contoh kelemahan dari sebuah novel

Catatan Perjalanan dari Kelud

Catatan Perjalanan dari Kelud

Selasa 18 Februari 2014, saya masih berdiri di atas hamparan pasir ketika sinar matahari masih tampak segan menyapa para pengungsi. Di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang tak ada bangunan utuh serta layak disebut sebagai tempat tinggal lagi. Rumah-rumah tak beratap. Genteng, asbes, kaca, hancur digerojok material erupsi Gunung Kelud.

Dari Gak Ada Apa-apanya Menjadi Ada Apa-apanya

Dari Gak Ada Apa-apanya Menjadi Ada Apa-apanya

Tri, begitulah dia biasa dipanggil. Nama lengkapnya, sengaja saya rahasiakan. Dia bukanlah tipe orang yang gemar publikasi. Yang pasti, saat ini dia sedang menduduki sebuah jabatan publik, sekalipun bukan gubernur ataupun bupati. Dia seorang kades di sebuah desa yang terletak pada sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Fokuslah pada kekutan bukan pada kelemahan

Fokuslah pada Kekuatan Bukan Pada Kelemahan

“Jika kamu harus bersaing dengan orang lain demi cinta, lupakan! Temukan saja orang yg bersaing demi cintamu.”

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Ustad yang biasa mengisi pengajian di surau kami bercerita bahwa dari kesulitan yang kita hadapi sebenarnya akan mengalir sebuah kemudahan. Barangkali kesulitan itulah yang bisa disamakan dengan harga yang harus kita bayar untuk kemudahan yang kita nikmati.

Jalan Pintas

Jalan Pintas

Sedikit sekali di antara kita yang tekun dalam menggarap segala sesuatu. Maunya serba cepat, serba kilat, dan serba instan. Inginnya dapat meraih kesuksesan seperti penggalan kalimat dalam Naskah Proklamasi: “dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Pelajaran Sabar dari Nabi Khidir

Ketika Allah SWT mengingatkan Nabi Musa AS bahwasannya ada seseorang yang lebih alim dari dirinya, Nabi Musa pun seakan tersentak dari lamunannya.

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Ingatlah, Begitu Banyak Aib Kita yang Ditutupi Tuhan

Jangan sombong dan takabur dengan prestasi dan citra yang kita miliki. Sesungguhnya jumlah aib yang sedang bersemayam dalam diri kita jauh lebih banyak daripada kebaikan yang selama ini dikenal oleh orang-orang dekat kita. Beruntung, Tuhan yang Mahabaik senantiasa menutupi aib kita dengan rapi.

Tips Mengobati Sakit Hati

Tips Mengobati Sakit Hati

Untuk luka lahir, obat begitu mudah dicari. Tapi untuk luka hati, ke mana obat harus dicari? Siapa pun tak kan pernah luput dari sakitnya luka di hati. Komunikasi dan persentuhan dengan pihak luar akan berakibat langsung terhadap perasaan kita. Di kantor, di pasar, di sekolah, atau di kampus kita akan […]

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Kita Terlahir (bukan) Sebagai Bangsa Pencela

Rabu (19/3), saat menerima Anugerah PWI Jatim 2014 di Hotel Shangrila Surabaya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, menyampaikan keprihatinannya tentang miskinnya bangsa kita dalam menghargai orang lain.

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Selalu Ada Kemudahan Bagi Setiap Niat Baik

Keinginan untuk memberangkatkan orang tua melaksanakan ibadah umroh, bahkan ibadah haji, sesungguhnya telah lama bersemi di hati. Tapi, keberanian itu nyaris tak pernah ada. Pokoknya, saya gak PD-lah! Permasalahan utamanya: Dari mana saya harus menyediakan dana yang tak kurang dari US$2000 itu? Jika harus mulai menabung, rasanya gak mungkin. Untuk […]

Man Jadda Wajada

Man Jadda Wajada

Sudahkah membaca novel karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara? Dan kalau mau lebih lengkap lagi tontonlah filmnya. Siapa pun yang membaca novel tersebut ataupun yang telah melihat filmnya tentu akan berpendapat sama dengan saya bahwa kesungguh-sungguhan akan membuahkan hasil yang sangat mencengangkan.

