kata kata pede

1001 Keuntungan Orang Jelek

1001 Keuntungan Orang Jelek

Sebagai orang jelek, saya telah merasakan begitu banyak keuntungan. Kesimpulan ini saya peroleh setelah sekian lama melakukan renungan siang dan malam. Beberapa keuntungan tersebut, antara lain:

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Ingin Berjodoh dengan Gebetan? Beginilah Caranya!

Ingin Berjodoh dengan Gebetan? Beginilah Caranya!

Berpengaruhkah sikap optimistis terhadap terwujudnya mimpi kita? Pak Mardigu W.P., kawan facebook saya, pernah berkisah tentang eksperimen yang dilakukan oleh Professor Jhon Bargh. Guru besar psikologi NewYork University ini ingin mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh ucapan atau kata-kata terhadap para penuturnya.

Mustahil Itu Mitos Belaka!

Mustahil Itu Mitos Belaka!

Coba telisik dirimu. Sejauh manakah keyakinan menyertai setiap jengkal perjuanganmu? Jangan-jangan selama ini kamu berjuang untuk mendapatkan jodoh sambil  dengan setengah hati menggantungkan harapanmu. Kamu tidak meyakini bahwa mimpi besarmu akan menjadi nyata.

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

5 Langkah Terbaik dalam Membalas Dendam

Sering di-bully? Dizalimi oleh seseorang? Sedang difitnah? Dianiaya? Jika “ya” jawabannya, maka lampiaskan saja segala kekesalanmu dengan segera. Balaskan segala dendammu sekarang juga. Jangan menunggu lagi. Inilah saat terbaik bagimu.

10 Kriteria Cowok Idaman

10 Kriteria Cowok Idaman

Sebenarnya ada sejumlah kriteria yang ditetapkan kepada para cowok sehingga mereka masuk daftar sebagai cowok idaman ataukah bukan. Untuk sementara saya baru bisa menetapkan 10 kriteria saja. Sisanya, semoga ke depan bisa mauncul dalam postingan lanjutan.

Demi Elektabilitas, Perbaikilah Casing Kita

Demi Elektabilitas, Perbaikilah Casing Kita

Elvin Miradi, kawan blogger saya, mengomentari tentang penampilan Suya Paloh. Menurutnya, di antara ketua umum partai politik, Surya Paloh-lah yang tampil tidak kelimis. Elvin memberikan masukan agar Surya melaksanakan perubahan ‘casing’ demi elektabilitas.

Seribu yang Kita Berikan, Sejuta yang Kita Dapatkan

Seribu yang Kita Berikan, Sejuta yang Kita Dapatkan

Likewise, early seafarers spoke of their ships in the feminine gender for the close dependence they had on their ships for life and sustenance. (Naval History and Heritage Command)

Jangan Katakan Tidak pada Internet

Jangan Katakan Tidak pada Internet

Kita selalu menyebut internet sebagai DUNIA MAYA. Padahal kenyataannya semua yg ada di internet itu riil. Jadi, stop sekarang bilang dunia maya! #bukanduniamaya (WIENTOR RAH MADA)

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Welcome to Terra Incognita

Welcome to Terra Incognita

Pagi yang tenang tiba-tiba dikejutkan oleh ketukan keras pada daun pintu ruangan kerja saya. Setelah dipersilakan masuk, si “pengganggu” ketenangan itu masuk sambil membungkukkan tubuhnya dengan takzim.

Kaum Lelaki, Janganlah Sok Suci!

Kaum Lelaki, Janganlah Sok Suci!

Ada pelajaran berharga yang bisa kita tarik dari peristiwa tertangkap tangannya Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, oleh KPK. Ya, ketika menjadi jubir MK, Akil berkoar-koar mengenai kegemasannya terhadap para pelaku korupsi.

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Ahad pagi 15 Desember 2013 udara cerah memenuhi halaman Gedung Robitoh Pondok Modern Gontor Ponorogo yang luas itu. Dalam balutan cahaya ramah sang mentari, saya menyaksikan sendiri bagaimana K.H. Syukri Zarkasyi melakukan latihan terapi. Dengan tekun Beliau melakukan setiap instruksi yang disampaikan oleh dua orang ustad yang mendampinginya. Sesekali Beliau […]

Ngarawu ku Siku

Ngarawu ku Siku

Kata Yuswohady, penggiat marketing, banyak pengusaha yang terperangkap dalam jebakan medioker alias jalan di tempat alias tak mengalami kemajuan. Penyebabnya adalah keinginan yang menggebu-gebu untuk bisa eksis pada segala lini layanan.

Sepucuk Surat Cinta yang Tak Pernah Sampai

Sepucuk Surat Cinta yang Tak Pernah Sampai

Kenangan zaman SMA tiba-tiba menyeruak begitu saja. Itu terjadi setelah saya menemui seseorang yang dulu sangat saya istimewakan. Lokasi pertemuan kami berada pada sebuah pojok bernama facebook.

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Sumpah! Kata meritokrasi ini sama sekali tidak berkaitan dengan labil ekonomi ataupun statutisasi kemakmuran yang nyaris mengkudeta hati Vicky Praseyo. Kata “aneh” itu saya peroleh saat membaca berita tentang kehidupan Lee Kuan Yew yang beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-90.  Pendiri Singapura ini lahir  16 September 2013.

Katakan TIDAK pada SELINGKUH!

Katakan TIDAK pada SELINGKUH!

Penyakit yang sering menjangkiti para pasangan, tidak peduli cowok ataupun cewek, adalah merasa bahwa rumput di halaman tetangga lebih hijau daripada rumput yang tumbuh di pekarangan rumah sendiri. Bertahun-tahun berjuang untuk bisa merebut perhatian gebetan. Begitu sudah ditaklukkan, kok rasanya dia biasa-biasa saja. Ibarat nilai mata uang, dari hari ke […]

Mari Jaga Mulut Kita

Mari Jaga Mulut Kita

Hati-hati dengan mulut kita. Sebab mulut kita bisa menjadi sumber sebuah bencana. Tengoklah bagaimana sebuah hubungan antarnegara hampir bruhbrah karena keisengan mulut kepala negaranya. Ya, belum lama ini Presiden Uruguay Jose Mujica konon begitu didera rasa malu luar biasa, ketika umpatan isengnya bocor di mikrofon. Sang presiden khilaf dengan ucapan […]