latar belakang perkawinan tanpa surat nikah

Berpikirlah Dua Kali Sebelum Nikah Siri

Berpikirlah Dua Kali Sebelum Nikah Siri

Kamu sudah kebelet sayang sama si dia. Pokoknya dia nomor wahid dalam segalanya. Pokoknya cintanya tak kan tergantikan. Namun sayang, begitu dihadapkan kepada orangtuamu, keduanya tidak menyetujui kamu menikah dengan yayang-mu itu.

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Gitu Aja Masa Gak Ngerti!

Pada suatu hari saat Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat di sebuah masjid, datanglah seorang badui. Tanpa ba-bi-bu, badui itu ngeluyur menuju salah satu sudut masjid. Tak dinyana tak diduga, badui itu dengan entengnya kencing di pojok masjid. Tentu saja, kelakuan nyleneh tersebut membangkitkan amarah para sahabat. Siapa sih yang […]

Ketika Rasa Hampa Datang Melanda

Ketika Rasa Hampa Datang Melanda

“Sejak Desember kami sudah pisah resmi. Mohon maaf, mohon tenang. Kami berdua tetap akrab seperti kakak adik kok. Sampai kapan pun, Ira tetap ibu dari anak-anakku.GBU”

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Setiap orang hidup dengan masa lalunya masing-masing. Ada yang cerah,  tapi tak sedikit pula yang buram. Tak perlu risau jika kita meninggalkan masa lalu yang kelam. Insya Allah, orang tidak begitu peduli dengan masa lalu tersebut selama kita menunjukkan itikad baik: bertobat dan terus berupaya memperbaiki diri.

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Para jomblo yang budiman, mulai hari ini jika menerima undangan pernikahan mohon untuk memenuhinya sebab sangat besar hikmah yang terkandung di dalamnya. Hikmah tersebut baru-baru ini terungkap melalui sebuah survey yang dilakukan di Inggris. Lebih dari separuh responden perempuan dalam survey tersebut mengakui bahwa mereka hadir dalam undangan pernikahan semata-mata […]

Putus Sekolah Bukan Berarti Harus Putus Belajar

Putus Sekolah Bukan Berarti Harus Putus Belajar

Setelah kamu mengikrarkan diri untuk mengakhiri masa kesendirianmu, langkah pertama yang harus segera diambil adalah melamar anaknya orang. Yang menjadi pertanyaan bagimu adalah: Sanggupkah kamu memberikan nafkah yang layak pascaijab kabul dibacakan?

Cinta yang Tumbuh Perlahan

Cinta yang Tumbuh Perlahan

Saya kadang tidak habis pikir, bagaimana orang-orang tua kita menikah tanpa saling kenal sebelumnya. Mereka baru bisa bakutatap saat penghulu sudah siap membimbing mereka berikrar saling setia. Benar-benar gak masuk akal. Adakah cinta yang mendasari mahligai pernikahan mereka?

Foto: bookofodds.com

Jika Kamu Berjodoh dengan Warga Negara Asing

Cinta memang bisa tumbuh subur tanpa memandang usia, latar belakang keluarga, suku, pekerjaan, warna kulit, atau kewarganegaraan. Cinta justru mampu mempertipis perbedaan-perbedaan tersebut. Jika kamu saat ini berdomisili di laur negeri atau banyak bergaul dengan orang-orang asing, maka sangat mungkin salah satu dari orang asing tersebut bakal menjadi pasangan hidupmu. […]

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Tebarkan Cinta, Lalu Tunggu yang Terjadi Setelahnya

Istri saya pernah bercerita bahwa dulu ketika masih kuliah pernah kesengsrem pada seniornya. Dia adalah mahasiswa aktivis kampus seperti dirinya. Sesungguhnya si cowok itu biasa-biasa saja penampilannya. Lantas, sisi mana yang telah membuat istri saya waktu itu begitu mengidolakannya?

Pilih Cowok Humoris ataukah yang Tampan?

Pilih Cowok Humoris ataukah yang Tampan?

Kamu dihadapkan pada dua pilihan cowok : yang satu jelek tapi humoris sementara yang satunya lagi tampan tapi bawaannya serius melulu. Cowok manakah yang akan kamu pilih? Jawabanmu: Ya, pilih yang humoris sekaligus tampan. Eit tunggu dulu, itu namanya kemaruk, Jeng. Itu mah bukan pilihan lagi namanya.

