makalah tentang anak yatim menyantuni

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Duh, Calon Anak Tiriku!

Duh, Calon Anak Tiriku!

Tuhan telah mempertemukanmu dengan seseorang yang selama ini kamu idam-idamkan. Orangnya kalem, penuh pengertian, dan sangat peduli terhadap kedua orang tuamu. Satu saja kekurangannya. Dia seorang lelaki yang sudah dua tahun ditinggal mati isterinya. Selama dua tahun itu dia hanya hidup berdua dengan anak semata wayangnya.

Hikmah di Balik Doa yang Tak Terkabulkan

Hikmah di Balik Doa yang Tak Terkabulkan

Setelah mencermati berita berseliweran seputar kisah suami Bupati Tangsel yang bagi-bagi mobil mewah kepada artis cantik, barulah saya menyadari mengapa Tuhan tidak mengabulkan doa saya agar menjadi ganteng dan kaya raya. Allah mahatahu tentang kemudaratan yang bakal saya alami ketika saya menjadi seorang rupawan serta memiliki harta yang banyak.

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Februari silam saya membaca berita tentang rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan menerapkan mekanisme penggajian model baru untuk para pegawai negeri sipilnya. Dalam mekanisme terbaru tersebut, gaji para PNS dibayarkan langsung melalui rekening istrinya masing-masing.

Mewariskan Kesusahan, Janganlah!

Mewariskan Kesusahan, Janganlah!

Apakah kamu hari ini sedang bokek? Lebih dari seminggu uang kiriman orang tua tak kunjung datang? Padahal harus segera melunasi uang kost serta harus segera melunasi SPP yang yang masih menunggak. Apakah kamu masih menyandang status mahasiswa yang hidup tersaruk-saruk di perantauan? Makan sekenanya hingga terancam penyakit tipus?

Punya Anak Bikin Repot Kita Saja, Benarkah?

Punya Anak Bikin Repot Kita Saja, Benarkah?

Beberapa tahun silam saya membaca sebuah laporan di harian Kompas tentang adanya beberapa pasangan suami istri yang tidak menghendaki hadirnya keturunan dalam bahtera pernikahan mereka. Pasangan-pasangan ini menempuh karier yang sukses dan bergelimang harta hanya untuk kesenangan mereka berdua. Bagi mereka kehadiran anak dalam perkawinan merupakan kendala dalam menikmati indahnya […]

Ahmad Fathanah Makan Cempedak; Anak Istrinya Kena Getahnya

Ahmad Fathanah Makan Cempedak; Anak Istrinya Kena Getahnya

Secara berseloroh teman saya mengatakan bahwa surganya anak itu ada di bawah telapak kaki seorang wanita, tapi bagi seorang lelaki dewasa surga itu terletak di antara dua kaki wanita. Entah teori dari mana yang menjadi acuan kawan saya tadi. Tapi, jika dipikir lebih mendalam, pada kenyataannya memang seperti itu.

Tidak Berpenghasilan Tetap, Tapi Masih Tetap Berpenghasilan

Tidak Berpenghasilan Tetap, Tapi Masih Tetap Berpenghasilan

Bolak-balik ditanya sama calon mertua tentang kapan meminang anaknya? Pusing? Kerja belum dapat. Lamaran ke perusahaan bolak-balik ditolak. Lantas apa yang harus dikerjakan?

Kewajiban Menafkahi Anak dan Istri

Kewajiban Menafkahi Anak dan Istri

Halooo…. Apa kabar? Semangat untuk mengejar jodohmu masih terus menyala, bukan? Hari ini saya mendapat anugerah terindah dalam hidup saya karena seorang petinggi di republik ini mengajak saya jadi panitia pernikahan anaknya. Sebagai seorang yang bukan berasal dari trah Jawa, saya merasa kagum sekaligus kaget menyaksikan tingkat kompleksitas pernikahan adat […]

Carilah Informasi yang Paripurna tentang Calon Suamimu

Carilah Informasi yang Paripurna tentang Calon Suamimu

Sedikit saya bercerita tentang nasib anak kerabat saya yang lama hidup menjanda. Empat belas tahun yang lalu dia menjalin hubungan dekat dengan seorang pemuda cukup tampan dan parlente. Hubungan dekat ini kemudian berlanjut pada keinginan si pemuda tadi untuk mempersunting anak kerabat saya. Dia mengaku masih perjaka tulen alias belum […]

Jomblo Juga Anugerah Terindah, Cyn!

