maksud dari lagu soleram

Catatan Perjalanan dari Kelud

Catatan Perjalanan dari Kelud

Selasa 18 Februari 2014, saya masih berdiri di atas hamparan pasir ketika sinar matahari masih tampak segan menyapa para pengungsi. Di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang tak ada bangunan utuh serta layak disebut sebagai tempat tinggal lagi. Rumah-rumah tak beratap. Genteng, asbes, kaca, hancur digerojok material erupsi Gunung Kelud.

Jauh Panggang dari Api

Jauh Panggang dari Api

Berpindah ke lain hati dengan tujuan demi gengsi, harga diri, dan masa depan sedang dilakukan teman saya. Tadinya dia berpacaran dengan cowok dari kelas akar rumput. Kantongnya kering. Duitnya cekak. Jarang nraktir lagi. Kalaupun ngajak makan paling banter di warung tenda kaki lima. Nah, berikutnya dia tertarik bujuk rayu cowok […]

Dari Gak Ada Apa-apanya Menjadi Ada Apa-apanya

Dari Gak Ada Apa-apanya Menjadi Ada Apa-apanya

Tri, begitulah dia biasa dipanggil. Nama lengkapnya, sengaja saya rahasiakan. Dia bukanlah tipe orang yang gemar publikasi. Yang pasti, saat ini dia sedang menduduki sebuah jabatan publik, sekalipun bukan gubernur ataupun bupati. Dia seorang kades di sebuah desa yang terletak pada sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Ahad pagi 15 Desember 2013 udara cerah memenuhi halaman Gedung Robitoh Pondok Modern Gontor Ponorogo yang luas itu. Dalam balutan cahaya ramah sang mentari, saya menyaksikan sendiri bagaimana K.H. Syukri Zarkasyi melakukan latihan terapi. Dengan tekun Beliau melakukan setiap instruksi yang disampaikan oleh dua orang ustad yang mendampinginya. Sesekali Beliau […]

Fajar Kemenangan Telah Menyingsing; Mari Kita Hampiri!

Fajar Kemenangan Telah Menyingsing; Mari Kita Hampiri!

“Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall.” (Confucius) Untuk urusan sikap militan dalam pelajaran jatuh, bangkit, lalu berdiri, kita harus banyak belajar kepada seseorang. Tapi siapakah guru besar yang harus kita sambangi? Jawabannya: Diri Kita Sendiri.

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

Kenangan pahit saat ini mungkin tengah menghantui dirimu. Peristiwa menyakitkan akibat diselingkuhi, dizalimi, atau dinistakan oleh pasanganmu dulu membuatmu berkeputusan untuk hengkang meninggalkan dirinya. Luka hatimu masih basah. Hingga hari ini dirimu begitu sulit untuk melupakan kenangan pahit tersebut.

Tips Mengobati Sakit Hati

Tips Mengobati Sakit Hati

Untuk luka lahir, obat begitu mudah dicari. Tapi untuk luka hati, ke mana obat harus dicari? Siapa pun tak kan pernah luput dari sakitnya luka di hati. Komunikasi dan persentuhan dengan pihak luar akan berakibat langsung terhadap perasaan kita. Di kantor, di pasar, di sekolah, atau di kampus kita akan […]

Berpangkal dari Cinta Segitiga; Berujung pada Perselingkuhan

Berpangkal dari Cinta Segitiga; Berujung pada Perselingkuhan

Sahabat karibmu, selama ini banyak curhat padamu. Namun, diam-diam rupanya dirinya naksir berat juga sama cowokmu. Kamu tak menyadari semua itu. Sampai akhirnya, menyaksikan dengan mata kepalamu sendiri. Dia masuk ke dalam ranah cinta segitiga denganmu dan berselingkuh dengan cowokmu.

Cintalah yang Membuat Kita Kreatif

Cintalah yang Membuat Kita Kreatif

Anak ragil kami baru saja dikhitan. Dalam seminggu ini aktivitasnya rada menurun. Maklum, setiap kali berdiri dan melangkahkan kaki, kain sarung yang dikenakannya akan bersentuhan dengan alat vitalnya. Tentu saja hal ini menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Perhatikan gambar di atas. Ya, seorang penambang emas tampak begitu semangat melakukan pekerjaaannya. Bayangkan, seandainya ia menyerah di tengah jalan. Padahal kurang sejengkal lagi penggaliannya akan sampai pada bongkahan emas yang selama ini dimpikannya.

Petiklah Hikmah dari Kegagalan dan Penolakan

Petiklah Hikmah dari Kegagalan dan Penolakan

Seorang pengunjung setia blog ini berkirim email kepada saya: “Saya suka sekali dengan rubrik2 yang di sajikan di situs ini,terimakasih telah banyak memberi pencerahan&penyemangat,,tulisan pertama yng aku temukan “Ketika Ta’arup Gagal…memamg itu yg sedang dialami saat ini..tolong do’kan mudah2an dipertemukan dg jodoh ku yg terbaik untuk ku menurut Allah..amiin Terimakasih […]

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Tukul Arwana; siapa sih yang tak kenal namanya? Setiap malam jutaan pemirsa di seluruh penjuru tanah air  setia menanti banyolannya. Guyonan yang sekilas tampak enteng itu, sesungguhnya dipersiapkan sematang mungkin. Dia banyak belajar dengan banyak membaca buku dan mengikuti perkembangan ranah politik, sosial, dan budaya dengan browsing di internet. Coba […]

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Ujilah Kedalaman Cintamu dengan Menjauh dari Dirinya

Ujilah Kedalaman Cintamu dengan Menjauh dari Dirinya

Obrolanmu dengan dirinya makin lama kian terasa garing. Bosan, bete mulai menggelayuti dirimu. Ada apa dengan hubungan kalian berdua.  Benarkah benang cinta masih terpagut di hati kalian berdua. Kalaupun kasih sayang itu masih ada, sampai sejauh mana kedalamannya. Nah, untuk membuktikan hasilnya, ujilah kedalaman cinta tersebut dengan menjauh dari dirinya.

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Jangan sombong dan takabur dengan prestasi dan citra yang kita miliki. Sesungguhnya jumlah aib yang sedang bersemayam dalam diri kita jauh lebih banyak daripada kebaikan yang selama ini dikenal oleh orang-orang dekat kita. Beruntung, Tuhan yang Mahabaik senantiasa menutupi aib kita dengan rapi.

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Ustad yang biasa mengisi pengajian di surau kami bercerita bahwa dari kesulitan yang kita hadapi sebenarnya akan mengalir sebuah kemudahan. Barangkali kesulitan itulah yang bisa disamakan dengan harga yang harus kita bayar untuk kemudahan yang kita nikmati.

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

latansablog.wordpress.com

Tips Mendapatkan Restu dari Orang Tua Sendiri

Mungkin saat ini kamu merasa telah menemukan calon jodoh idaman hatimu. Hanya saja, keinginan kalian untuk melangkah ke jenjang penikahan menjadi tertunda karena orang tua kamu belum dapat menerima si dia sebagai pendamping hidupmu. Dalam kondisi seperti ini, dapat dipastikan kamu merasa galau, marah, atau bahkan putus asa. Namun, kamarahan […]

Foto: love-is-a-promise.webnode.com

Ketika Jatuh Cinta, Sesungguhnya Kita Telah Kehilangan 2 Sahabat

Profesor Robin Dunbar, dari Oxford University menyatakan bahwa nilai sebuah cinta sebanding dengan dua sahabat karib. Artinya, jika seseorang sedang jatuh cinta maka ia akan kehilangan dua teman sekaligus dalam lingkaran kehidupannya.