pantun menanti seseorang

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

onelovesouthernafrica.org

Jika Jodoh Idaman Tak Kunjung Datang

Lulus kuliah, dapat kerja yang mapan, dan menikah. Kalimat ini yang sering kali menjadi doktrin bagi sebagian besar orang. Sayangnya, datangnya jodoh idaman tidak bisa dihitung secara matematis. Sudah sekian lama menunggu, namun sosok yang dinanti tidak kunjung datang. Mendapatkan jodoh idaman memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Tidak seorang […]

Foto: vavai.com

Memperbaiki Kualitas Diri sebagai Upaya Mendapatkan Jodoh yang Baik

Kehidupan ini diciptakan berpasang-pasangan: siang-malam, susah-senang, bahagia-duka, laki-laki-perempuan, miskin-kaya, dan sebagainya. Berpasang-pasangan inilah yang membuat hidup menjadi seimbang, utuh, penuh warna, dan sarat makna. Maka, ketika seseorang belum menemukan pasangannya, belum mendapatkan jodoh idaman hatinya, ia akan merasakan bahwa hidupnya belumlah tergenapkan.

Akan Datang Seseorang yang Ikhlas Mencintai Kita

Akan Datang Seseorang yang Ikhlas Mencintai Kita

Syeikh Ammar Bugis adalah seorang penyandang tunadaksa. Ia lahir dalam kondisi lumpuh total. Hanya otak, mata, dan mulutnya yang masih berfungsi. Selebihnya, sama sekali tidak dapat digunakan. Meskipun demikian, ia tidak menjadikan cacat fisiknya sebagai hambatan dalam meraih prestasi. Pria kelahiran Amerika Serikat 26 tahun silam ini telah menjadi penghafal […]

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

5 Hal yang Membuat Seseorang Jatuh Cinta Kepadamu

Jika hingga hari ini keinginanmu untuk menghadirkan seorang kekasih dalam kehidupanmu masih belum juga menjadi kenyataan, maka tetap bersabarlah. Namun demikian, bersabar bukanlah dalam pengertian diam terpaku sambil melipat kedua tanganmu di depan dada. Kamu harus terus berusaha dan pantang menyerah. Sebelum melangkah lebih jauh dalam kerangka mendapatkan cintamu, ada […]

Ah, Jangan Kau Sepelekan Dia!

Ah, Jangan Kau Sepelekan Dia!

Tak ada jaminan bahwa cewek cantik lebih enteng jodohnya dibandingkan dengan cewek yang segala sesuatunya serba pas-pasan. Bagi kamu yang dikarunia Tuhan tubuh semampai, wajah elok, dan daya pikat yang luar biasa, janganlah sombong dan mengerdikan arti kehadiran temanmu yang fisiknya diliputi kekurangan. Sebaliknya, bagi kalian yang memang segala sesuatunya […]

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Rabu (19/3), saat menerima Anugerah PWI Jatim 2014 di Hotel Shangrila Surabaya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyampaikan keprihatinannya tentang miskinnya bangsa kita dalam menghargai orang lain.

Kepribadian Berdasarkan Huruf Pertama pada Nama

Kepribadian Berdasarkan Huruf Pertama pada Nama

Ilmu menguatak-atik huruf, menurut Hoeda Manis, sejatinya sudah ada sejak zaman Pythagoras masih hidup. Filsuf inilah yang memperkenalkannya untuk pertama kali.  Adakah hubungannya antara huruf pertama pada nama seseorang dengan karakter yang bersangkutan? Jawabannya sangat variatif tentunya. Bagi kalian yang percaya maupun tidak percaya akan hal ini, anggaplah ini semua […]

Khawatirkah, Jika Pasangan Kita Begitu Perhatian terhadap Ibunya?

Khawatirkah, Jika Pasangan Kita Begitu Perhatian terhadap Ibunya?

