makalah agama islam tentang sabar

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan Jodoh Idaman dalam Islam

Mendapatkan jodoh idaman yang sesuai kriteria, bagi sebagian orang merupakan hal yang susah. Namun tenang saja, semua itu ada jalan keluarnya. Agama Islam pun mengajarkan untuk tetap berusaha dan bertawakal untuk mendapatkan jodoh idaman kita.

It’s Not a Shame to Be a Jomblo, Brother!

It’s Not a Shame to Be a Jomblo, Brother!

Saudara-saudari sekalian, jomblowan dan jomblowati setanah air di mana pun Anda berada. Jangan menjadi malu karena menyandang status jomblo. Kamu jauh lebih berharga dibandingkan dengan rekan-rekanmu yang sudah mampu mengentas kejombloannya tapi terpuruk pada pergaulan bebas lalu menghasilkan keturunan dari hubungan gelap. Dari lubuk hati yang paling dalam saya katakan […]

Nikah yang Paling Besar Berkahnya Adalah yang Murah Maharnya

Nikah yang Paling Besar Berkahnya Adalah yang Murah Maharnya

Urusan mahar telah menyebabkan seorang kawan tak henti-henti memijit-mijit dahinya. Ia mengeluh dan terus mengeluh saja. Puntung rokok sudah bertumpuk di asbak. Entah sudah berapa batang rokok yang telah dihisapnya untuk mencairkan rasa galau yang menyelimuti hatinya.

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik

Komunikasi yang baik ditandai oleh keterbukaan kedua belah pihak dari pasangan dalam menyampaikan pendapat dan perasaan masing-masing. Meskipun demikian, bukan berarti kita asyik dengan cerita sendiri lalu melupakan cerita atau keluhan pasangan. Hal terbaik yang sering dilupakan oleh para pasangan adalah menunjukkan perhatian (paying attention) dengan menjadi seorang pendengar yang […]

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Ramadahan adalah bulan penuh berkah bagi kita semua. Tak terkecuali buat para jomblo senior yang sudah bolak-balik ditanya ortu atau pun sanak saudara tentang kapan akan mengakhiri masa lajangnya. Yes, buat kalian para jomblowan dan jomblowati, Ramadhan bisa menjadi momen terbaik untuk meraih jodoh yang selama ini diimpikan, alasannya:

Inilah Sifat Cowok Berdasarkan Bulan Kelahirannya

Inilah Sifat Cowok Berdasarkan Bulan Kelahirannya

Semalam saya membaca buku berjudul Segala Hal tentang Pria yang ditulis oleh Fathur Rasyid. Di dalamnya dijelaskan tentang tipe cowok berdasarkan bulan kelahirannya. Bagi kamu yang sedang melaksanakan pedekate atau sedang di-pedekate-i oleh seseorang, semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Soal percaya atau tidaknya itu terserah kamu. Saya tidak akan melarang […]

Bupati Aceng dan Baju Robek

Bupati Aceng dan Baju Robek

Gonjang-ganjing berkaitan dengan pernikahan kilat Bupati Garut, Aceng Fikri, dengan Fani Oktora cukup merebak di mana-mana. Bukan saja media tanah air yang membahasnya, media macanegara sekelas CNN pun turut memperdebatkannya.

Ingatlah, Tunangan Itu Bukan Suami Kita

Ingatlah, Tunangan Itu Bukan Suami Kita

Saya tidak habis pikir kalau ada cewek yang baru saja dilamar atau baru saja dipertunangkan sudah bersedia diajak tidur oleh calon pasangannya itu. Sekan-akan pernyataan komitmen awal itu sebagai tanda sahnya sebuah hubungan. Seolah-olah itu sebagai pertanda bahwa hubungan suami istri sudah boleh dilaksanakan.

11 Cara Menarik Perhatian Cowok Pujaanmu

11 Cara Menarik Perhatian Cowok Pujaanmu

Kamu sedang tergila-gila padanya, ya? Selamat saya ucapkan. Itu pertanda bahwa kamu masih waras. Lantas bagaimanakah agar dirimu tetap melekat di hatinya? Berikut tips jitunya.