Jomblo Juga Anugerah Terindah, Cyn!

Kata guru ngaji saya setiap  manusia di muka bumi ini diberi kelebihan oleh Allah SWT. Orang kaya memiliki kelebihan harta sementara orang miskin diberi kelebihan waktu. Kedua-duanya bisa mengunakan kelebihannya tersebut untuk kemaslahatan dirinya baik di dunia dan di akhirat.

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Mungkin saat ini kamu sedang dalam dilema karena ada seorang pria dari luar negeri yang berhasrat menikahimu. Namun status pernikahan tersebut adalah kawin kontrak. Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya kamu membaca uraian di bawah ini. Saya mencoba mengintisarikannya dari berbagai sumber pemberitaan. Semoga bermanfaat.

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Ba’da shalat subuh Sabtu pagi itu ustad yang biasa memimpin kajian tafsir di surau kami membahasa Surat Al-Fil. Dikisahkan dalam firman Allah tersebut tentang rasa iri Raja Abrahah terhadap keberadaan Ka’bah. Penguasa Yaman itu merasa heran sebab warganya memilih berangkat berbondong-bondong ke Hijaz untuk berkunjung ke Baitullah. Pikirnya, seandainya di […]

Thobur

Thobur

Setiap kali menjenguk anak di Pondok Modern Gontor Ponorogo, saya senantiasa belajar tentang kesabaran. Media yang digunakan untuk melatih  kesabaran itu ada pada kegiatan ngantri. Di Gontor, ngantri dikenal dengan sebutan thobur (Bahasa Arab).

Bang Toyib di Sekitar Kita

Bang Toyib di Sekitar Kita

Bang toyib Bang toyib Kenapa tak pulang pulang anakmu anakmu panggil panggil namamu

Seribu yang Kita Berikan, Sejuta yang Kita Dapatkan

Seribu yang Kita Berikan, Sejuta yang Kita Dapatkan

Likewise, early seafarers spoke of their ships in the feminine gender for the close dependence they had on their ships for life and sustenance. (Naval History and Heritage Command)

Berkah Sedekah, Enteng Jodoh

Berkah Sedekah, Enteng Jodoh

Di tempat saya bekerja setiap hari, sebelum kami beraktivitas, senantiasa dilaksanakan briefing pagi. Pada kesempatan tersebut kami bisa saling berinteraksi dengan membicarakan berbagai hal. Mulai dari masalah pekerjaan hingga ke persoalan-persoalan ringan yang sifatnya sangat pribadi.

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Demi Elektabilitas, Perbaikilah Casing Kita

Demi Elektabilitas, Perbaikilah Casing Kita

Elvin Miradi, kawan blogger saya, mengomentari tentang penampilan Suya Paloh. Menurutnya, di antara ketua umum partai politik, Surya Paloh-lah yang tampil tidak kelimis. Elvin memberikan masukan agar Surya melaksanakan perubahan ‘casing’ demi elektabilitas.

Foto: http://hot.detik.com

Melinda, Bupati Cirebon, dan Problema Kawin Siri

Banyak problema yang dihadapi oleh para pelaku kawin siri, khususnya dari pihak perempuan. Seperti yang dialami oleh pedangdut remix Melinda. Pelantun lagu ‘Cinta Satu Malam’ ini saat ini tengah merasakan pahitnya menjadi seorang istri siri. Sebebelas bulan Melinda melewati hari-hari tanpa kehadiran sang suami yang juga Bupati Cirebon, Dedi Supardi. […]