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Pada Suatu Hari Ulat itu akan Menjadi Kupu-kupu

Menangis. Itulah yang dilakukan ayah saya ketika bertemu anak saya yang sedang mondok di Pondok Modern Gontor, Ponorogo. Sebagai seorang kakek yang penuh welas asih, hatinya tidak tega melihat cucunya dalam kondisi hidup penuh prihatin.

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Bertahanlah, Jodohmu Sudah Dekat

Perhatikan gambar di atas. Ya, seorang penambang emas tampak begitu semangat melakukan pekerjaaannya. Bayangkan, seandainya ia menyerah di tengah jalan. Padahal kurang sejengkal lagi penggaliannya akan sampai pada bongkahan emas yang selama ini dimpikannya.

Jangan Sepelekan Kekuatan Sebuah Doa

Jangan Sepelekan Kekuatan Sebuah Doa

Sebuah truk melaju dengan cepatnya persis di depan mobil yang saya kendarai. Di belakang truk tersebut jelas terlihat sebuah tulisan dengan huruf kapital yang besar-besar: KALAH ARTO MENANG DHUNGO. Tak ada makna yang saya tangkap dari tulisan itu selain hadirnya optimisme dari si pemilik atau sopir truk tadi. Betapa hebatnya […]

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Rasa Nyaman dan Perhatian: Kunci Sukses Sebuah Hubungan

Saya teringat sepasang burung dara saya yang kabur. Entah apa yang terlintas dalam benak kedua burung kesayangan saya itu. Yang pasti, keduanya sudah enggan kembali ke kandangnya yang sudah saya siapkan. Mungkinkah burung dara itu telah kehilangan rasa nyaman dan perhatian dari saya?

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

Biarkan Anak Cucumu Bangga terhadapmu

”We choose to go to the moon…we choose to go to the moon not because it is easy, because it’s hard..” (John F. Kennedy)

Ciuman Seharga 5 Juta Rupiah

Ciuman Seharga 5 Juta Rupiah

Tak ada fitnah yang lebih kuat di akhir zaman kecuali fitnah yang disebabkan oleh ‘kenakalan’ perempuan. Agak terhenyak menyimak berita baru-baru ini. Mudah-mudahan saja ini sekedar hoax. Ya, dalam malam dana amal yang dihadiri tokoh partai tertentu, seorang sosialita melelang ciuman senilai Rp5 juta. Gilanya, ide nyleneh itu ditanggapi secara […]

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Tukang Tahu, Rezeki, dan Jodoh

Adakah hubungan yang terjalin di antara tukang tahu dengan jodoh? Jelas tak ada. Meskipun demikan, ketika tiba di daerah Balongbendo dalam perjalanan pulang dari Pondok Modern Gontor menuju ke Surabaya, saya menemukan sedikit hubungan itu.

Musibah Tak Selalu Jadi Musibah

Musibah Tak Selalu Jadi Musibah

Saat menunggu kehadiran Presiden SBY di Posko Gabungan Penanggulangan Bencana Gunung Kelud, Senin 17 Februari 2014, beberapa pejabat tampak berkumpul di lapangan Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Mereka duduk ngariung berdiskusi di bawah sebatang pohon yang meranggas terkena dampak erupsi Kelud.

henry.suhatman.com

Tips Mendapatkan Restu dari Orang Tua si Dia

Mendapat jodoh idaman tentu menjadi sebuah kebagiaan tiada tara bagi semua orang. Namun, bagi kamu memuluskan jalan untuk melanggengkan perjodohan barangkali tidak sesederhana orang lain. Bisa saja kamu merasa telah sangat cocok dengan seorang calon pasangan hidup. Segala yang kamu cari kamu temukan pada sosok calon yang ingin kamu jadkan […]