larangan pernikahan adat jawa

Cinta Berisiko Tinggi Holly Angela-Gatot

Cinta Berisiko Tinggi Holly Angela-Gatot

Mencermati tragedi cinta antara Holly Angela Hayu Winanti dengan Gatot Supiartono, saya hanya mampu mengucap istighfar berkali-kali. Ibarat membalikkan telapak tangan. Begitu mudahnya cinta berbalik menjadi benci. Ya, begitulah jadinya jika kita berani bermain api asmara berisiko tinggi.

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Manfaat Memenuhi Undangan Pernikahan bagi Kaum Jomblo

Para jomblo yang budiman, mulai hari ini jika menerima undangan pernikahan mohon untuk memenuhinya sebab sangat besar hikmah yang terkandung di dalamnya. Hikmah tersebut baru-baru ini terungkap melalui sebuah survey yang dilakukan di Inggris. Lebih dari separuh responden perempuan dalam survey tersebut mengakui bahwa mereka hadir dalam undangan pernikahan semata-mata […]

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Lelaki Sunda Dilarang Menikahi Gadis Jawa, Benarkah?

Saya adalah orang yang banyak melanggar tabu atau pamali. Rumah yang saya tempati saat ini dalam posisi tusuk sate. Padahal, sebagian orang mempercayai bahwa rumah dalam posisi seperti ini sangat tabu karena berada dalam posisi tidak menguntungkan atau jauh dari hoki.

Ketika Teman Sosmed-mu Menggoyahkan Komitmen

Ketika Teman Sosmed-mu Menggoyahkan Komitmen

Jodoh sudah di depan mata. Tanggal pernikahan sudah ditentukan. Tapi, ya Allah, godaan yang datang derasnya minta ampun. Saat bersosialisasi di sosial media (sosmed), kok teman yang satu ini tiba-tiba tanpa permisi memasuki relung hati kita yang paling dalam. Siang malam terbayang-bayang. Satusnya di faceboook atau kicauannya di twitter selalu […]

Dekati Bapaknya; Jauhi Anaknya!

Dekati Bapaknya; Jauhi Anaknya!

Sebenarnya keinginanmu mendekati seseorang itu untuk kesenangan sementara ataukah demi kebahagiaan jangka panjang? Sekedar berpacaran ataukah ingin berlanjut ke jenjang pernikahan?

Laksanakan Resepsi Pernikahan nan Sederhana Namun Sarat Makna

Laksanakan Resepsi Pernikahan nan Sederhana Namun Sarat Makna

Saya mengucapkan selamat kepada para pengunjung setia blog saya, yang setelah berjuang dengan ikhlas dan hampir tak kenal waktu, akhirnya beroleh jodoh. Jika tinggal satu kota dengan saya, silakan ngundang saya (ngarep lol). Bagaimana dengan persiapan walimah alias resepsi pernikahanmu?

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Saat Ditanya Kapan Akan Menikah

Mungkin kamu saat ini sedang mengalami hal seperti yang pernah saya rasakan. Orang-orang begitu peduli tapi ember. Mereka bertanya tentang mengapa masih tetap bertahan membujang. “Kapan menikah?” “Lihat teman-temanmu yang lain, mereka semua sudah menikah. “Kapan giliranmu?”

conscioussolutions.com.au

Jodoh Idaman Beda Budaya

Apakah kamu saat ini sedang bingung karena mendapatkan jodoh idaman yang tidak satu suku atau marga? Sebenarnya kamu tidak perlu risau dengan semua itu. Sebab, pernikahan tidak mensyaratkan harus berasal dari budaya yang sama. Persamaan budaya juga bukan jaminan terciptanya rumah tangga yang harmonis.

Dekati Hari Pernikahan, Semakin Intensiflah Berkomunikasi

Dekati Hari Pernikahan, Semakin Intensiflah Berkomunikasi

Saya sudah bercerita banyak tentang pentingnya jalinan komunikasi dengan pasangan kita. Komunikasi yang terus berlangsung, secara signifikan, sangat membantu eratnya jalinan kasih di antara dua insan yang sedang memadu kasih. Lebih-lebih jika sudah mendekati hari “H” pernikahan, faktor komunikasi harus mendapat perhatian penuh.

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Kamu Berselingkuh, Mungkinkah Dia Kembali Percaya Padamu?

Setelah Tuhan mempertemukanmu dengan jodohmu, saat jenjang pernikahan telah ditempuh, terjadilah peristiwa yang sangat melukai parasaan pasanganmu. Karena khilaf dan alasan tetek bengek lainnya, kamu berselingkuh.  Dan rasa percaya terhadapmu pun tiba-tiba hilang dalam dirinya.