Aktif Berorganisasi sebagai Upaya untuk Mendapatkan Jodoh Idaman

Aktif Berorganisasi sebagai Upaya untuk Mendapatkan Jodoh Idaman

Belum mendapatkan jodoh idaman dapat menimbulkan masalah yang cukup pelik bagi orang-orang yang telah berada di usia matang. Tentu hal ini sangat manusiawi. Siapa yang tidak akan risau ketika teman-teman sebaya sudah lama berumah tangga dan menimang momongan, dia masih sendiri ke mana-mana. Belum lagi desakan keluarga untuk segera menikah […]

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

“Hidup bukan rentetan kenikmatan belaka. Kadang kita butuh kegagalan untuk memahami betapa nikmatnya keberhasilan.”

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Kawin Kontrak, Setujukah Kamu?

Mungkin saat ini kamu sedang dalam dilema karena ada seorang pria dari luar negeri yang berhasrat menikahimu. Namun status pernikahan tersebut adalah kawin kontrak. Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya kamu membaca uraian di bawah ini. Saya mencoba mengintisarikannya dari berbagai sumber pemberitaan. Semoga bermanfaat.

Foto: unveiled-wedding-fashion-show-at-te-papa.coyumsal.selfip.com

Bolehkah Kawin Gantung?

Sebagaimana diberitakan oleh Pikiran Rakyat Online beberapa waktu lalu, beberapa daerah di Indonesia menunjukkan peningkatan trend pernikahan anak laki-laki yang berumur di bawah sebelas tahun dengan seorang anak perempuan yang juga belum akil balig, atau biasa disebut kawin gantung.

Punya Anak Bikin Repot Kita Saja, Benarkah?

Punya Anak Bikin Repot Kita Saja, Benarkah?

Beberapa tahun silam saya membaca sebuah laporan di harian Kompas tentang adanya beberapa pasangan suami istri yang tidak menghendaki hadirnya keturunan dalam bahtera pernikahan mereka. Pasangan-pasangan ini menempuh karier yang sukses dan bergelimang harta hanya untuk kesenangan mereka berdua. Bagi mereka kehadiran anak dalam perkawinan merupakan kendala dalam menikmati indahnya […]

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Setelah sekian lama melakukan pendekatan, setelah sekian bungkus martabak dibawakan untuk calon mertua, setelah sekian ratus SMS cinta terkirim, dan setelah sekian ribu patah kata rayuan terlontar dari mulutmu, akhirnya, kamu dapatkan juga cintanya. Selamat, dach!

Katanya, Inilah Tanda-tanda Jodoh Idaman Kita

Katanya, Inilah Tanda-tanda Jodoh Idaman Kita

Bahasan kali ini adalah mengenai tanda-tanda jodoh idaman kita. Memangnya ada ya, tanda-tanda yang bisa menunjukkan bahwa seseorang itu adalah jodoh idaman kita? Jangan salah, topik ini bahkan pernah dibahas secara ilmiah loh! Ayo kita intip apa saja poin penting dalam tanda-tanda jodoh idaman ini.

6 Langkah Mengatasi Cinta Terlarang

6 Langkah Mengatasi Cinta Terlarang

Cinta datang dan bersemi, sayangnya hinggap di hati seorang perempuan yang sudah bersuami. Lumayan ribet juga dibuatnya. Apalagi jika dia adalah teman sekantor kita. Setiap hari, di samping masih kontak mata, kamu juga masih kontak hati dengannya. Bagaimana mengatasinya?

Foto: http://hot.detik.com

Melinda, Bupati Cirebon, dan Problema Kawin Siri

Banyak problema yang dihadapi oleh para pelaku kawin siri, khususnya dari pihak perempuan. Seperti yang dialami oleh pedangdut remix Melinda. Pelantun lagu ‘Cinta Satu Malam’ ini saat ini tengah merasakan pahitnya menjadi seorang istri siri. Sebebelas bulan Melinda melewati hari-hari tanpa kehadiran sang suami yang juga Bupati Cirebon, Dedi Supardi. […]

Apakah Dia Jodoh Idamanku?

Apakah Dia Jodoh Idamanku?

Ketika tengah menjalin hubungan serius dengan seseorang, pernahkah kamu bertanya-tanya dalam hati, “Benarkah dia jodoh idamanku?” “Diakah mr. Right yang akan menjadi pendampingku seumur hidup?” Jika iya, maka kamu perlu membaca artikel ini.