kelemahan dan keunggulan novel siti nurbaya

Fokuslah pada kekutan bukan pada kelemahan

Fokuslah pada Kekuatan Bukan Pada Kelemahan

“Jika kamu harus bersaing dengan orang lain demi cinta, lupakan! Temukan saja orang yg bersaing demi cintamu.”

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Keinginan untuk memberangkatkan orang tua melaksanakan ibadah umroh, bahkan ibadah haji, sesungguhnya telah lama bersemi di hati. Tapi, keberanian itu nyaris tak pernah ada. Pokoknya, saya gak PD-lah! Permasalahan utamanya: Dari mana saya harus menyediakan dana yang tak kurang dari US$2000 itu? Jika harus mulai menabung, rasanya gak mungkin. Untuk […]

Man Jadda Wajada

Man Jadda Wajada

Sudahkah membaca novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara? Dan kalau mau lebih lengkap lagi tontonlah filmnya. Siapa pun yang membaca novel tersebut ataupun yang telah melihat filmnya tentu akan berpendapat sama dengan saya bahwa kesungguh-sungguhan akan membuahkan hasil yang sangat mencengangkan.

Ijazah dan Jodoh Kita

Ijazah dan Jodoh Kita

Ratusan ribu bahkan jutaan manusia di republik ini berbondong-bondong mencari selembar ijazah. Ada yang berusah mendapatkannya dengan menempuh jalur halal, namun tidak sedikit pula yang menggunakan cara-cara tidak terpuji. Para oknum mencari berbagai cara agar ijazah segera berada dalam genggamannya. Ikhtiar pat gulipat pun dilakukan.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Kepribadian dan Jodoh

Kepribadian dan Jodoh

Mendapatkan jodoh idaman sesuai dengan kepribadian kamu dan dia adalah rezeki nomplok. Tentu saja, hal tersebut menjadi keberuntungan kamu ketika kamu mendapatkan jodoh idaman dengan kepribadian yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Memang banyak yang mengatakan bahwa jodoh seseorang tidak jauh dengan kepribadian orang tersebut. Maka ketika kamu ingin mendapatkan […]

diarihati.com

Mencari Jodoh di Pesantren

Alhamdulillah, setelah menamatkan novel Negeri 5 Menara dan menonton filmnya, dua anak saya dengan senang hati bergabung menjadi santri di pondok modern Gontor. Hampir seminggu sekali saya menengok mereka berdua. Kesempatan ini telah membuka cakrawala pengetahuan saya tentang kehidupan di dalam pesantren.

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Foto: ilu-imu.blogspot.com

Dijodohkan, Siapa Takut?

Hari gini dijodohkan? Seperti zaman Siti Nurbaya saja. Itulah tanggapan yang umumnya akan diberikan ketika seseorang mendengar kata dijodohkan atau perjodohan. Namun, tidak ada salahnya kamu mengkaji ulang pernyataan ini. Benarkah perjodohan itu selalu buruk? Tidak adakah sisi positif yang dapat dipetik dari perjodohan?

Durjana Penghuni Dunia Maya, Hati-hati!

Durjana Penghuni Dunia Maya, Hati-hati!

Ini sebenarnya kisah lama. Tapi, tak ada salahnya diungkap kembali sebagai sarana pengingat kepada kita semua agar lebih waspada terhadap tindak kejahatan melalui dunia maya. Tersebutlah dalam kisah pada tahun 2011, seorang janda pengusaha yang kaya raya. Bertahun-tahun RN (sang janda itu) mendambakan pendamping hidup.

Dijodohkan Ortu, Terima atau Tidak?

Dijodohkan Ortu, Terima atau Tidak?

Siapa pun pasti memiliki angan-angan mendapatkan jodoh sesuai dengan pilihan hati. Kamu sudah menetapkan berjibun kriteria mengenai jodohmu sendiri. Idealismemu mengatakan: “Jodohku harus setengah malaikat!“ Ya, siapa sich yang tidak ingin memiliki pendamping sedemikian sempurna.  Wis guanteng/cuantik, soleh, tajir lagi.

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Statusmu Harimaumu!

Statusmu Harimaumu!

Jangan merendahkan diri dan mengumbar kelemahan diri di sosial media. Saya perhatikan banyak sekali teman kita yang merendahkan diri dengan status yang dibuatnya di facebook. Modus merendahkan diri itu dilakukannya, antara lain, dengan cara marah-marah; melontarkan kata-kata tidak senonoh di sosial media tersebut.

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Kata Mario Teguh, yang menjauhkan jodoh seseorang itu bukan karena buruk rupanya melainkan buruk prilakunya. Memang demikian kenyataannya. Saya sendiri sebagai seorang yang buruk rupa pada kenyataannya bisa menemukan jodoh. Jodoh saya ini banyak dipuji sebagai seorang perempuan cantik dan menarik. Bukan saya saja lho yang mengakui kualitas unggulnya, yang […]

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Jangan Sangsikan Keputusan Hasil Salat Istikharah

Anda yang telah tamat membaca Rantau 1 Muara, Novel ke-3 dari trilogi Negeri 5 Menara, tentunya bisa menangkap rasa bimbang yang melanda tokoh utama dalam cerita tersebut. Ketika istri sang tokoh rindu sanak saudara di tanah air dan berkeinginan segera meninggalkan Washington DC, ada keraguan yang menyelimuti hatinya. Maklum saja, […]

Kebahagiaan Tertinggi Itu Terletak pada Sifat Qana’ah

Kebahagiaan Tertinggi Itu Terletak pada Sifat Qana’ah

Ketika hidup menjomblo keinginanmu untuk beroleh pasangan sedemikian besarnya. Namun, saat seseorang telah menjadikanmu sebagai tambatan hatinya, kamu mulai menghitung-hitung kekurangannya. Kamu mulai membanding-bandingkan dirinya dengan yang lain.

Ribetnya Bahasa Cewek

Ribetnya Bahasa Cewek

Di antara sekian banyak bahasa yang tersebar di dunia ini, bagi saya, yang paling sulit difahami hanyalah bahasa perempuan. Saking sulitnya, beberapa di antara rangkaian kalimat yang dahulu pernah dilontarkan beberapa perempuan, baru bisa terungkap maknanya dengan lengkap setelah saya berumah tangga. Bahkan, masih banyak lagi kalimat yang masih menggantung […]

Bahaya Laten Itu Bernama Sombong!

Bahaya Laten Itu Bernama Sombong!

“Orang merasa jauh lebih mudah memaafkan orang lain karena KESALAHANNYA dibandingkan dengan KEBENARANNYA.” (J.K. Rowling)

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

Kegagalan Cinta, Ada Manfaatnya Lho!

“Hidup bukan rentetan kenikmatan belaka. Kadang kita butuh kegagalan untuk memahami betapa nikmatnya keberhasilan.”

Karakter Shio Kambing

Karakter Shio Kambing

Kelebihan shio kambing terletak pada sifat sabarnya. Setiap masalah dihadapinya dengan tenang. Dia bukan tipe orang yang ingin memperoleh solusi secara instan. Dia pun sangat pandai menghargai perasaan orang dan mampu menjadi seorang pendengar yang baik. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang menjadikannya sebagai tempat bernaung sekalugus mencurahkan perasaannya.