contoh resensi buku kekurangan dan kelebihan

Ingat Kekurangan; Lupakan Kelebihan

Ingat Kekurangan; Lupakan Kelebihan

Dalam menjalani hidup dan kehidupan ini kata Gus Mus, yang dikutip dari Ibrahim bin Juneid, kita mesti menggunakan dua buah cermin: satu cermin untuk melihat kekurangan kita; satu lagi untuk melihat kelebihan orang lain.

nidococcinella.it

OMG, Dia Tidak Pandai Memasak

Masakan bisa mendekatkan kebersamaan. Dengan menggelar acara makan bersama sambil menyantap hidangan favorit keluarga, kehangatan persaudaraan bisa terwujud begitu indah. Menyantap menu masakan bersama orang-orang tercinta ternyata juga obat yang manjur meredakan stres. Rasa lelah pun akhirnya sirna setelah seharian penuh berkutat dengan segudang aktivitas.

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Lee Kuan Yew, Meritokrasi, dan Jodoh

Sumpah! Kata meritokrasi ini sama sekali tidak berkaitan dengan labil ekonomi ataupun statutisasi kemakmuran yang nyaris mengkudeta hati Vicky Praseyo. Kata “aneh” itu saya peroleh saat membaca berita tentang kehidupan Lee Kuan Yew yang beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-90.  Pendiri Singapura ini lahir  16 September 2013.

Bung Karno, Bob Marley, dan Eyang Subur

Bung Karno, Bob Marley, dan Eyang Subur

Membandingkan Eyang Subur dengan Bung Karno memang agak sulit dan hampir tak ada kaitannya. Beberapa orang mungkin akan marah kepada saya karena telah mencoba mebandingkan sang founding father dengan seseorang yang menjadi bulan-bulanan infotainment. Tapi, paling tidak, kita bisa melihat bahwa kedua pria ini sama-sama memiliki karisma sekalipun intensitasnya mungkin […]

Separuh Aku; Sepenuhnya Kamu

Separuh Aku; Sepenuhnya Kamu

Saya sering terpesona oleh para sosialita kita dalam mengumbar kemesraan di depan publik. Kemesraan itu kemudian menjadi sarapan pagi bahkan menjadi hidangan siang maupun santapan malam kita yang tersaji lewat berita-berita infotainment. Bertahun-tahun romantisme itu menghiasi kaca televisi kita.

Negative Thinking, Positive Thinking, dan Jodoh

Negative Thinking, Positive Thinking, dan Jodoh

“Orang-orang yang negative thinking, jarang tertipu, tapi rejeki juga jarang berlebih.. Orang-orang yang positive thinking, mungkin sering tertipu, tapi rejeki tak henti-henti mendatanginya..Yang Pas: Positive thinking dengan Waspada, bukan curiga. Buktikan dengan data & fakta, bukan prasangka..” (Jaya Setiabudi)

Kepribadian Berdasarkan Tanggal Kelahiran

Kepribadian Berdasarkan Tanggal Kelahiran

Katanya tanggal kelahiran turut menentukan watak seseorang. Boleh percaya; tidak pun gak apa-apa. Anggaplah ini semua sebagai selingan hidup. Jangan terus merasa terbebani karena ini semua berdasarkan tebakan belaka. Jika kamu merasa bahwa tulisan ini tak ada manfaatnya sama sekali, saya sarankan cukup sampai di sini saja kamu membacanya. Jangan […]

Mencintai Kekurangannya

Mencintai Kekurangannya

Hati-hatilah jika hingga detik ini kamu belum menemukan sedikit pun kekurangannya. Mumpung segalanya belum berlalu jauh, bersegeralah kamu cari kekurangan dia. Saya tidak bermaksud menyuruhmu untuk mencari-cari kesalahan dia.  Sama sekali bukan itu maksud saya. Saya hanya menghendaki kamu untuk menemukan kekurangannya lalu cintai kekurangannya itu. Kedengarannya sangat absurd, memang. […]

Kisah Bupati Bandung dan Keris yang Menggantung

Kisah Bupati Bandung dan Keris yang Menggantung

Semasa masih duduk di bangku kelas 3 SD, saya sangat terkesan dengan sebuah buku berjudul Bandung Baheula. Buku tersebut berupa kumpulan tulisan Rahmatullah Ading Afandi (RAF) dan di dicetak pada tahun 1959 oleh percetakan Pelita, kalau tidak salah.

Ahmad Fathanah Makan Cempedak; Anak Istrinya Kena Getahnya

Ahmad Fathanah Makan Cempedak; Anak Istrinya Kena Getahnya

Secara berseloroh teman saya mengatakan bahwa surganya anak itu ada di bawah telapak kaki seorang wanita, tapi bagi seorang lelaki dewasa surga itu terletak di antara dua kaki wanita. Entah teori dari mana yang menjadi acuan kawan saya tadi. Tapi, jika dipikir lebih mendalam, pada kenyataannya memang seperti itu.

