kata kata bijak menanti jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Fokuslah pada Sang Pemilik Jodoh

Kata Ustad Yusuf Mansur, kita sering lupa bahwa jodoh itu ada pemiliknya. Kita sering terlalu fokus pada jodoh itu saja. Tanpa menyadari bahwa jodoh itu digerakkan oleh sang Khaliq, pemilik jodoh itu.

In The Name of Harmony

In The Name of Harmony

Kata Boss saya, ketika bencana menimpa diri kita, maka yang pertama kali harus ditelisik adalah sumbernya. Tidak tertutup kemungkinan bencana tersebut berasal dari kurang harmonisnya kita dengan alam dan lingkungan.

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

Minta Jodoh kepada Orang Pintar, Cape Deh!

“Dul, tolong pinjami saya korek api!” pinta Ustad Farid pada seorang jama’ah pengjian sore itu.

Insya Allah

Insya Allah

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut); ‘Insya Allah’.” (QS al-Kahfi [16]:23-24).

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Ahad pagi 15 Desember 2013 udara cerah memenuhi halaman Gedung Robitoh Pondok Modern Gontor Ponorogo yang luas itu. Dalam balutan cahaya ramah sang mentari, saya menyaksikan sendiri bagaimana K.H. Syukri Zarkasyi melakukan latihan terapi. Dengan tekun Beliau melakukan setiap instruksi yang disampaikan oleh dua orang ustad yang mendampinginya. Sesekali Beliau […]

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Sumpah! Kata meritokrasi ini sama sekali tidak berkaitan dengan labil ekonomi ataupun statutisasi kemakmuran yang nyaris mengkudeta hati Vicky Praseyo. Kata “aneh” itu saya peroleh saat membaca berita tentang kehidupan Lee Kuan Yew yang beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-90.  Pendiri Singapura ini lahir  16 September 2013.

Jauh Panggang dari Api

Jauh Panggang dari Api

Berpindah ke lain hati dengan tujuan demi gengsi, harga diri, dan masa depan sedang dilakukan teman saya. Tadinya dia berpacaran dengan cowok dari kelas akar rumput. Kantongnya kering. Duitnya cekak. Jarang nraktir lagi. Kalaupun ngajak makan paling banter di warung tenda kaki lima. Nah, berikutnya dia tertarik bujuk rayu cowok […]

Mustahil Itu Mitos Belaka!

Mustahil Itu Mitos Belaka!

Coba telisik dirimu. Sejauh manakah keyakinan menyertai setiap jengkal perjuanganmu? Jangan-jangan selama ini kamu berjuang untuk mendapatkan jodoh sambil  dengan setengah hati menggantungkan harapanmu. Kamu tidak meyakini bahwa mimpi besarmu akan menjadi nyata.

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Buruk Rupa Tak Menjauhkan Jodoh Kita

Kata Mario Teguh, yang menjauhkan jodoh seseorang itu bukan karena buruk rupanya melainkan buruk prilakunya. Memang demikian kenyataannya. Saya sendiri sebagai seorang yang buruk rupa pada kenyataannya bisa menemukan jodoh. Jodoh saya ini banyak dipuji sebagai seorang perempuan cantik dan menarik. Bukan saya saja lho yang mengakui kualitas unggulnya, yang […]

Ingin Berjodoh dengan Gebetan? Beginilah Caranya!

Ingin Berjodoh dengan Gebetan? Beginilah Caranya!

Berpengaruhkah sikap optimistis terhadap terwujudnya mimpi kita? Pak Mardigu W.P., kawan facebook saya, pernah berkisah tentang eksperimen yang dilakukan oleh Professor Jhon Bargh. Guru besar psikologi NewYork University ini ingin mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh ucapan atau kata-kata terhadap para penuturnya.

