hubungan usaha dan takdir

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Adakah hubungan yang terjalin di antara tukang tahu dengan jodoh? Jelas tak ada. Meskipun demikan, ketika tiba di daerah Balongbendo dalam perjalanan pulang dari Pondok Modern Gontor menuju ke Surabaya, saya menemukan sedikit hubungan itu.

Menggamit Jodoh; Menjemput Takdir Terbaik

Menggamit Jodoh; Menjemput Takdir Terbaik

Jodoh, rizki, dan kematian semuanya memang telah digariskan Tuhan. Meskipun begitu, itu semua bukan merupakan acuan bahwa kita harus pasrah bongkokan kepada nasib. Senyampang masih ada kesempatan, kita wajib berusaha secara optimal agar itu semua bisa hadir dalam genggaman kita. Kita masih ingat bagaimana kisah seorang lelaki yang diingatkan oleh […]

Segera Tinggalkan Rumah Ortu Setelah Menikah!

Segera Tinggalkan Rumah Ortu Setelah Menikah!

Bagai disambar petir di siang bolong, saya kaget mendengar berita yang disampaikan oleh istri saya. Sungguh tidak percaya, pernikahan keponakan kami harus berakhir dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Padahal, kalau mengingat berlangsungnya resepsi pernikahannya, sungguh jauh dari perkiraan bakal berakhir dalam tempo sesingkat itu.

Teman Serumah Kami Kecoa dan Kodok

Teman Serumah Kami Kecoa dan Kodok

Hidup tak selalu sesuai dengan impian. Ada kalanya kita berdampingan dengan orang-orang yang sejalan dengan keinginan kita. Tapi pada saat yang lain kita pun dipaksa untuk bersebelahan dengan orang-orang yang tak sejalan dengan keinginan kita.

Berkah Silaturrahim, Enteng Jodoh!

Berkah Silaturrahim, Enteng Jodoh!

“Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah menyambung silaturrahim .” (HR Bukhari)

Perempuan dan Secangkir Kopi

Perempuan dan Secangkir Kopi

“Kopi itu manja, sedikit saja kita salah memperlakukannya, maka rasa dan aromanya akan berbeda.“

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Jangan Memotong Hak Anak dan Istri

Februari silam saya membaca berita tentang rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan menerapkan mekanisme penggajian model baru untuk para pegawai negeri sipilnya. Dalam mekanisme terbaru tersebut, gaji para PNS dibayarkan langsung melalui rekening istrinya masing-masing.

Senang Melihat Orang Susah; Susah Melihat Orang Senang

Senang Melihat Orang Susah; Susah Melihat Orang Senang

Saya sedang mengidap suatu penyakit. Anehnya, tak satu pun dokter yang mampu menuliskan resep obatnya. Gejala yang saya rasakan, antara lain, jika melihat orang lain berhasil, perasaan ini tercabik-cabik. Sebaliknya, jika orang lain menderita, hati ini rasanya senang dan berbunga-bunga. Pokoknya SMS, alias Senang melihat orang lain susah dan Susah […]

Cukrik, Oplosan, Korupsi, Perselingkuhan, dan Khilaf

Cukrik, Oplosan, Korupsi, Perselingkuhan, dan Khilaf

Seperti diberitakan, empat dari enam warga Menanggal Surabaya, peserta pesta miras Cukrik selama 24 jam nonstop tewas awal pekan lalu. Dua lainnya dirawat di rumah sakit. (Kompas.com)

lovelife4sale.blogspot.com

Tips Mendapatkan Jodoh Idaman

Mendapatkan jodoh idaman bagi sebagian orang memang tidak mudah. Hingga tidak sedikit yang akhirnya menyerah, baik dengan menerima orang yang sebenarnya terasa kurang pas di hati, atau bahkan terus menyendiri ketika usia telah sedemikian dewasa. Jodoh memang di tangan Tuhan. Akan tetapi, manusia diwajiban untuk berikhtiar untuk menemukan jodohnya.

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Saya teringat sepasang burung dara saya yang kabur. Entah apa yang terlintas dalam benak kedua burung kesayangan saya itu. Yang pasti, keduanya sudah enggan kembali ke kandangnya yang sudah saya siapkan. Mungkinkah burung dara itu telah kehilangan rasa nyaman dan perhatian dari saya?