Tipisnya Batas Cinta dan Benci

Tipisnya Batas Cinta dan Benci

Gonjang-ganjing kasus penganiayaan yang dilakukan Hotman Paris Hutapea terhadap Meriam Bellina sedang menjadi topik hangat beberapa infotainment tanah air kita. Begitu ringannya stasiun televisi kita memaparkan tindak kekerasan pengacara flamboyan itu. Batas antara fakta dan rekayasa agak sulit dibedakan.

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Saya teringat sepasang burung dara saya yang kabur. Entah apa yang terlintas dalam benak kedua burung kesayangan saya itu. Yang pasti, keduanya sudah enggan kembali ke kandangnya yang sudah saya siapkan. Mungkinkah burung dara itu telah kehilangan rasa nyaman dan perhatian dari saya?

Kisah Seorang Putri yang Dipersunting Pangeran Baik Hati

Kisah Seorang Putri yang Dipersunting Pangeran Baik Hati

Saya harus berterima kasih kepada Mas Saptuari Sugiharto. Sebab, dari sang pengusaha muda Yogyakarta inilah saya memperoleh kisah yang sungguh sangat inspiratif. Mas Saptuari bertutur tentang seorang sahabatnya bernama Putri Herlina. Ya, Putri ditakdirkan lahir dalam kondisi difabel. Ia lahir dalam kedaan tidak memiliki kedua belah tangan. Tragisnya lagi, kedua orang […]

Harmonislah, Wahai Mantan Mertua dan Bekas Menantu

Harmonislah, Wahai Mantan Mertua dan Bekas Menantu

Tak ada habisnya cerita tentang calon mertua. Ya, calon mertua kelak akan menjadi mertua kita. Harap diingat, bahwa mertua adalah orang tua kita jua. Artinya, sikap dan perlakuan kita terhadap keduanya harus berimbang.

Bedanya Cinta dan Nafsu

Bedanya Cinta dan Nafsu

Sebagai seorang perempuan tentunya kamu berharap agar tidak sekedar menjadi sarana atau alat pemuas nafsu belaka bagi lawan jenismu. Walau bagaimanapun kamu adalah makhluk yang memilki perasaan. Kamu membutuhkan cinta dan kasih sayang seseorang. Apakah lelaki yang ada di hadapanmu tertarik padamu karena dorongan nafsu ataukah karena benar-benar mencintaimu?

Katakan TIDAK pada SELINGKUH!

Katakan TIDAK pada SELINGKUH!

Penyakit yang sering menjangkiti para pasangan, tidak peduli cowok ataupun cewek, adalah merasa bahwa rumput di halaman tetangga lebih hijau daripada rumput yang tumbuh di pekarangan rumah sendiri. Bertahun-tahun berjuang untuk bisa merebut perhatian gebetan. Begitu sudah ditaklukkan, kok rasanya dia biasa-biasa saja. Ibarat nilai mata uang, dari hari ke […]

Apakah si Do’i Soul Mate Kamu?

Apakah si Do’i Soul Mate Kamu?

Adakah di antara kamu yang tidak ingin melangsungkan pernikahan dengan soul mate alias belahan jiwa? Kecil kemungkinan di antara kamu yang merespon pertanyaan tersebut dengan jawaban “ya”. Setiap orang di muka bumi ini hampir dipastikan bercita-cita untuk berjodoh dengan belahan jiwanya masing-masing.

epitemnein-epitomic.blogspot.com

Materi Bukan Syarat Utama Memilih Jodoh Idaman

Apakah materi menjadi penghalang utama bagi kamu untuk mendapatkan jodoh idaman? Hidup di zaman yang serba materialistis memang susah. Segala sesuatunya selalu dinilai dengan materi. Termasuk ketika memilih jodoh idaman.

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Pelajaran Kedisiplinan, Kesetiaan, dan Kesuksesan dari Tukul Arwana

Tukul Arwana; siapa sih yang tak kenal namanya? Setiap malam jutaan pemirsa di seluruh penjuru tanah air  setia menanti banyolannya. Guyonan yang sekilas tampak enteng itu, sesungguhnya dipersiapkan sematang mungkin. Dia banyak belajar dengan banyak membaca buku dan mengikuti perkembangan ranah politik, sosial, dan budaya dengan browsing di internet. Coba […]

Ngarawu ku Siku

Ngarawu ku Siku

Kata Yuswohady, penggiat marketing, banyak pengusaha yang terperangkap dalam jebakan medioker alias jalan di tempat alias tak mengalami kemajuan. Penyebabnya adalah keinginan yang menggebu-gebu untuk bisa eksis pada segala lini layanan.