perjodohan menurut islam

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Nikah yang Paling Besar Berkahnya Adalah yang Murah Maharnya

Nikah yang Paling Besar Berkahnya Adalah yang Murah Maharnya

Urusan mahar telah menyebabkan seorang kawan tak henti-henti memijit-mijit dahinya. Ia mengeluh dan terus mengeluh saja. Puntung rokok sudah bertumpuk di asbak. Entah sudah berapa batang rokok yang telah dihisapnya untuk mencairkan rasa galau yang menyelimuti hatinya.

Haruskah Menerima Perjodohan?

Haruskah Menerima Perjodohan?

Melihat kamu sudah bekerja dan cukup umur, orang tuamu pasti berharap kamu bisa segera mendapatkan jodoh idaman. Namun apa jadinya jika ternyata kamu masih bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa mencari jodoh idaman tersebut? Pastilah mereka gelisah. Mereka khawatir kamu hanya bersikap pasif dan tidak berusaha. Jadi jangan heran bila akhirnya […]

Foto: ilu-imu.blogspot.com

Dijodohkan, Siapa Takut?

Hari gini dijodohkan? Seperti zaman Siti Nurbaya saja. Itulah tanggapan yang umumnya akan diberikan ketika seseorang mendengar kata dijodohkan atau perjodohan. Namun, tidak ada salahnya kamu mengkaji ulang pernyataan ini. Benarkah perjodohan itu selalu buruk? Tidak adakah sisi positif yang dapat dipetik dari perjodohan?

Ujianlah yang Menjadikan Kita Lebih Mulia

Ujianlah yang Menjadikan Kita Lebih Mulia

Terdapat 130 gunung berapi dalam kategori aktif di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Surono, Kepala Pusat Badan Geologi Kementrian ESDM,  ini merupakan anugerah tersendiri bagi bangsa kita. Bayangkan, sendainya tidak ada gunung api tersebut, Indonesia hanya dikenal sebagai negeri dengan daratan berupa karang mati. Tak akan ada kesuburan di sepanjang permukaan […]

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan jodoh idaman yang sesuai kriteria, bagi sebagian orang merupakan hal yang susah. Namun tenang saja, semua itu ada jalan keluarnya. Agama Islam pun mengajarkan untuk tetap berusaha dan bertawakal untuk mendapatkan jodoh idaman kita.

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Para jomblo yang budiman, mulai hari ini jika menerima undangan pernikahan mohon untuk memenuhinya sebab sangat besar hikmah yang terkandung di dalamnya. Hikmah tersebut baru-baru ini terungkap melalui sebuah survey yang dilakukan di Inggris. Lebih dari separuh responden perempuan dalam survey tersebut mengakui bahwa mereka hadir dalam undangan pernikahan semata-mata […]

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Ramadahan adalah bulan penuh berkah bagi kita semua. Tak terkecuali buat para jomblo senior yang sudah bolak-balik ditanya ortu atau pun sanak saudara tentang kapan akan mengakhiri masa lajangnya. Yes, buat kalian para jomblowan dan jomblowati, Ramadhan bisa menjadi momen terbaik untuk meraih jodoh yang selama ini diimpikan, alasannya:

Pada Situasi Seburuk Apa Pun Kita Tidak Boleh Menyerah

Pada Situasi Seburuk Apa Pun Kita Tidak Boleh Menyerah

Selama setahun Jose Salvador Alvarenga terkatung-katung di Samudera Pasifik.  Nelayan asal Elsalvador tersebut pada 21 Desember 2012 bersama seorang rekannya berlayar untuk berburu hiu.

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Ta’aruf adalah suatu proses pengenalan antara seorang laki-laki dan perempuan yang berniat suci mendapatkan jodoh dan berniat melangsungkan proses pernikahan dengan cara yang halal. Jangan bayangkan ta’aruf seperti halnya pacaran. Dalam ta’aruf tidak dikenal adanya kontak fisik. Ta’aruf sangat mengedepankan kepatuhan terhadap rambu-rambu syari’ah. Artinya, ketika rambu-rambu ini diterobos secara […]

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Pada suatu hari saat Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat di sebuah masjid, datanglah seorang badui. Tanpa ba-bi-bu, badui itu ngeluyur menuju salah satu sudut masjid. Tak dinyana tak diduga, badui itu dengan entengnya kencing di pojok masjid. Tentu saja, kelakuan nyleneh tersebut membangkitkan amarah para sahabat. Siapa sih yang […]

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Seseorang yang bermimpi mencapai kesuksesan tetapi tidak mendekati jalan kesuksesan itu, menurut Penyair Bahar Basith dalam syairnya, ibarat mengayuh perahu di tempat kering.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Melacak Mantan, Awas Kebablasan!

Melacak Mantan, Awas Kebablasan!

Melacak keberadaan sang mantan silakan saja. Kemajuan teknologi informasi memungkinkan bagi siapa pun untuk melakukan hal tersebut. Kita bisa menelusurinya di sosial media serta jejaring berbasis internet lainnya.

Perempuan dan Secangkir Kopi

Perempuan dan Secangkir Kopi

“Kopi itu manja, sedikit saja kita salah memperlakukannya, maka rasa dan aromanya akan berbeda.“

Bupati Aceng dan Baju Robek

Bupati Aceng dan Baju Robek

Gonjang-ganjing berkaitan dengan pernikahan kilat Bupati Garut, Aceng Fikri, dengan Fani Oktora cukup merebak di mana-mana. Bukan saja media tanah air yang membahasnya, media macanegara sekelas CNN pun turut memperdebatkannya.

Foto: unveiled-wedding-fashion-show-at-te-papa.coyumsal.selfip.com

Bolehkah Kawin Gantung?

Sebagaimana diberitakan oleh Pikiran Rakyat Online beberapa waktu lalu, beberapa daerah di Indonesia menunjukkan peningkatan trend pernikahan anak laki-laki yang berumur di bawah sebelas tahun dengan seorang anak perempuan yang juga belum akil balig, atau biasa disebut kawin gantung.

Kenali Calonmu Melalui Prilaku Teman Dekatnya

Kenali Calonmu Melalui Prilaku Teman Dekatnya

Ingin mengetahui watak calon kita? Amati saja tingkah teman akrabnya. Info itu saya peroleh dari seorang ustadz beberapa waktu lalu. Konon katanya, setiap manusia selalu mengidentifikasi prilakunya hingga mendekati watak teman karibnya. Hal tersebut disandarkan pada sabda Rasulullah SAW:

Saat Dihina, Sesungguhnya Kita Sedang Naik Derajat

Saat Dihina, Sesungguhnya Kita Sedang Naik Derajat

Di Afrika Selatan Mahatma Gandhi pernah dicampakkan dari gerbong kelas satu oleh seorang kondektur padahal ia memegang tiket kelas satu kereta api tersebut. Barang bawaannya dilemparkan begitu saja hingga berserakan di mana-mana. Kesalahannya hanya satu: Mahatma Gandhi ditakdirkan sebagai seorang kulit berwarna. Bukan seorang kulit putih.