5 Langkah Akhiri Masa Jomblo

5 Langkah Akhiri Masa Jomblo

Bagi sebagian orang menjomblo adalah masa-masa yang menyenangkan. Bagaimana tidak, kita bisa pergi ke mana pun kita suka. Tak ada beban berat yang kita pikul di pundak. Jika kamu merasakan kenyamanan seperti itu, ya silakan saja. Asal jangan sampai kebablasan. Tahu-tahu usia sudah bertambah jauh di atas rata-rata. Teman sebaya […]

Mari Jaga Mulut Kita

Mari Jaga Mulut Kita

Hati-hati dengan mulut kita. Sebab mulut kita bisa menjadi sumber sebuah bencana. Tengoklah bagaimana sebuah hubungan antarnegara hampir bruhbrah karena keisengan mulut kepala negaranya. Ya, belum lama ini Presiden Uruguay Jose Mujica konon begitu didera rasa malu luar biasa, ketika umpatan isengnya bocor di mikrofon. Sang presiden khilaf dengan ucapan […]

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Hikmah Ramadhan bagi Para Pencari Jodoh

Ramadahan adalah bulan penuh berkah bagi kita semua. Tak terkecuali buat para jomblo senior yang sudah bolak-balik ditanya ortu atau pun sanak saudara tentang kapan akan mengakhiri masa lajangnya. Yes, buat kalian para jomblowan dan jomblowati, Ramadhan bisa menjadi momen terbaik untuk meraih jodoh yang selama ini diimpikan, alasannya:

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Perhatikan gambar di atas. Ya, seorang penambang emas tampak begitu semangat melakukan pekerjaaannya. Bayangkan, seandainya ia menyerah di tengah jalan. Padahal kurang sejengkal lagi penggaliannya akan sampai pada bongkahan emas yang selama ini dimpikannya.

Elek Gak Opo-opo; Sing Penting Gati!

Elek Gak Opo-opo; Sing Penting Gati!

Oh Tuhan, 25 tahun yang lalu saya tahu pasti kalau dia menjadi bintang di kampus kami. Puluhan lelaki memujanya sebagai seorang bidadari baru turun dari kahyangan. Ada yang mengabadikan kecantikannya lewat bait-bait puisi. Ada yang menggoreskan kemolekannya di atas kanvas. Tak sedikit yang hanya mampu sebatas menelan ludah untuk sekedar […]

Jangan Katakan Tidak pada Internet

Jangan Katakan Tidak pada Internet

Kita selalu menyebut internet sebagai DUNIA MAYA. Padahal kenyataannya semua yg ada di internet itu riil. Jadi, stop sekarang bilang dunia maya! #bukanduniamaya (WIENTOR RAH MADA)

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Tips Mempercerah dan Memperkaya Kehidupan Kita

Kata Jacob Oetama, setiap setiap orang yang kita temui memiliki peran dalam upaya mepercerah (enlightment) dan memperkaya (enrichment) kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali membentengi diri saat kita berkesempatan berbincang-bincang dengan orang-orang di sekeliling kita. Dengarkan saja apa yang mereka sampaikan. Renungkan. Lalu, yakini bahwa semua saran, petuah, dan […]

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Siapa yang Berjalan di Jalannya akan Sampai Tujuan

Dari anak saya yang sedang menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, saya mendapat oleh-oleh sebuah pepatah berbahasa Arab. Bunyi lengkap pepatah itu: “Man saara ala darbi washala.” Jika diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia, pepatah itu bermakna, “Barangsiapa berjalan di jalannya maka akan sampai ke tujuan yang dicita-citakannya.”

Statusmu Harimaumu!

Statusmu Harimaumu!

Jangan merendahkan diri dan mengumbar kelemahan diri di sosial media. Saya perhatikan banyak sekali teman kita yang merendahkan diri dengan status yang dibuatnya di facebook. Modus merendahkan diri itu dilakukannya, antara lain, dengan cara marah-marah; melontarkan kata-kata tidak senonoh di sosial media tersebut.