Foto: unveiled-wedding-fashion-show-at-te-papa.coyumsal.selfip.com

Bolehkah Kawin Gantung?

Sebagaimana diberitakan oleh Pikiran Rakyat Online beberapa waktu lalu, beberapa daerah di Indonesia menunjukkan peningkatan trend pernikahan anak laki-laki yang berumur di bawah sebelas tahun dengan seorang anak perempuan yang juga belum akil balig, atau biasa disebut kawin gantung.

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

5 Cara Membebaskan Diri dari Kenangan Pahit

Kenangan pahit saat ini mungkin tengah menghantui dirimu. Peristiwa menyakitkan akibat diselingkuhi, dizalimi, atau dinistakan oleh pasanganmu dulu membuatmu berkeputusan untuk hengkang meninggalkan dirinya. Luka hatimu masih basah. Hingga hari ini dirimu begitu sulit untuk melupakan kenangan pahit tersebut.

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Pacaran NO; Ta’aruf YESS!

Ta’aruf adalah suatu proses pengenalan antara seorang laki-laki dan perempuan yang berniat suci mendapatkan jodoh dan berniat melangsungkan proses pernikahan dengan cara yang halal. Jangan bayangkan ta’aruf seperti halnya pacaran. Dalam ta’aruf tidak dikenal adanya kontak fisik. Ta’aruf sangat mengedepankan kepatuhan terhadap rambu-rambu syari’ah. Artinya, ketika rambu-rambu ini diterobos secara […]

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Mari Kita Kenali Karakter Orang Jepang

Apakah kamu saat ini sedang naksir atau ditaksir orang Jepang? Atau bercita-cita menjadi pendamping setia orang Jepang? Nah, sebelum melangkah lebih jauh, tidak ada salahnya kalau kamu mempelajari mengenai karakter orang-orang negeri sakura ini. Bukankah pepatah mengatakan tak kenal maka ta’aruf.

Berpikirlah Dua Kali Sebelum Nikah Siri

Berpikirlah Dua Kali Sebelum Nikah Siri

Kamu sudah kebelet sayang sama si dia. Pokoknya dia nomor wahid dalam segalanya. Pokoknya cintanya tak kan tergantikan. Namun sayang, begitu dihadapkan kepada orangtuamu, keduanya tidak menyetujui kamu menikah dengan yayang-mu itu.

Hanya Tuhanlah Tempat Curhat Terbaik

Hanya Tuhanlah Tempat Curhat Terbaik

Jika hingga hari ini jodohmu gak nongol-nongol, jangan terus berputus asa. Mengadulah kepada Tuhanmu. Hanya Dia seorang yang bersedia mendengar segala keluh kesahmu. Manusia sering dilanda kebosanan, bahkan, sering asyik sendiri memikirkan problema hidupnya. Jadi, jika kamu terus menerus mengeluhkan segala persoalan yang menggelayuti dadamu, lama-lama dia akan merasa terganggu […]

Berbohonglah pada Pasanganmu!

Berbohonglah pada Pasanganmu!

Alhamdulillah, tausiah Ustad Abdul Aziz, dai kondang dari Surabaya ini sungguh menyejukkan hati. Ya, dalam rangka memperingati pergantian Tahun Baru Hijriyah, kami mengundang Beliau untuk memberikan pencerahan kepada segenap anggota kami. Tema yang dibawakannya adalah tentang cara mempererat kasih sayang di antara pasangan suami-istri.

Jangan Pernah Berpikir Untuk Menyerah!

Jangan Pernah Berpikir Untuk Menyerah!

Fenomena perceraian cukup membludak akhir-akhir ini. Baik artis maupun rakyat jelata, sama-sama berada dalam ancaman perbuatan halal namun dibenci Tuhan tersebut. Ya, setiap orang tengah berada dalam todongan senapan bernama perceraian.

diarihati.com

Mencari Jodoh di Pesantren

Alhamdulillah, setelah menamatkan novel Negeri 5 Menara dan menonton filmnya, dua anak saya dengan senang hati bergabung menjadi santri di pondok modern Gontor. Hampir seminggu sekali saya menengok mereka berdua. Kesempatan ini telah membuka cakrawala pengetahuan saya tentang kehidupan di dalam pesantren.