perbedaan budaya antar negara

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Foto: bookofodds.com

Jika Kamu Berjodoh dengan Warga Negara Asing

Cinta memang bisa tumbuh subur tanpa memandang usia, latar belakang keluarga, suku, pekerjaan, warna kulit, atau kewarganegaraan. Cinta justru mampu mempertipis perbedaan-perbedaan tersebut. Jika kamu saat ini berdomisili di laur negeri atau banyak bergaul dengan orang-orang asing, maka sangat mungkin salah satu dari orang asing tersebut bakal menjadi pasangan hidupmu. […]

conscioussolutions.com.au

Jodoh Idaman Beda Budaya

Apakah kamu saat ini sedang bingung karena mendapatkan jodoh idaman yang tidak satu suku atau marga? Sebenarnya kamu tidak perlu risau dengan semua itu. Sebab, pernikahan tidak mensyaratkan harus berasal dari budaya yang sama. Persamaan budaya juga bukan jaminan terciptanya rumah tangga yang harmonis.

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Toleransi antarumat Berbelanja

Toleransi antarumat Berbelanja

Minggu lalu, saya membawa serta anak, istri, dan keponakan ber-JJS ke mall terbesar di kawasan Surabaya Barat. Tujuannya satu: nobar film Hobbit yang konon katanya proses produksinya melibatkan seorang animator dari tanah air.

diarihati.com

Mencari Jodoh di Pesantren

Alhamdulillah, setelah menamatkan novel Negeri 5 Menara dan menonton filmnya, dua anak saya dengan senang hati bergabung menjadi santri di pondok modern Gontor. Hampir seminggu sekali saya menengok mereka berdua. Kesempatan ini telah membuka cakrawala pengetahuan saya tentang kehidupan di dalam pesantren.

Tips Menjaring Jodoh Bule

Tips Menjaring Jodoh Bule

Ternyata, banyak sebagian dari kita yang ingin memiliki pasangan dari negara lain. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari masalah rasionalitas cinta, memperbaiki keturunan, mencari kesempatan berkarir, hingga mencari kepuasan  batin. Apa pun alasannya, dalam mencari jodoh idaman dari luar negeri, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini penting untuk menjadi perhatian […]

Di Antara Pilihan Cinta dan Benci

Di Antara Pilihan Cinta dan Benci

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al Baqarah 2:216)

Masya Allah, Di Hari Valentine Banyak Pasangan Ngeseks Bebas

Masya Allah, Di Hari Valentine Banyak Pasangan Ngeseks Bebas

Agak terhenyak mengikuti berita di televisi lokal tadi malam. Ya, Di sebuah kabupaten di Jawa Timur, sejumlah pasangan yang bukan muhrim tertangkap basah oleh satpol PP sedang melakukan hubungan suami istri di sebuah hotel kelas melati. Sebagian besar dari pasangan tersebut adalah para remaja bau kencur. Mereka memasuki ranah tabu […]

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Apakah kamu saat ini sedang naksir atau ditaksir orang Jepang? Atau bercita-cita menjadi pendamping setia orang Jepang? Nah, sebelum melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya kalau kamu mempelajari mengenai karakter orang-orang negeri sakura ini. Bukankah pepatah mengatakan tak kenal maka ta’aruf.

Syarat Penggunaan

Akses Anda ke, dan penggunaan, blog TIPSMENCARIJODOH.COM tunduk pada Persyaratan Penggunaan dan semua hukum dan peraturan yang berlaku. Dengan mengakses dan menggunakan blog TIPSMENCARIJODOH.COM, Anda menerima, tanpa batasan atau kualifikasi, Syarat Penggunaan, dan setuju untuk terikat oleh mereka. Kami mendorong Anda untuk mengatakan apa yang ada di pikiran Anda, tetapi […]

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Sepucuk Surat Cinta yang Tak Pernah Sampai

Sepucuk Surat Cinta yang Tak Pernah Sampai

Kenangan zaman SMA tiba-tiba menyeruak begitu saja. Itu terjadi setelah saya menemui seseorang yang dulu sangat saya istimewakan. Lokasi pertemuan kami berada pada sebuah pojok bernama facebook.

Ibu RT Juga Profesi Mulia, Lho!

Ibu RT Juga Profesi Mulia, Lho!

“Mungkin aq akan mempertimbangkan utk berhenti kerja ato cari kerja part time aja.. Setiap periode lebaran, di bwh penangananku sndiri, rumah lbh bersih + terurus. Anak2 lbh gemuk + gembira. Sedih rasanya.. Mulai besok smua itu perlahan berakhir krn q hrs kmbali kerja kantoran” (Curcol seorang kawan di facebook)

Kita Sering Terperdaya oleh Tampilan Casing

Kita Sering Terperdaya oleh Tampilan Casing

Dalam sebuah cerita pendek berbahasa Sunda yang ditulis oleh Ahmad Bakri dikisahkan seorang gadis desa yang sedang menjaring jodohnya. Dengan berbekal uang hasil penjualan kerbau dan sebidang sawah milik orang tuanya, si gadis desa itu kemudian tinggal dengan paman dan bibinya di kota. Uang kerbau dan sawah itu digunakannya untuk […]

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Sumpah! Kata meritokrasi ini sama sekali tidak berkaitan dengan labil ekonomi ataupun statutisasi kemakmuran yang nyaris mengkudeta hati Vicky Praseyo. Kata “aneh” itu saya peroleh saat membaca berita tentang kehidupan Lee Kuan Yew yang beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-90.  Pendiri Singapura ini lahir  16 September 2013.

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Saya adalah orang yang banyak melanggar tabu atau pamali. Rumah yang saya tempati saat ini dalam posisi tusuk sate. Padahal, sebagian orang mempercayai bahwa rumah dalam posisi seperti ini sangat tabu karena berada dalam posisi tidak menguntungkan atau jauh dari hoki.

Ruarrrr Biasa, 87 Tahun Rumah Tangga Mereka Tetap Bahagia!

Ruarrrr Biasa, 87 Tahun Rumah Tangga Mereka Tetap Bahagia!

“Ruaarrr biasa!” Ucapan spontan itu meluncur begitu saja dari mulut saya ketika membaca berita tentang pasangan suami istri Karam (107) dan Katarai Chand (100) yang telah 87 tahun membina rumah tangganya dengan bahagia.

www.metro.co.uk

Hal-Hal yang Disukai Pria dari Seorang Wanita

Mendapatkan jodoh idaman kadang terasa lebih kompleks bagi wanita. Salah satu alasannya adalah adanya hambatan budaya. Bahwa dalam budaya timur, dalam hal mencari pasangan hidup, wanita hanya bisa menunggu. Akan terkesan kurang baik kalau wanita menyatakan cinta terlebih dahulu atau terlihat sangat terbuka berteman dengan banyak pria.

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Tukul Arwana; siapa sih yang tak kenal namanya? Setiap malam jutaan pemirsa di seluruh penjuru tanah air  setia menanti banyolannya. Guyonan yang sekilas tampak enteng itu, sesungguhnya dipersiapkan sematang mungkin. Dia banyak belajar dengan banyak membaca buku dan mengikuti perkembangan ranah politik, sosial, dan budaya dengan browsing di internet. Coba […]