaya; tidak pun gak apa-apa. Anggaplah ini semua sebagai selingan hidup. Jangan terus merasa terbebani karena ini semua berdasarkan tebakan belaka. Jika kamu merasa bahwa tulisan ini tak ada manfaatnya sama sekali, saya sarankan cukup sampai di sini saja kamu membacanya. Jangan […]

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Keinginan untuk memberangkatkan orang tua melaksanakan ibadah umroh, bahkan ibadah haji, sesungguhnya telah lama bersemi di hati. Tapi, keberanian itu nyaris tak pernah ada. Pokoknya, saya gak PD-lah! Permasalahan utamanya: Dari mana saya harus menyediakan dana yang tak kurang dari US$2000 itu? Jika harus mulai menabung, rasanya gak mungkin. Untuk […]

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

Kepribadian dan Jodoh

Kepribadian dan Jodoh

Mendapatkan jodoh idaman sesuai dengan kepribadian kamu dan dia adalah rezeki nomplok. Tentu saja, hal tersebut menjadi keberuntungan kamu ketika kamu mendapatkan jodoh idaman dengan kepribadian yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Memang banyak yang mengatakan bahwa jodoh seseorang tidak jauh dengan kepribadian orang tersebut. Maka ketika kamu ingin mendapatkan […]

Tipe Kepribadian Mana yang Cocok Untukmu?

Tipe Kepribadian Mana yang Cocok Untukmu?

Mendapatkan jodoh idaman yang cocok untuk kita itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau kita ternyata orang yang susah menerima sikap yang kurang cocok dengan kita. Atau juga sebaliknya, kita cocok dengan seseorang, namun si calon jodoh idaman kita termasuk orang yang susah menerima sikap kita yang menurutnya kurang cocok.

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

Jika hingga hari ini keinginanmu untuk menghadirkan seorang kekasih dalam kehidupanmu masih belum juga menjadi kenyataan, maka tetap bersabarlah. Namun demikian, bersabar bukanlah dalam pengertian diam terpaku sambil melipat kedua tanganmu di depan dada. Kamu harus terus berusaha dan pantang menyerah. Sebelum melangkah lebih jauh dalam kerangka mendapatkan cintamu, ada […]

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Menangis. Itulah yang dilakukan ayah saya ketika bertemu anak saya yang sedang mondok di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Sebagai seorang kakek yang penuh welas asih, hatinya tidak tega melihat cucunya dalam kondisi hidup penuh prihatin.

Saat Dihina, Sesungguhnya Kita Sedang Naik Derajat

Saat Dihina, Sesungguhnya Kita Sedang Naik Derajat

Di Afrika Selatan Mahatma Gandhi pernah dicampakkan dari gerbong kelas satu oleh seorang kondektur padahal ia memegang tiket kelas satu kereta api tersebut. Barang bawaannya dilemparkan begitu saja hingga berserakan di mana-mana. Kesalahannya hanya satu: Mahatma Gandhi ditakdirkan sebagai seorang kulit berwarna. Bukan seorang kulit putih.

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Kata Jacob Oetama, setiap setiap orang yang kita temui memiliki peran dalam upaya mepercerah (enlightment) dan memperkaya (enrichment) kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali membentengi diri saat kita berkesempatan berbincang-bincang dengan orang-orang di sekeliling kita. Dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Renungkan. Lalu, yakini bahwa semua saran, petuah, dan […]

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Istri saya pernah bercerita bahwa dulu ketika masih kuliah pernah kesengsrem pada seniornya. Dia adalah mahasiswa aktivis kampus seperti dirinya. Sesungguhnya si cowok itu biasa-biasa saja penampilannya. Lantas, sisi mana yang telah membuat istri saya waktu itu begitu mengidolakannya?

Konsisten

Konsisten

Tak ada perbuatan sangat terpuji, kecuali perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten. Bersedekah lima ribu rupiah yang dilakukan secara konsisten, misalnya, jauh lebih baik daripada bersedekah lima juta tapi hanya sekali saja dalam seumur hidup.

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Seberapa Besar Rasa Percaya Kita kepada-Nya?

Seberapa Besar Rasa Percaya Kita kepada-Nya?

Saya hendak mengajukan sebuah pertanyaan, tapi tolong jawablah dengan jujur, ya. Seberapa besar rasa percaya kita kepada Tuhan? Benarkah kita telah menyerahkan hidup dan mati kita kepada-Nya secara utuh? Yakinkah bahwa rasa percaya kita kepada-Nya tidak pernah luntur?