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Tak Perlu Malu dengan Masa Lalu Kita

Setiap orang hidup dengan masa lalunya masing-masing. Ada yang cerah,  tapi tak sedikit pula yang buram. Tak perlu risau jika kita meninggalkan masa lalu yang kelam. Insya Allah, orang tidak begitu peduli dengan masa lalu tersebut selama kita menunjukkan itikad baik: bertobat dan terus berupaya memperbaiki diri.

Ketika Ta’aruf Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika Ta’aruf Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Sedih memang. Tapi mau bagaimana lagi? Itu semua sudah dalam kehendak-Nya. Ta’aruf adalah sebuah jembatan menuju jenjang pernikahan. Tak ada semacam keharusan bahwa setelah ta’aruf pernikahan harus dilangsungkan. Bila ada salah satu pihak yang merasa tidak cocok, maka pihak lainnya harus menghormatinya. Hidup ini adalah pilihan. Ketika ta’aruf gagal, apa […]

Setelah Dia Selingkuh, Bagaimana Bisa Percaya Lagi Padanya?

Setelah Dia Selingkuh, Bagaimana Bisa Percaya Lagi Padanya?

Hubungan berantakan setelah perselingkuhan. Ibarat kristal yang jatuh di lantai, pecahannya berserakan ke mana-mana. Mungkinkah dari puing-puing kehancuran itu akan terbangun kembali sikap saling percaya? Menurut Lisa Bower, setelah menghadapi perselingkuhan, bisa saja hubungan terbangun kembali sekalipun berat. Segalanya bergantung kepada kedua belah pihak. Adakah keinginan dan usaha untuk membangun […]

Foto: iStockPhoto.com

Tips Menjalin Hubungan Jarak Jauh

Mendapatkan jodoh idaman tentu menjadi cita-cita luhur semua orang yan telah cukup umur dan telah siap segalanya untuk membina bahtera rumah tangga. Akan tetapi, bagaimana jika orang yang digadang-gadang menjadi jodoh idaman tinggal di tempat nun jauh di sana? Mungkinkah jalinan kasih jarak jauh dapat selamat hingga ke jenjang pernikahan […]

Konsisten

Konsisten

Tak ada perbuatan sangat terpuji, kecuali perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten. Bersedekah lima ribu rupiah yang dilakukan secara konsisten, misalnya, jauh lebih baik daripada bersedekah lima juta tapi hanya sekali saja dalam seumur hidup.

Ternyata, Kemuliaan Hidup Itu Bukan Dikarenakan Pangkat dan Jabatan

Ternyata, Kemuliaan Hidup Itu Bukan Dikarenakan Pangkat dan Jabatan

Ribuan orang berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi calon anggota legislatif. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari memajang diri di baliho-baliho yang menyesakkan kota hingga tebar pesona di berbagai acara. Tujuannya hanya satu: pencitraan. Harapannya juga satu: terpilih sebagai wakil rakyat pada pemilu legislatif mendatang.

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Pengantar Kesuksesan Itu Bernama Kemauan dan Kerja Keras

Ahad pagi 15 Desember 2013 udara cerah memenuhi halaman Gedung Robitoh Pondok Modern Gontor Ponorogo yang luas itu. Dalam balutan cahaya ramah sang mentari, saya menyaksikan sendiri bagaimana K.H. Syukri Zarkasyi melakukan latihan terapi. Dengan tekun Beliau melakukan setiap instruksi yang disampaikan oleh dua orang ustad yang mendampinginya. Sesekali Beliau […]

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Doa dan Sedekah Pembuka Jodoh Kita

Ba’da shalat subuh Sabtu pagi itu ustad yang biasa memimpin kajian tafsir di surau kami membahasa Surat Al-Fil. Dikisahkan dalam firman Allah tersebut tentang rasa iri Raja Abrahah terhadap keberadaan Ka’bah. Penguasa Yaman itu merasa heran sebab warganya memilih berangkat berbondong-bondong ke Hijaz untuk berkunjung ke Baitullah. Pikirnya, seandainya di […]