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Menyiapkan Berkas Administrasi Pernikahan

Setelah sekian lama melakukan pendekatan, setelah sekian bungkus martabak dibawakan untuk calon mertua, setelah sekian ratus SMS cinta terkirim, dan setelah sekian ribu patah kata rayuan terlontar dari mulutmu, akhirnya, kamu dapatkan juga cintanya. Selamat, dach!

Harta Paling Berharga Kita: Keluarga

Harta Paling Berharga Kita: Keluarga

Beberapa hari lalu saya menonton acara talk show yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta nasional kita. Peserta talk show adalah para artis perempuan yang menyandang status lajang. Usia mereka sudah melewati batas angka 30 bahkan ada yang telah berada pada kisaran 50.

Benarkah Kamu Telah Siap Menikah?

Benarkah Kamu Telah Siap Menikah?

Menikah merupakan ibadah yang paling nikmat. Banyak manfaat yang dirasakan setelah menjalani pernikahan. Namun demikian, sebelum janur kuning melengkung di depan pagar rumahmu dan sebelum akad saling setia diikrarkan, ada baiknya kamu menjawab sejumlah pertanyaan di bawah ini.

Setelah Menikah, Akankah Ia Berubah?

Setelah Menikah, Akankah Ia Berubah?

Seharian ini saya banyak mengintip buku Sebelum Janji Terucap yang ditulis oleh Adriana S. Ginanjar. Di dalam satu bab-nya, secara khusus konselor pernikahan ini membahas tentang perubahan yang sering diharapkan oleh seseorang terhadap pasangannya kelak setelah pernikahan berlangsung.

Mengapa Lelaki Ganteng Tidak Setia pada Pasangannya?

Mengapa Lelaki Ganteng Tidak Setia pada Pasangannya?

Terus terang saja, saya tidak merasa ganteng dan puluhan perempuan yang saya tanyai juga menyampaikan kalau saya memang tidak ganteng. Apakah karena itulah yang menjadi penyebab saya masih setia dengan pasangan saya hingga hari ini? Benarkah seorang lelaki rupawan cenderung tidak setia kepada pasangannya?

Di mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

Di mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

Saya terkesan terhadap para pengusaha Amerika yang begitu tekun mempelajari adat istiadat bangsa Arab. Tujuan utamanya adalah agar mereka bisa sukses dalam berbisnis dengan para pengusaha di jazirah yang mayoritas penduduknya muslim tersebut. Tentu saja sepanjang bertransaksi, para pengusaha negara adidaya tersebut sangat memperhatikan bagaimana etika berbisnis islami diterapkan. Mereka […]

Menabung Emas, Why Not?

Menabung Emas, Why Not?

Tidak sedikit biaya yang harus ditanggung manakala kita menyelenggarakan resepsi pernikahan. Bahkan, untuk sebuah resepsi paling sederhana pun diperlukan dana lumayan banyak. Memang lumayan berat tantangannya. Namun demikian, insya Allah, semua tantangan tersebut akan terselesaikan dengan baik jika kita melakukan persiapan. Orang bijak berkata bahwa persiapan merupakan lima puluh persen […]

Naksir Saudara Sepupu, Boleh atau Nggak?

Naksir Saudara Sepupu, Boleh atau Nggak?

Puluhan tahun tidak bertemu. Terakhir bersitatap muka ketika sama-sama duduk di bangku TK. Lebaran lalu, tak dinyana bertemu kembali dengannya. Senyumnya manis, tatapannya sungguh menggetarkan dada. Guantengnya Sepupuku. Lha, dia juga rupanya kesengsrem sama aku, terus jadian. Orang tuaku dan orang tuanya sangat- sangat setuju. Mereka merestui hubungan kami, bahkan […]

thengexz.blogspot.com

Jika Jodoh Idaman Tidak Direstui Keluarga

Bicara tentang pernikahan berarti bicara bagaimana upaya untuk menyatukan dua buah keluarga besar. Pernikahan sejatinya tidak sekedar menikahkan dua insan beralinan jenis. Namun bagaimana membangun silahturahmi antar dua keluarga yang sebelumnya tidak pernah saling mengenal. Sehingga kedua keluarga tersebut bisa saling mengenal satu dengan yang lainnya dan kemudian terjalinlah kedekatan […]

Tips Menghadapi Calon Mertua

Tips Menghadapi Calon Mertua

Alhamdulillah, status jomblo telah dilepaskan. Kini kamu sudah punya calon pendamping. Selamat, ya?! Nah, sebelum cintamu berlanjut ke tingkat yang lebih serius lagi, tolong simak dengan baik saran dari Johanna Nauraine seorang penasihat pernikahan asal Cicadas, maaf, Chicago berikut ini.