Saya belum termasuk dalam kategori seseorang yang berbakti kepada ibu jika ukurannya adalah perhatian teman surganya Nabi Musa AS. Siapakah teman Nabi Musa yang dimaksud? Dia adalah seorang pedagang daging di pasar yang beribukan seorang perempuan renta. Pagi dia berangkat ke pasar untuk mecari nafkah. Siang ia akan kembali ke […]

Konsisten

Konsisten

Tak ada perbuatan sangat terpuji, kecuali perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten. Bersedekah lima ribu rupiah yang dilakukan secara konsisten, misalnya, jauh lebih baik daripada bersedekah lima juta tapi hanya sekali saja dalam seumur hidup.

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Dayunglah Perahumu di Atas Air, Bukan Di Tempat Kering

Seseorang yang bermimpi mencapai kesuksesan tetapi tidak mendekati jalan kesuksesan itu, menurut Penyair Bahar Basith dalam syairnya, ibarat mengayuh perahu di tempat kering.

Ah, Terlalu Mainstream Kita!

Ah, Terlalu Mainstream Kita!

Menjadi pribadi yang bergerak di luar mainstream tampaknya bisa mengantar kita ke pintu keberhasilan.  Seperti apakah bentuk tindakan nyata agar bisa terkategorikan bergerak di luar mainstream itu? Menjadi orang yang hidup bahagia adalah contoh salah satunya.

Musibah Tak Selalu Jadi Musibah

Musibah Tak Selalu Jadi Musibah

Saat menunggu kehadiran Presiden SBY di Posko Gabungan Penanggulangan Bencana Gunung Kelud, Senin 17 Februari 2014, beberapa pejabat tampak berkumpul di lapangan Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Mereka duduk ngariung berdiskusi di bawah sebatang pohon yang meranggas terkena dampak erupsi Kelud.

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

Sering di-bully? Dizalimi oleh seseorang? Sedang difitnah? Dianiaya? Jika “ya” jawabannya, maka lampiaskan saja segala kekesalanmu dengan segera. Balaskan segala dendammu sekarang juga. Jangan menunggu lagi. Inilah saat terbaik bagimu.

Persilakan Cinta Mengetuk Pintu Hati Kita

Persilakan Cinta Mengetuk Pintu Hati Kita

Yang diidolakan orang lain, yang nongol dia. Kok bisa, ya? Ada apa dengan semua ini? Sudahlah, jangan terlalu dipikirkan. Tuhan mahatahu mengenai pasangan terbaik makhluk-Nya. Bisa jadi pada diri seseorang yang kita idolakan itu tak tersisa sedikit pun kebahagiaan yang dapat kita dulang. Oleh sebab itu, Tuhan menyodorkan seseorang yang memang pas […]

Kenali Calonmu Melalui Prilaku Teman Dekatnya

Kenali Calonmu Melalui Prilaku Teman Dekatnya

Ingin mengetahui watak calon kita? Amati saja tingkah teman akrabnya. Info itu saya peroleh dari seorang ustadz beberapa waktu lalu. Konon katanya, setiap manusia selalu mengidentifikasi prilakunya hingga mendekati watak teman karibnya. Hal tersebut disandarkan pada sabda Rasulullah SAW:

Cinta Berlebihan akan Sangat Menyakitkan

Cinta Berlebihan akan Sangat Menyakitkan

Apa pun yang dikategorikan sebagai sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Makan berlebihan tidak baik. Minum berlebihan juga tidak baik. Mencintai seseorang secara berlebihan juga sangat tidak baik. Mengapa demikian? Silakan baca alasannya di bawah ini.

Tepo Seliro

Tepo Seliro

Tahun lalu ipar saya diajak tetangganya untuk berkunjung ke saudaranya di luar kota. Karena acaranya sangat mendadak, ipar saya tidak sempat makan siang terlebih dahulu sebelum berangkat menempuh perjalanan panjang tersebut.